destinasi wisataOK.jpg

Hobi dan Hiburan

Catat! Ini 7 Tempat Wisata Kota Semarang yang Kembali Dibuka

Sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 4 di Pulau Jawa dan Bali, Pemerintah memutuskan untuk menutup semua akses wisata di kedua pulau tersebut demi menekan penyebaran virus Corona varian baru. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno pada bulan Juli 2021 lalu dalam siaran persnya. "Penanganan COVID-19 ini harus didukung secara totalitas. Jadi kita satu komando, sebagai kementerian yang membawahi 13 sub sektor pariwisata dan 17 sub sektor ekonomi kreatif, kami menginstruksikan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk mematuhi PPKM Darurat, mulai 3-27 Juli ini," ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Kini turunnya status PPKM ke level 2 di kota Semarang membuat sejumlah tempat wisata di Kota Lumpia ini membuka usahanya kembali dalam rangka menghidupkan lagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang sempat terpuruk akibat situasi pandemi COVID-19 yang telah berlangsung lebih dari setahun. Para pelaku industri wisata mulai berani menerima pengunjung karena status PPKM level 2 ini memungkinkan tempat wisata diizinkan dibuka dengan kapasitas maksimal 25 persen dan penerapan protokol kesehatan.

lawang sewuOK4.jpg

Beberapa destinasi wisata yang berada di Kota Semarang boleh dibuka kembali dengan syarat pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi pengunjung yang akan masuk ke tempat wisata diantaranya menunjukkan sertifikat vaksin yang terdapat dalam aplikasi PeduliLindungi serta penerapan protokol kesehatan yang meliputi memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

Pembukaan destinasi wisata ini diharapkan dapat membangkitkan sektor pariwisata di tengah pandemi terutama saat menyambut World Tourism Day pada 27 September mendatang. Jika anda berencana mengunjungi tempat wisata yang telah dibuka kembali, pastikan anda telah melakukan vaksinasi sebagai syarat utama untuk masuk ke tempat wisata. Berikut ini beberapa destinasi wisata di kota Semarang yang telah dibuka kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

1. Grand Maerakaca

Destinasi wisata yang berjuluk Taman mini Jawa Tengah ini memberikan pengalaman menjelajah seluruh wilayah Jawa Tengah dalam satu hari. Dengan 35 anjungan yang mewakili kabupaten/kota di Jawa Tengah, tempat ini sangat cocok bagi anak sekolah sebagai wisata edukasi. Tempat wisata ini kembali menerima wisatawan sejak tanggal 21 Agustus 2021 lalu. Selama PPKM Level 2 mereka hanya menerima maksimal 25 persen dari kapasitas total dengan jam operasional mulai pukul 07.00 WIB - 18.00 WIB. Syarat bagi pengunjung yang ingin masuk adalah dengan menunjukkan sertifikat vaksin yang terlampir dalam aplikasi PeduliLindungi serta penerapan protokol kesehatan yang ketat selama beraktivitas di dalamnya.

sampookongOK.jpg

2. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng yang terkenal juga dengan nama Klenteng Gedong Batu ini didirikan oleh Laksamana Cheng Ho pada abad ke -15. Wisata klenteng ini memberikan pengalaman wisata sejarah serta terdapat beberapa spot foto yang menarik karena bangunannya sangat kental dengan budaya Tionghoa. Klenteng tertua di Simongan, Semarang ini masih digunakan sebagai tempat ibadah dan ziarah masyarakat TiongHoa Indonesia. Sama seperti destinasi wisata lainnya, jika berkunjung ke tempat ini wajib menunjukkan bukti vaksin, menerapkan protokol kesehatan dan kapasitas pengunjung dibatasi hanya 25 persen saja.

3. Lawang Sewu

Sebagai destinasi ikonik di kota Semarang, pembukaan tempat wisata bersejarah ini sangat dinanti oleh pengunjung. Sejak tanggal 19 Agustus 2021 lalu, bangunan cantik yang memiliki sisi misterius ini dapat kembali dikunjungi oleh wisatawan dengan syarat masuk yang sama dengan destinasi wisata lainnya di kota Semarang dengan jam operasional hingga pukul 20.00 WIB. Bangunan yang tadinya merupakan sebuah kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappji (NIS) dahulu digunakan sebagai lokasi pertempuran antara Angkatan Muda Kereta Api (AMKA) untuk melawan Kempetai dan Kidobutai Jepang, pada Peristiwa Pertempuran lima hari di Semarang pada 1945.

