Ini 3 Rekomendasi MUI di Tengah Wabah Corona

Berita Kawasan

Catat! Ini Panduan MUI Untuk Shalat Berjamaah Selama Masa Pandemi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Masa Transisi (5/6/2020). Hal ini diberlakukan setelah selama tiga pekan sebelumnya, Pemprov DKI menetapkan PSBB di Ibu Kota.

Pada PSBB masa transisi ini, Pemprov akan secara bertahap melakukan pelonggaran dengan mulai membuka tempat-tempat publik, dengan catatan kapasitasnya tidak melebihi 50 persen. Pada tahap pertama ini, per tanggal 5 Juni Pemprov resmi kembali membuka tempat peribadatan untuk masyarakat, yang pelaksanaannya harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

Di sejumlah masjid wilayah DKI pada hari ini pun juga sudah kembali menggelar kegiatan ibadah shalat Jumat. Menyusul adanya kebijakan pemerintah ini, Majelis Ulama Indonesia kembali mengeluarkan fatwa.

Lebih lanjut dalam Fatwa Nomor 31 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Shalat Jumat dan Jamaah untuk Mencegah Penularan Wabah Covid 19, MUI membuat pedoman bagi umat Islam di Indonesia untuk melaksanakan ibadah di masa pandemi. Dilansir dari MUI.or.id (5/6/2020), berikut rangkuman ketentuan pedoman shalat berjamaah di masa pandemi dari MUI.

Pedoman Perenggangan Barisan (Saf) Saat Berjamaah

  • Bila shalat berjamaah dengan saf yang tidak lurus dan tidak rapat, hukumnya tetap sah. Hanya saja akan kehilangan keutamaan dan kesempurnaan jamaah dalam pelkasanannya.
  • Pelaksanaan shalat berjamaahh dengan saf yang tidak lurus dan tidak rapat tetap sah dan tidak kehilangan keutamaan dalam berjamaah karena termasuk dalam hajat syar’iyyah. Hal ini dilakukan guna mencegah penularan COVID 19 sehingga dilakukan physical distancing saat shalat berjamaah.

Ketentuan pelaksanaan Shalat Jumat

  • Dalam Fatwa MUI disebutkan untuk pelaksanaannya dapat menerapkan physical distancing dengan merenggangkan saf.
  • Lalu bila Jamaah tidak dapat tertampung dalam satu masjid, maka boleh dilakukan secara berbilang. Misalnya seperti dilakukan di tempat lainnya, yakni mushola, aula, gedung pertemuan, gedung olahraga dan stadion.
  • Dalam ketentuan selanjutnya, bila kondisi jamaah tetap tidak bisa tertampung, mengacu pada Sidang Komisi Fatwa MUI ada perbedaan pendapat terkait hal ini. Pendapat pertama, jamaah bisa melakukan shalat jumat di tempat lain yang menyelenggarakan sistem shift dan hukumnya sah. Pendapat kedua menyatakan jamaah dapat melakukan shalat zuhur, baik secara sendiri maupun berjamaah dan shalat dengan model shift tidak sah. Terkait adanya perbedaan pendapat tersebut, Fatwa MUI menyebutkan jamaah dapat memilih salah satu diantara dua pendapat itu dengan mempertimbangkan keadaan dan kemaslahatan di wilayah masing-masing.
  • Fatwa MUI juga menyebutkan bahwa menggunakan masker saat shalat hukumnya boleh dan shalatnya sah. Sebab, hidung bukan anggota tubuh yang harus menempel pada tempat sujud saat shalat.
  • Menutup mulut saat Shalat hukumnya makruh, kecuali ada hajat syar’iyyah.
  • Pelaksanaan Shalat Jumat dan Jamaah haru mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, membawa sajadah sendiri, wudhu dari rumah dan menjaga jarak aman.
  • Perlu memperpendek pelaksanaan Khutbah Jumat dan memilih bacaan surat al-Quran yang pendek saat Shalat.
  • Jamaah yang sedang sakit dianjurkan shalat di kediaman masing-masing.

[Baca Juga: Ini 3 Rekomendasi MUI di Tengah Wabah COVID-19]


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.