Catat! Ini Perubahan Jadwal Pelayanan Kantor Samsat

Berita Kawasan

Catat! Ini Perubahan Jadwal Pelayanan Kantor Samsat

Nyaris semua lini terimbas dari mewabahnya COVID-19, termasuk juga instansi pelayanan publik. Tercatat DKI Jakarta sebagai provinsi penyumbak kasus terbanyak. Per 28 Maret 2020, tercatat 603 kasus positif dan 62 korban jiwa, dampak dari penyebaran virus SARS-CoV-2 ini jelas terasa.

Mengetahui kondisi tersebut, Layanan Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jakarta Barat menyatakan pengunjung yang datang untuk mendapatkan pelayanan dituntut untuk waspada dengan meningkatkan kesadaran diri sendiri. Salah satu cara yang diterapkan adalah diwajibkannya untuk melakukan cuci tangan untuk menjaga kebersihan. Kebijakan ini diambil untuk mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Catat! Ini Perubahan Jadwal Pelayanan Kantor Samsat

Kepala Unit Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan (UP PKB dan BBNKB) Jakarta Barat Hawan mengatakan, saat ini pelayanan sedikit berbeda jika dibandingkan dengan beberapa waktu lalu. Pengunjung yang datang akan diminta mencuci tangan terlebih dahulu serta dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan diminta menjaga jarak atau physical distancing.

Dia menambahkan, pihaknya juga rutin melakukan penyemprotan disinfektan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. "Kami siap melayani pembayaran pajak dan jangan takut datang ke kantor Samsat, Insya Allah kami tetap antisipasi untuk kesehatan masyarakat," ujar Hawan kepada PingPoint.co.id (27/3/2020).

[Baca Juga: Layanan Administrasi Kependudukan Ditutup, Urus Lewat Alpukat Betawi]

Hal serupa juga diterapkan di Layanan Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, adalah contoh tempat pelayanan publik yang dipaksa keadaan untuk membatasi aktivitasnya kendati secara teknis sudah beroperasi normal kembali sejak Kamis (26/3) kemarin.

Meski demikian, dalam rangka mendukung program pencegahan COVID-19, layanan Samsat juga tetap berkomitmen untuk terus memberikan layanan prima. Sekretaris Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta, Pilar Hendrani mengatakan, jam operasi kantor Samsat mulai pukul. 08.00 sampai 14.00 WIB.

Catat! Ini Perubahan Jadwal Pelayanan Kantor Samsat

Sedangkan, pada Sabtu pelayanan yang biasanya dibuka hingga pukul 12.00 WIB, untuk dua pekan ini, 21 dan 28 Maret, diliburkan. Sementara semua gerai Samsat di mal ditutup sementara sampai dengan 31 Maret. "Untuk Samsat Jakarta Pusat dan Utara baru beroperasi hari ini," katanya sebagaimana diberitakan beritajakarta.id (26/3/2020).

[Baca Juga: Dinkes DKI Buka Layanan Telepon Terkait Virus Corona]

Dilanjutkan Pilar, untuk tunggakan pajak yang tidak lebih dari satu tahun, masyarakat bisa memanfaatkan layanan Samsat Online lewat aplikasi SALMONAS (Samsat Online Nasional) dan e-Samsat Jakarta. Aplikasi ini dapat diunduh di Google playstore Android. "Masyarakat bisa membayar pajak STNK tahunan tanpa harus keluar rumah," ujarnya.

Setelah melakukan pembayaran via online, Pilar memastikan TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran) dan stiker pengesahan akan dikirim ke alamat yang tertera di STNK. Ia berharap dan memberikan apresiasi semua pegawai yang bertugas seperti Polisi, Bank DKI, dan Jasaraharja. "Para pegawai harus terus jaga kesehatan jangan lupa memakai masker, sarung tangan dan hand sanitizer pada saat bertugas," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 10 months lalu
    suki

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke bola165 ,org dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan.