Catat! Ganjl-Genap di Jalan Margonda Siap Diuji Coba 4 Desember 202 1.jpg

Berita Kawasan

Catat! Ganjl-Genap di Jalan Margonda Siap Diuji Coba 4 Desember 2021

Sejak akhir November 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah melakukan proses sosialisasi baik kepada masyarakat serta media terkait rencana penerapan kebijakan ganjil-genap atau Gage di Jalan Margonda Raya. Langkah ini dipilih demi menekan macet yang kerap terjadi di jalanan ini dan dalam masa uji cobanya, kebijakan Gage hanya diterapkan pada akhir pekan saja. Di mana sesuai rencana maka ganjil-genap yang menjangkau Simpang Ramanda sampai flyover Universitas Indonesia (UI) ini akan dimulai pada 4-5 Desember 2021.

Pengumuman uji coba kebijakan mulai besok ini langsung disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok Eko Herwiyanto. “Uji coba Gage merupakan hasil kolaborasi Pemerintah kota dengan Polres Metro Depok. Ini juga kebijakan dari bagian manajemen lalu lintas agar mengurai kepadatan kendaraan pada akhir pekan di Margonda Raya,” tuturnya, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (2/12/2021).

Catat! Ganjl-Genap di Jalan Margonda Siap Diuji Coba 4 Desember 2021.jpg

Dari sisi realisasinya sendiri, uji coba ganjil-genap ini akan mulai dilaksanakan pada pukul 12.00-18.00 WIB mulai besok 4 Desember 2021. Menurut Eko, Dishub Kota Depok mendukung penuh sosialisasi terkait kebijakannya sejak beberapa waktu yang lalu. Melalui pemasangan banner informasi di lokasi strategis, khususnya di area Jalan Margonda Raya. Kemudian puluhan petugas juga akan disiagakan mulai besok demi memastikan kebijakan ini dapat dijalankan dengan baik.

Eko sendiri menyadari keluh kesah dari masyarakat Kota Depok terkait kepadatan lalu lintas di Jalan Margonda, khususnya di waktu akhir pekan. Oleh karena itulah memang dibutuhkan kebijakan yang dapat menekan volume kendaraan yang melewati jalan ini. “Besar harapan saya agar masyarakat bisa mendukung penerapan uji coba gage ini sambil melihat bagaimana nanti efektivitasnya,” tambahnya.

[Baca Juga: Warga Depok Bersiap, Ganjil-Genap Akan Diterapkan dalam Waktu Dekat]

Sebelum penerapan kebijakan ini, Pemkot Depok dan Polres Metro Depok tentu sudah melakukan proses pengkajiannya. Sebagaimana dilansir dari jabar.antaranews.com (27/11/2021), Wali Kota Depok Mohammad Idris sempat mengungkapkan bahwa kajian Gage sudah berjalan sekitar tiga tahun hingga akhir Polda berkoordinasi dengan pemkot untuk mengeluarkan keputusan untuk menerapan kebijakan ganjil-genap untuk kendaraan roda empat. Ia menambahkan, ingin melihat serta mendengar respons dari masyarakat terkait uji coba pada akhir pekan ini.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.