Catat! Ini Rangkaian Acara Perayaan Imlek di Ibu Kota

Berita Kawasan

Catat! Ini Rangkaian Acara Perayaan Imlek di Ibu Kota

Tahun Baru Cina atau Imlek sebentar lagi bergulir. Seperti tahun-tahun sebelumnya, selalu ada berbagai perayaan di Ibu Kota. Untuk tahun ini, beragam hiburan akan digelar di sejumlah titik di Jakarta mulai dari tanggal 15 Januari hingga 8 Februari 2020. Hal itu dipastikan setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) melakukan kerja sama dengan pengurus perkumpulan warga Tionghoa serta organisasi keagamaan.

[Baca Juga: Makna Tradisi-tradisi dalam Perayaan Imlek]

Kepala Biro Dikmental DKI Jakarta, Hendra Hidayat mengatakan bahwa dalam pertemuan itu, disepakati bahwa semarak perayaan Imlek 2571 akan digelar di sejumlah sudut kota selama 24 hari. Beberapa acara yang akan digelar antara lain:

  • Chinese Food di kawasan Thamrin 10 mulai dari tanggal 15 Januari hingga 5 Februari
  • Pentas seni budaya barongsai, tanjidor, Gambang Kromong dan wayang Potehi yang digelar pada tanggal 23 hingga 26 Januari di sejumlah lokasi seperti kawasan Thamrin 10, Taman Dukuh Atas, depan hotel Grand Hyatt, dan kegiatan HBKB di Sudirman-Thamrin
  • Pada 8 Februari akan digelar juga perayaan Cap Go Meh di tiga lokasi yakni Petak 9, Kampung Duri dan Jatinegara.

Menurut Hendra, Kegiatan ini menjadi kali pertama Pemprov bekerjasama dengan beberapa komunitas untuk mengadakan acara perayaan Imlek. Sebab selama ini, kata Hendra, para komunitas Tionghoa selalu membuat acara perayaan Imlek sendiri-sendiri. “Selama ini mereka kan melaksanakannya sendiri-sendiri. Ini baru pertama kalinya, sama seperti acara Christmas Carol waktu Natal. Karena memang kita semangat kesetaraan, kemudian kebersamaan dan persaudaraan,” ungkap seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (21/1/2020).

[Baca Juga: Makanan Khas Imlek Ini Ternyata Ada Maknanya Lho!]

Selain mengadakan acara khas Imlek, pemprov DKI juga mendekor titik-titik ruang publik dengan ornamen bernuansa Imlek. Beberapa tempat yang didekor adalah empat stasiun mass rapid transit (MRT) dan Transjakarta yakni Lebak Bulus, Blok M, Dukuh Atas, dan Bundaran HI. "Koloborasi dan partisipasi yang diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta diantaranya menghiasi ornamen bernuansa Imlek di empat stasiun MRT dan Transjakarta yakni Lebak Bulus, Blok M, Dukuh Atas dan Bundaran HI," kata Hendra.

Selain itu, kata Hendra, kawasan Thamrin 10 juga akan dihiasi oleh lampu lampion dari hasil karya para pelajar di Ibu Kota.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.