Catatan UNS Terkait Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Di Masa Pandemi

Pendidikan

Catatan UNS Terkait Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Di Masa Pandemi

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia berdampak pada berbagai aspek kehidupan masyarakat. Hal ini pun menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia dalam pengimplementasioan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat.

Hal tersebut sebagaimana yang diungkapkan oleh mantan Kepala Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Nunuk Suryani.

"Pandemi COVID-19 menyebabkan krisis yang sangat mendalam bagi rakyat Indonesia, baik krisis kesehatan, psikologis, sosial, maupun ekonomi," kata Nunuk, dilansir dari antaranews.com (5/6/2020).

Nunuk berpendapat, bahwa pada kondisi seperti ini semangat gotong royong, toleransi, dan kerukunan rentan terganggu. Dia pun menilai bila Indonesia mampu keluar dari situasi ketidakpastian akibat COVID-19, maka artinya negara ini berhasil membuktikan sebagai negara yang memiliki persatuan dan kesatuan serta solidaritas yang kuat. Mulai dari pemerintah sampai masyarakat.

Sementara itu, Kepala Pusat Studi Pengamalan Pancasila (PSP) LPPM UNS Hermanu menilai Pancasila sebagai pandangan hidup dan norma dasar belum menjadi paradigma kehidupan berbangsa dan bernegara dalam menghadapi perubahan dunia.

Hermanu pun menegaskan bahwa Pancasila adalah doktrin negara pasca Indonesia merdeka. Maka dari itu, tindakan pemimpin dan warga negara harus berpijak pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

"Hal itu Termasuk dalam menghadapi pandemi COVID-19 harus berpijak pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, dari sisi kemanusiaan, toleransi, dan kerukunan," katanya.

Sekretaris Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pusat Sapriya mengatakan, dampak yang timbul akibat pandemi COVID-19 yakni diantaranya seperti gangguan pertumbuhan ekonomi dan hambatan penyelenggaraan pendidikan. Hal ini terjadi mengingat kondisi saat ini kurang kondusif untuk dunia pendidikan.

Dia pun mengapresiasi guru yang aktif membangun jejaring dan komunikasi. Apresiasi juga diberikan kepada para guru yang sabar dan tidak mudah menyerah mendidik para siswa.

"Inilah sifat guru atau pendidik yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila," katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.