Catat Ini Tahapan Dasar dalam Membatik

Kecantikan dan Fashion

Catat! Ini Tahapan Dasar dalam Membatik

Dalam menghasilkan kain batik yang sesungguhnya tidaklah mudah. Berbeda dengan batik cap, proses pembuatan yang dipandang paling baik adalah melalui penggunaan canting. Mengingat ini merupakan bagian dari seni, tentu saja terdapat tahapan-tahapan yang perlu dilalui.

Bila Anda tertarik untuk mencoba membatik atau akan mengikuti pelatihannya, PingPoint.co.id berkesempatan berdialog dengan salah satu instruktur di pelatihan seni budaya batik Jakarta Barat dan ia menjelaskan tahapan dasarnya.

Seperti yang diajarkan oleh Siti Indriani Chaerunissa kepada puluhan peserta pelatihan seni budaya yang digelar Suku Dinas Budaya dan Pariwisata Jakarta Barat, tahapan awal yang perlu dilakukan adalah membuat pola. Pada proses ini, Anda akan diarahkan untuk membuat gambar pola batik apa yang akan nanti diterapkan di kain dan hal ini bisa dilakukan di atas kertas sampai Anda mendapatkan pola yang cocok.

Melalui Pelatihan Seni Budaya, Peserta Kenali Batik Jakarta Barat

Setelah desain polanya, barulah masuk ke proses jiplak. Pada tahapan ini, Anda akan diminta memindahkan pola tersebut ke atas kain dasar batik. Kemudian proses selanjutnya mulai ke arah yang terbilang krusial di dalam pembuatan batik, yaitu menyanting. Ini merupakan proses yang sangat dibutuhkan adaptasi.

“Canting itu kan seperti menulis tapi kalau untuk dikasih pulpen mereka langsung pandai menulis. Tapi begitu nyanting, penyesuaian dengan alat itu sendiri yang mungkin mereka harus mencoba. Nanti kalau mereka sudah mendalami, biasanya langsung lebih lancar. Di awal-awal yang agak berat, satu hari pertama yang agak berat tapi berikutnya biasanya mereka bisa langsung,” tutur Siti kepada PingPoint.co.id di Pusat Pelatihan Seni Budaya Jakarta Barat, Jalan Rama Raya No.1, Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat (2/3/2020).

[Baca Juga: Warga Rusun Marunda Raih Penghasilan dari Batik Marunda]

Setelah mulai terbiasa menggunakan canting dan menyelesaikan polanya di atas kain batik, proses selanjutnya menurut Siti adalah mencolet. Di sini Anda akan diminta untuk memberi warna untuk polanya agar memiliki warna komplementer yang berbeda dengan warna latar hasil celupan.

“Misalnya dalam satu bidang berbentuk anggrek jadi kita menguas agar warnanya colourful menggunakan kuas. Latarnya misalnya warna biru dengan bunganya warnanya merah, otomatis kalau hanya celup warna cuman warna biru saja. Dengan sistem colet makanya warnanya merahnya didapatkan, latar biru juga dapat. Mencolet itu pakai kuas, pewarnanya kita larutkan seperti kita bikin cat air,” sambungnya.

[Baca Juga: Mengulik Sepak Terjang Komunitas Batik Rusun Pulogebang]

Setelah mencolet selesai, proses selanjutnya adalah mengikat warnanya agar tidak luntur dan dilanjutkan dengan menembok. “Jadi di sini kita tutup warna di latarnya pakai canting atau pakai kuas yang khusus dimasukkan ke canting, jangan pakai kuas colet untuk itu juga, karena kalau udah kena malam (lilin) sudah pasti hanya untuk malam saja. Pakai kuas ditutup, ini namanya nembok,” imbuhnya.

Setelah proses menembok selesai, tahapan batik selanjutnya adalah dengan mencelup di bak atau ember warna untuk warna dasar kain batik dan ini masuk ke dalam kategori latar satu. Namun bila hanya berhenti di sini saja maka kain batik akan terlihat kusam maka akan lanjut dengan membuat titik sampai ornamen untuk melengkapinya. “Kemudian kita nembok, tutup lagi, baru kita celup latar lagi,” sebutnya.

Pada tahapan di atas, pembuatan batik sudah menuju akhir prosesnya dan dilanjutkan dengan melorod kain batik. Di mana proses ini dibutuhkan untuk merebus kain batik dengan tujuan meluruhkan lilin malam dari kain dan terakhir adalah tinggal menjemur hasilnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 2 months lalu
    rine

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di QQharian,club <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>