Cara Terangkan Anak Tentang Virus Corona

Pendidikan

Cara Terangkan Anak Tentang Virus Corona

Virus Corona yang menyebar di seluruh dunia menjadi topik obrolan yang menarik dan tidak pernah berhenti selama pandemik ini. Termasuk anak-anak yang bertanya-bertanya apa itu Virus Corona. Bagi orang dewasa dalam memahami Virus Corona akan lebih mudah, namun bagi anak-anak, mereka tentu ingin mendapatkan penjelasan tentang Virus Corona dengan bahasa yang mudah dipahaminya.

Berikut, beberapa penjelasan yang bisa Anda berikan kepada anak-anak yang bertanya mengenai Virus Corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 ini.

[Baca Juga: 3 Langkah Atasi Kekhawatiran Anak Tentang Virus Corona]

Apa itu Virus?

Virus adalah kuman yang sangat kecil, jauh lebih kecil dari apa pun yang bisa dilihat. Virus dapat membuat sakit, tetapi mereka tidak dapat melakukan apa pun sendiri. Mereka harus hidup di dalam makhluk lain (inang) untuk bertahan hidup. Untuk melakukan itu, mereka harus masuk ke sel manusia.

Apa itu Virus Corona

Ada jenis baru virus ini menyebar di seluruh dunia yang sering disebut-sebut orang saat ini, yaitu Virus Corona. Sebenarnya Virus Corona banyak jenisnya, yang sekarang muncul merupakan Novel Coronavirus, jenis Virus Corona baru yang dinamakan SARS-CoV-2. Virus ini membuat orang batuk, merasa lelah, demam, dan sesak napas. Orang yang lebih tua dan yang memiliki penyakit lain dapat menjadi sangat sakit karenanya. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini disebut COVID-19.

Cara Terangkan Anak Tentang Virus Corona

Dari Mana Asal Virus Corona?

Virus itu pertama kali ditemukan di sebuah kota di China, bernama Wuhan, Desember 2019. Virus tersebut berasal dari kelelawar. Dari sana, ia melompat ke jenis hewan lain, yang memberikannya kepada manusia. Tidak ada yang tahu pasti apa hewan misteri ini, tetapi beberapa orang berpikir itu mungkin trenggiling, hewan bersisik yang memakan semut.

Kenapa Virus Membuat Sakit?

Virus Corona membuat orang sakit dengan cara membunuh sel manusia atau membuatnya tidak berfungsi dengan baik. Virus Corona menggunakan pintu khusus untuk masuk ke dalam sel. Pintu khusus itu ada di sel-sel di hidung dan paru-paru. Jika virus tumbuh terlalu banyak di paru-paru, itu bisa membuatnya sulit bernapas yang disebut dengan pneumonia.

Bagaimana Cara Mencegahnya?

Virus dapat dicegah dengan mencuci tangan dengan sabun sambil menggosokkan tangan secara menyeluruh. Cuci tangan Selama 20 detik. Selain itu, jadi jangan memegang mata atau hidung bahkan memasukkan tangan ke dalam di mulut sebelum mencuci tangan dengan bersih.

[Baca Juga: Kala Social Distancing Ini Hal yang Harus Dilakukan]

Semoga penjelasan dalam bentuk tanya jawab di atas bisa mempermudah Anda menghadapi pertanyaan anak-anak dan bisa berdiskusi dengan mereka. Penting untuk diketahui, penjelasan yang lengkap bisa mengurangi kekhawatiran anak-anak dan mereka bisa lebih memahami mengapa harus ada banyak perubahan dalam kegiatan harian mereka, seperti belajar di rumah dan menjauhi keramaian. Selamat mencoba, Pointers!


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.