Catat! Ini Rangkaian Acara Perayaan Imlek di Ibu Kota

Berita Kawasan

Catat! Ini Rangkaian Acara Perayaan Imlek di Ibu Kota

Tahun Baru Cina atau Imlek sebentar lagi bergulir. Seperti tahun-tahun sebelumnya, selalu ada berbagai perayaan di Ibu Kota. Untuk tahun ini, beragam hiburan akan digelar di sejumlah titik di Jakarta mulai dari tanggal 15 Januari hingga 8 Februari 2020. Hal itu dipastikan setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) melakukan kerja sama dengan pengurus perkumpulan warga Tionghoa serta organisasi keagamaan.

[Baca Juga: Makna Tradisi-tradisi dalam Perayaan Imlek]

Kepala Biro Dikmental DKI Jakarta, Hendra Hidayat mengatakan bahwa dalam pertemuan itu, disepakati bahwa semarak perayaan Imlek 2571 akan digelar di sejumlah sudut kota selama 24 hari. Beberapa acara yang akan digelar antara lain:

  • Chinese Food di kawasan Thamrin 10 mulai dari tanggal 15 Januari hingga 5 Februari
  • Pentas seni budaya barongsai, tanjidor, Gambang Kromong dan wayang Potehi yang digelar pada tanggal 23 hingga 26 Januari di sejumlah lokasi seperti kawasan Thamrin 10, Taman Dukuh Atas, depan hotel Grand Hyatt, dan kegiatan HBKB di Sudirman-Thamrin
  • Pada 8 Februari akan digelar juga perayaan Cap Go Meh di tiga lokasi yakni Petak 9, Kampung Duri dan Jatinegara.

Menurut Hendra, Kegiatan ini menjadi kali pertama Pemprov bekerjasama dengan beberapa komunitas untuk mengadakan acara perayaan Imlek. Sebab selama ini, kata Hendra, para komunitas Tionghoa selalu membuat acara perayaan Imlek sendiri-sendiri. “Selama ini mereka kan melaksanakannya sendiri-sendiri. Ini baru pertama kalinya, sama seperti acara Christmas Carol waktu Natal. Karena memang kita semangat kesetaraan, kemudian kebersamaan dan persaudaraan,” ungkap seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (21/1/2020).

[Baca Juga: Makanan Khas Imlek Ini Ternyata Ada Maknanya Lho!]

Selain mengadakan acara khas Imlek, pemprov DKI juga mendekor titik-titik ruang publik dengan ornamen bernuansa Imlek. Beberapa tempat yang didekor adalah empat stasiun mass rapid transit (MRT) dan Transjakarta yakni Lebak Bulus, Blok M, Dukuh Atas, dan Bundaran HI. "Koloborasi dan partisipasi yang diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta diantaranya menghiasi ornamen bernuansa Imlek di empat stasiun MRT dan Transjakarta yakni Lebak Bulus, Blok M, Dukuh Atas dan Bundaran HI," kata Hendra.

Selain itu, kata Hendra, kawasan Thamrin 10 juga akan dihiasi oleh lampu lampion dari hasil karya para pelajar di Ibu Kota.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.