Cara Unik Berbagai Negara Tangani Virus Corona

Berita Kawasan

Cara Unik Berbagai Negara Tangani Virus Corona

Penyebaran Virus Corona ke seluruh penjuru dunia tak dapat dibendung lagi. Bahkan di luar tempat asalnya di Wuhan China, COVID-19 yang ditimbulkan Novacoronavirus ini telah merenggut ribuan korban.

Berbagai cara pun dilakukan berbagai negara untuk menghadapi ganasnya virus tersebut. Mulai dari pelarangan masuknya turis asing ke negara yang bersangkutan hingga “mematikan” sementara aktivitas di berbagai negara di belahan dunia.

[Baca Juga: Di Rumah Selama Wabah COVID-19? Ini Bahan Makanan yang Bisa Disimpan]

Tidak hanya itu, beragam cara unik untuk menekan penyebaran Virus Corona pun dilakukan. Meksi beberapa diantaranya tidak dapat dipertanggungjawabkan secara medis, namun masyarakat di negara-negara tersebut percaya apa yang dilakukan dapat mencegah infeksi Virus Corona yang menimbulkan penyakit COVID-19. Seperti yang dilakukan masyarakat di negara-negara berikut ini:

Kala Social Distancing, Ini Hal yang Harus Dilakukan

1) Pemberian Jarak Kepada Konsumen di Setiap Toko di Italia

Italia menjadi negara dengan jumlah kasus COVID-19 terbesar di Eropa. Atas dasar itu, PM Italia Giuseppe Conte pun akhirnya mengeluarkan kebijakan menutup kegiatan bisnis komersial dengan pengecualian bagi toko yang menjual barang kebutuhan pokok dan farmasi.

Beberapa toko yang menjual kebutuhan pokok harian seperti makanan, BBM (bensin/diesel), agen koran dan majalah serta apotek masih tetap diperbolehkan untuk dibuka dengan memberlakukan jarak tiga kaki antara penjual dan pembeli. Kebanyakan dari pemilik toko menggambar garis panjang di depan tokonya yang telah diukur jaraknya untuk memudahkan para pembeli.

[Baca Juga: Semerawut, Pembatasan Transjakarta Atasi COVID-19 Banjir Kritik]

2) Pemerintah Korea Selatan Membakar Uang

Apa yang dilakuakan pemerintah Korea Selatan tidak main dalam menangani penyebaran virus corona. Seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Bank Sentral Korea Selatan mengatakan bahwa pihaknya mengkarantina uang kertas selama dua minggu untuk menghapus jejak COVID-19 dan bahkan membakar sebagian dalam upaya untuk membendung peredaran wabah.

Mengurangi penggunaan uang kertas dalam rangka menekan virus corona sebenarnya telah dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sebab baru-baru ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah menginstruksikan jajarannya dan masyarakat Jakarta untuk mengubah sistem pembayaran tunai menjadi nontunai.

LinkAja Hadirkan Kemudahan Pembayaran PBB DKI Jakarta

3) Iran Tak Segan Gunakan Kekerasan Untuk Disiplinkan Rakyatnya

Banyaknya masyarakat Iran yang tertular COVID-19 membuat pemerintah Iran tak segan menggunakan cara kekerasan untuk menertibkan rakyatnya yang sulit diatur.Hal itu tak lain untuk meminimalisir jatuhnya korban akitab penyakit ini. Mengutip Arab News, besar kemungkinan kekerasan akan dilakukan kepada rakyatnya yang ketahuan pergi berlibur ketika pemerintah meliburkan segala aktivitas di Iran.

Sejauh ini, Iran telah melakuakan tindakan pengendalian seperti menempatkan petugas di titik pemeriksaan di antara kota-kota besar, membatasi perjalanan, membatalkan ibadah berjamaah, serta membersihkan pusat-pusat keramaian.

4) Ritual Minum Urin Sapi di India

Sabtu, pekan lalu. Sejumlah kelompok Hindu di India menggelar pesta minum urine sapi. Mereka percaya ritual ritual tersebut dapat menangkal diri dari paparan virus corona atau COVID-19. Di India sendiri, sapi memang dianggap sebagai hewan suci. Urine-nya sendiri diyakini masyarakat setempat memiliki khasiat obat yang sangat manjur meskipun para ahli kesehatan menyatakan sebaliknya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.