Carik Jakarta, Aplikasi Pendataan Keluarga Milik Pemprov DKI Jakarta

Berita Kawasan

Carik Jakarta, Aplikasi Pendataan Keluarga Milik Pemprov DKI Jakarta

Tahukah Anda? Jika kini ada aplikasi baru untuk membantu proses pendataan keluarga di seluruh wilayah DKI Jakarta yang diberi nama Carik Jakarta. Aplikasi ini berfungsi sebagai pusat dana unit keluarga dan rumah yang akan diakses secara digital melalui ponsel pintar oleh penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di semua wilayah Ibu Kota.

Aplikasi Carik Jakarta baru saja diluncurkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yakni pada tanggal 30 Juli 2019. Peluncuran aplikasi ini dilakukan pada acara Temu Kader PKK dan Anak se-Provinsi DKI Jakarta di Jakarta International Velodrome, Jakarta Timur.

Carik Jakarta, Aplikasi Pendataan Keluarga Milik Pemprov DKI Jakarta

Dalam kesempatan tersebut, Anies menjelaskan, nama Carik diambil dari bahasa daerah yang berarti juru tulis. "Kita menggunakan bahasa daerah yaitu Carik, apa artinya Carik itu? Kalau dulu desa ada namanya juru tulis, sekarang namanya pendata atau pencari data," terangnya sebagaimana dilansir timur.jakarta.go.id (30/7/2019).

Dia menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta siap bermitra dengan kader dan penggerak PKK yang mayoritas adalah ibu-ibu. Hal itu dilakukan sesuai Instruksi Gubernur Nompr 2 Tahun 2019 tentang Sinkronisasi dan Integrasi Pelayanan Kesejahteraan Keluarga Satu Pintu.

[Baca Juga: Warga Tangsel Tidak Perlu ke Disdukcapil, Buat KTP Bisa di Kecamatan]

Dia juga berharap, kerjasama antara Pemprov DKI dan PKK bisa menghasilkan kebijakan program kerja yang tepat sasaran dan tepat guna bagi masyarakat. Karena, pendatanya adalah ibu-ibu PKK yang ada di seluruh wilayah Jakarta. "Yang paling tahu kondisi tentang keluarga itu ibu paling tahu. Ibu-ibu yang paling tahu kondisi sebuah masyarakat, karena itu kita sekarang mau bersama-sama. Kami akan integrasikan semua program kita yang menjangkau keluarga, yang menjangkau masyarakat lewatnya jalur ibu-ibu pengerak kader PKK," jelasnya.

Anies menilai, para kader penggerak PKK mampu mencapai beberapa titik wilayah Jakarta. Sehingga, data yang sebelumnya tidak terungkap, kini bisa terungkap melalui mereka, seperti data jumlah anggota keluarga hingga ketersediaan Mandi, Cuci dan Kakus (MCK).

[Baca Juga: Dukcapil Jakarta Utara Gencarkan Pembuatan e-KTP ke Sekolah]

Para kader penggerak PKK juga diharapkan bisa menjadi rujukan utama dalam penyusunan kebijakan berbasis satu pintu. Sehingga, Pemprov DKI Jakarta tidak perlu berulang kali mendatangi setiap keluarga untuk mendapatkan informasi. Selain itu, dia pun menegaskan penyelesaian masalah di Jakarta harus bisa dimulai dari unit terkecil yang kadang tidak muncul di permukaan yaitu keluarga.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.