Catat! Ini Rangkaian Acara Perayaan Imlek di Ibu Kota

Berita Kawasan

Catat! Ini Rangkaian Acara Perayaan Imlek di Ibu Kota

Tahun Baru Cina atau Imlek sebentar lagi bergulir. Seperti tahun-tahun sebelumnya, selalu ada berbagai perayaan di Ibu Kota. Untuk tahun ini, beragam hiburan akan digelar di sejumlah titik di Jakarta mulai dari tanggal 15 Januari hingga 8 Februari 2020. Hal itu dipastikan setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) melakukan kerja sama dengan pengurus perkumpulan warga Tionghoa serta organisasi keagamaan.

[Baca Juga: Makna Tradisi-tradisi dalam Perayaan Imlek]

Kepala Biro Dikmental DKI Jakarta, Hendra Hidayat mengatakan bahwa dalam pertemuan itu, disepakati bahwa semarak perayaan Imlek 2571 akan digelar di sejumlah sudut kota selama 24 hari. Beberapa acara yang akan digelar antara lain:

  • Chinese Food di kawasan Thamrin 10 mulai dari tanggal 15 Januari hingga 5 Februari
  • Pentas seni budaya barongsai, tanjidor, Gambang Kromong dan wayang Potehi yang digelar pada tanggal 23 hingga 26 Januari di sejumlah lokasi seperti kawasan Thamrin 10, Taman Dukuh Atas, depan hotel Grand Hyatt, dan kegiatan HBKB di Sudirman-Thamrin
  • Pada 8 Februari akan digelar juga perayaan Cap Go Meh di tiga lokasi yakni Petak 9, Kampung Duri dan Jatinegara.

Menurut Hendra, Kegiatan ini menjadi kali pertama Pemprov bekerjasama dengan beberapa komunitas untuk mengadakan acara perayaan Imlek. Sebab selama ini, kata Hendra, para komunitas Tionghoa selalu membuat acara perayaan Imlek sendiri-sendiri. “Selama ini mereka kan melaksanakannya sendiri-sendiri. Ini baru pertama kalinya, sama seperti acara Christmas Carol waktu Natal. Karena memang kita semangat kesetaraan, kemudian kebersamaan dan persaudaraan,” ungkap seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (21/1/2020).

[Baca Juga: Makanan Khas Imlek Ini Ternyata Ada Maknanya Lho!]

Selain mengadakan acara khas Imlek, pemprov DKI juga mendekor titik-titik ruang publik dengan ornamen bernuansa Imlek. Beberapa tempat yang didekor adalah empat stasiun mass rapid transit (MRT) dan Transjakarta yakni Lebak Bulus, Blok M, Dukuh Atas, dan Bundaran HI. "Koloborasi dan partisipasi yang diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta diantaranya menghiasi ornamen bernuansa Imlek di empat stasiun MRT dan Transjakarta yakni Lebak Bulus, Blok M, Dukuh Atas dan Bundaran HI," kata Hendra.

Selain itu, kata Hendra, kawasan Thamrin 10 juga akan dihiasi oleh lampu lampion dari hasil karya para pelajar di Ibu Kota.

Read More

Artikel Lainnya

Selain Bermain HP, Aktivitas Ini Bisa Anda Lakukan Saat di KRL

Berita Kawasan

Selain Bermain HP, Aktivitas Ini Bisa Anda Lakukan Saat di KRL

24 February 2020, 10:00

Para komuter pasti tidak bisa hidup tanpa ponsel. HP menjadi penghibur Anda sepanjang perjalanan. Namun, ternyata ada aktivitas yang bisa Anda lakukan di KRL tanpa HP!

Alarm Berbunyi Beep Vs Bermelodi, Mana yang Lebih Baik

Kesehatan

Alarm Berbunyi Beep Vs Bermelodi, Mana yang Lebih Baik?

24 February 2020, 09:00

Penelitian terbaru menunjukkan ada perbedaan memasang bunyi beep monoton dan musik bermelodi untuk alarm. Manakah yang lebih baik?

Langkah Mudah Atasi Kram di Malam Hari

Kesehatan

Langkah Mudah Atasi Kram di Malam Hari

23 February 2020, 19:00

Melakukan treatment sendiri saat mengalami kram kaki di malam hari lebih dianjurkan daripada meminum obat-obatan

3 Film Netflix yang Bakal Tayang Maret 2020

Berita Kawasan

3 Film Netflix yang Bakal Tayang Maret 2020

23 February 2020, 18:00

Anda termasuk penggemar film Netflix? Yuk tengok film Netflix yang rilis Maret 2020. Ada tiga film rekomendasi PingPoint yang sayang dilewatkan.


Comments


Please Login to leave a comment.