CCTV dengan Kecerdasan Buatan Akan Dipasang di Kota Lama Semarang.jpg

Properti dan Solusi

CCTV dengan Kecerdasan Buatan Akan Dipasang di Kota Lama Semarang

Sejak tahun 2020, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang telah mulai melakukan pemutakhiran terhadap proses digitalisasi di kotanya dari sisi CCTV-nya. Pasalnya, Pemkot Semarang sudah mulai menerapkan sistem analisa otomatis CCTV alias CCTV analitik sejumlah sudut wilayahnya. Bahkan di Tahun 2021, metode CCTV analitik juga membantu proses penganalisaan kondisi lapangan agar pemkot bisa melakukan penanganan, salah satunya adalah ketika terjadinya banjir. Menariknya, Pemkot Semarang saat ini tengah melirik untuk melakukan upgrade terhadap CCTV analitiknya dengan memasangkan kamera CCTV yang memiliki fitur kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence atau AI.

Salah satu lokasi yang saat ini dipastikan akan dipasangkan CCTV AI adalah di kawasan Kota Lama Semarang. Di mana pihak Pemkot Semarang mengungkapkan bahwa kamera ini akan menunjang aktivitas analisa dari CCTV analitik yang tentu saja tujuan utamanya demi memastikan keamanan sekaligus kenyamanan pengunjung yang berwisata ke area wisata bersejarah tersebut.

CCTV dengan Kecerdasan Buatan Akan Dipasang di Kota Lama Semaran g.jpg

“CCTV khusus ini akan dipasang di beberapa titik guna memperkuat dan memberikan data analisa,” ungkap Komisaris PT Energi Amerta Nusantara Andrew Prayudi, sebagaimana dikutip dari Semarangkota.go.id (14/9/2022).

Andrew melanjutkan, sebenarnya dari sisi CCTV yang terpasang di kawasan Kota Lama Semarang terbilang sudah memadai dari jumlahnya tapi tetap membutuhkan penunjang guna memperkuat data analisa. Hal ini tentu saja sejalan dengan konsep kota pintar alias smart city yang digaungkan di Kota Lumpia ini. Dari sisi pengolahan data analitiknya, Pemkot Semarang disebut juga akan dibantu oleh pihak universitas.

[Baca Juga: CCTV Analitik, dibalik Respons Cepat Pemkot Semarang]

Potensi keamanan yang lebih baik dipandang juga dapat dibantu dengan keberadaan CCTV AI ini. Mengingat kamera ini juga tetap mampu merekam kejadian dengan durasi 20 menit dan pada rekaman itu akan dimunculkan data seperti gendernya hingga usianya. Tak lupa CCTV dengan kecerdasan buatan ini juga dapat membantu monitoring temperatur, perubahan tingkat cahaya, hingga desibel suara di lokasi.

Namun hal yang digarisbawahi oleh Andrew terkait pemasangan CCTV AI ini adalah memang untuk keamanan yang mungkin saja dapat berpengaruh terhadap layanan untuk publik. “Termasuk ini untuk memperkuat jika ada cyber attack, baik dari berupa ancaman kecil, sampai benar benar punya resiko tinggi,” tambah Andrew.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.