Anak Harimau Baru Covi dan Vivid Sambut Pengunjung di Pembukaan Kembali Semarang Zoo

4. Semarang Zoo

Sempat ditutup ketika kota Semarang masih berada dalam status PPKM level 4, saat ini Kebun Binatang andalan kota Semarang ini akhirnya dibuka kembali pada 18 Agustus 2021 lalu. Syarat pengunjung yang diperbolehkan masuk wajib menunjukkan sertifikat vaksin melalui aplikasi peduli lindungi serta selalu menerapkan protokol kesehatan. Persyaratan sertifikat vaksin ini hanya berlaku bagi pengunjung yang berusia 18 tahun ke atas saja, sedangkan anak-anak dibawah usia 18 tahun dibebaskan masuk. Kapastitas pengunjung juga dibatasi hanya 25% dari total pengunjung maksimal. Semarang Zoo tidak hanya dipenuhi dengan koleksi fauna saja, banyak fasilitas yang bisa dinikmati sebagai hiburan diantaranya water boom, wahana off road, wahana bermain anak, museum, kereta mini, flying fox dan masih banyak lagi.

5. Goa Kreo

Jika ingin mencari wisata alam jauh dari keramaian kota, Goa Kreo bisa menjadi referensi destinasi wisata alam yang menarik karena terdapat kera-kera liar yang berkeliaran di sekitar lokasi. Harap berhati-hati terhadap barang-barang yang anda bawa karena kera-kera liar kerap kali mengincar barang yang dipakai oleh pengunjung. Untuk menuju goa Kreo, wisatawan harus menuruni beberapa anak tangga dan melewati jembatan abang. Di tempat ini anda juga bisa berkeliling waduk menggunakan speedboat atau berfoto di beberapa spot menariknya. Jam operasional Goa Kreo setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB dengan harga tiket Rp 6.500 untuk weekday dan Rp 10.000 untuk weekend.

taman leleOK2.jpg

6. Taman Lele

Destinasi wisata Taman Lele mulai dibuka kembali sejak 21 Agustus 2021 lalu. Tempat ini buka setiap harinya sejak pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 4.500 untuk weekday dan Rp 6.000 untuk weekend. Selama masa PPKM level 2 ini jumlah pengunjung dibatasi 50 persen atau maksimal 400 orang saja. Syarat masuk ke Taman Lele umumnya sama dengan destinasi wisata lainnya dimana petugas akan melakukan pemantauan lokasi setiap waktu. Wisata Taman Lele dilengkapi dengan beragam fasilitas di dalamnya, seperti kolam renang, gazebo, dan berbagai pilihan spot swafoto yang sangat cocok untuk keluarga.

7. Semarang Bridge Fountain

Semarang Bridge Fountain merupakan pertunjukan air mancur menari pertama di Indonesia yang terletak di Kota Semarang. Lokasinya berada di sisi sungai banjir kanal barat dan dibuka kembali sejak 8 September 2021 lalu. Selama 30 menit, pengunjung akan dimanjakan dengan pertunjukan air mancur menari diiringi dengan lampu warna-warni atau disebut juga Moonlight Rainbow Fountain. Jam operasionalnya saat ini dibatasi selama satu sesi saja yaitu pada hari Jumat dan Sabtu pukul 20.00 WIB -20.30 WIB. Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang telah menyiapkan wastafel dan air bersih untuk mencuci tangan di beberapa titik yaitu di Taman Kokrosono yang berada di sisi timur dan sekitar tempat duduk di Jalan Bojongsalaman yang berada di sisi barat.


Read More

Artikel Lainnya

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.

Desa Wisata Edelweis

Berita Kawasan

Desa Wisata Edelweis, Tempat Baru dengan Hamparan Bunga Abadi

21 September 2021, 20:08

Baru sekitar satu bulan disediakan café bagi pengunjung di tempat ini. Sebelumnya, tempat ini hanya berupa perkebunan saja.

Permudah Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Dilunc urkan.jpg

Kesehatan

Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Diluncurkan

21 September 2021, 19:07

Dengan menggandeng RS Mitra Keluarga, AlteaCare permudah pasien, khususnya dengan penyakit kronis, berkonsultasi dengan dokter spesialis tanpa perlu keluar dari rumah.

Laque Outfit 3.jpg

Kecantikan dan Fashion

Model Baju Kekinian Ala Drama Korea? Cek di Laque Outfit

21 September 2021, 18:08

Sedang mencari aneka outfit ala Drama Korea? Cobalah untuk melihat-lihat di Laque Outfit, sebuah toko Butik di Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.