Catat! Ini Jadwal Angkutan Umum Selama Masa PPKM Darurat di DKI Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Catat! Ini Jadwal Angkutan Umum Selama PPKM Darurat di DKI Jakarta

Hingga saat ini walau kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) atau PPKM Darurat sudah diberlakukan, masih terlihat banyak masyarakat yang beraktivitas di Ibu Kota. Melihat situasi ini, dalam rangka memastikan kebijakan ini benar-benar berjalan optimal sesuai dengan tujuan menekan ledakan kasus COVID-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tak hanya melakukan penyekatan untuk kendaraan pribadi yang melewati ruas jalan Ibu Kota tapi juga mengatur jadwal angkutan umumnya.

Pengaturan jadwal angkutan umum ini disebut telah tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Nomor 259 Tahun 2021. Di mana di dalam surat keputusan yang ditandatangani Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo itu pengaturannya meliputi jadwal hingga jumlah kapasitas yang diizinkan untuk diangkut di moda transportasi umum, termasuk ojek online alias ojol.

“Pembatasan meliputi pembatasan kapasitas angkut bagi penggunaan moda transportasi untuk pergerakan orang dan barang, pembatasan waktu operasional sarana transportasi umum, pembatasan waktu operasional prasarana transportasi umum, pengaturan operasional ojek online dan ojek pangkalan, pengendalian mobilitas penduduk melalui pengutamaan penggunaan transportasi sepeda dan jalan kaki, serta perlindungan terhadap penumpang, awak, dan sarana transportasi," papar Syafrin, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman ppid.jakarta.go.id (5/7/2021).

Catat! Ini Jadwal Angkutan Umum Selama Masa PPKM Daru rat di DKI Jakarta.jpg

Dari sisi moda transportasi umum yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, hanya boleh mengangkut maksimal 50 persen saja dari total kapasitasnya. Dengan jadwal Tranjakarta dan angkutan umum reguler dalam trayek beroperasi pukul 05.00-20.30 WIB. Lalu untuk MRT beroperasi pada pukul 06.00-20.30 WIB dan LRT pukul 05.30-20.00. Sedangkan untuk angkutan perairan pukul 05.00-18.00 WIB dan untuk KRL Jabodetabek tetap disesuaikan dengan operasional KRL. Kemudian untuk angkutan malam hari atau angkutan khusus tenaga kesehatan beroperasi para pukul 20.31-21.30 WIB.

Target selanjutnya yang masuk dalam aspek kebijakan Dishub DKI Jakarta ini adalah ojol dan ojeng pangkalan atau opang. Kedua transportasi umum ini diperbolehkan beroperasi asal wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pihak Dishub DKI Jakarta juga turut menyoroti kebiasaan ojol dan opang yang dipandang dapat memicu penyebaran COVID-19, yaitu nongkrong sembari berkerumun.

Pada kebijakan ini, Dishub DKI Jakarta menegaskan pengemudi ojol dan opang melarang pengemudinya berkerumun lebih dari lima orang dan saat menunggu penumpang wajib menjaga jarak sepeda motornya satu meter. Khusus untuk bagian ojol, Dishub DKI Jakarta menginstruksikan perusahaa penyedia aplikasi ojol untuk menerapkan Geofencing untuk memastikan pengemudinya tak berkerumun dan bagi pelanggar harus dijatuhkan sanksi.


Read More

Artikel Lainnya

cov.jpg

Hobi dan Hiburan

Virtuso Music Studio, Solusi Sewa Studio Musik dan Rekaman di Malang

22 September 2021, 07:07

Untuk bagian dalam studio, terdapat satu ruang rekaman yang digunakan oleh operator dan juga ruang latihan atau studio yang digunakan oleh para pemain band.

Ngabuburit di Alun-Alun Kota Bandung

Berita Kawasan

Hari Jadi Kota Bandung, Sukseskan Tagline #BandungHarmoniTuntaskanPandemi

21 September 2021, 06:01

Pada Sabtu, 25 September mendatang, Kota Bandung akan memperingati hari jadinya yang berusia 211 tahun. Tagline yang diusung tahun ini yaitu "Bandung Harmoni Tuntaskan Pandemi”.

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.

Desa Wisata Edelweis

Berita Kawasan

Desa Wisata Edelweis, Tempat Baru dengan Hamparan Bunga Abadi

21 September 2021, 20:08

Baru sekitar satu bulan disediakan café bagi pengunjung di tempat ini. Sebelumnya, tempat ini hanya berupa perkebunan saja.


Comments


Please Login to leave a comment.