Cegah Banjir, Kampung Pulo Tanam 500 Pohonpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Kampung Pulo, Jakarta Timur, Tanam 500 Pohon

Salah satu yang menyebabkan banjir di berbagai titik wilayah Jabodetabek karena minimnya resapan air yang tidak sebanding dengan banyaknya pemukiman warga. Dengan Penanaman berbagai jenis tanaman menjadi solusi untuk mencegah banjir. Contoh kawasan yang sudah mulai melakukan kegiatan penanaman pohon, ada di Kawasan Tongtek, Kampung Pulo, Jalan Jatinegara Barat, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Sebanyak 500 pohon dengan berbagai jenis ditanam, antara lain pohon buah-buahan seperti mangga, jambu, durian dan pohon produktif lainnya.

Gereja Katolik Kudus Rawamangun Adakan Aksi Tanam Pohon

Melansir laman timur.jakarta.go.id (13/01/2020), kegiatan ini dilakukan Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar bersama Dandim 0505 JT Kolonel Inf. M. Mahfud As`at dan Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Arie Ardian Rishadi. Anwar menjelaskan tujuan aksi menanam 500 pohon ini dalam rangka menjaga ekosistem, penghijauan, dan menguatkan tanah untuk meresap air lebih banyak sehingga mencegah banjir.

[Baca Juga: Dukung Penghijauan, Polda Metro Jaya Tanam 1.400 Pohon di Ibu Kota]

Ia menyebutkan kawasan Tongtek Kampung Pulo rawan banjir apabila terjadi intensitas hujan tinggi. Oleh sebab itu, ia berharap agar penanaman pohon ini dapat bermanfaat untuk penghijauan sekaligus membantu mengurangi polusi udara di Jakarta Timur. Tidak hanya fokus di Kampung Pulo, penanaman pohon juga dilakukan di kawasan rawan banjir, “Penanaman pohon bukan hanya di Kampung Pulo saja tetapi di bantaran kali dan wilayah rawan banjir juga dilakukan kegiatan yang sama, agar mengurangi titik banjir di wilayah Jakarta Timur," pungkasnya.

Sementara itu Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Arie Ardian Rishadi mengatakan, aksi penanaman pohon juga dilakukan serentak di seluruh Polsek kawasan Jakarta Timur. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk penghijauan kembali pasca banjir. “Saya berharap warga juga ikut serta menanam pohon agar kualitas udara di Jakarta Timur menjadi lebih baik," ujar Arie.

[Baca Juga: Dalam Rangka Revitalisasi, Pohon Tabebuya Ditanam di Danau Sunter]

Selain itu Dandim 0505 JT Kolonel Inf M. Mahfud As`at menambahkan, penanaman pohon ini sebelumnya juga telah dilakukan oleh jajaran Kodam Jaya Jakarta Timur di bantaran kali. "Saya juga berharap dari bapak Wali Kota Jakarta Timur untuk segera menormalisasi setu-setu yang ada di Jakarta Timur khususnya di wilayah Kecamatan Cipayung agar dapat menampung lebih banyak air di wilayah Jakarta Timur sehingga mengurangi banjir di Jakarta Timur," ujar Mahfud.


Read More

Artikel Lainnya

Ini Cara Maybank Dukung Pengembangan Ekonomi Syariah di Tanah Ai r.jpg

Bisnis

Ini Cara Maybank Dukung Pengembangan Ekonomi Syariah di Tanah Air

05 October 2022, 16:09

Maybank turut mendukung upaya pemerintah dalam menumbuhkan ekonomi syariah di Indonesia dan ini dilakukan melalui salah satu unit usahanya yang bernama UUS.

Besok! Infinix Indonesia Siap Rilis Produk Flagship Terbarunya.jpg

Hobi dan Hiburan

Besok! Infinix Indonesia Siap Rilis Produk Flagship Terbarunya

05 October 2022, 14:10

Pihak Infinix Indonesia akan merilis produk di segmen premiumnya pada 6 Oktober 2022 dengan konten kreator serta para multitasker yang jadi target pasarnya.

2 Minggu Sekali! Warga Kota Bandung Dapat Layanan KB MKJP Gratis.jpg

Kesehatan

2 Minggu Sekali! Warga Kota Bandung Dapat Layanan KB MKJP Gratis

05 October 2022, 10:41

Bagi Anda warga Kota bandung yang sudah berkeluarga dan mempertimbangkan untuk mengikuti program KB maka bisa memanfaatkan program gratis ini.

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 2 years, 8 months lalu
    kelly

    Jangan sia-sia kan masa muda mu untuk hal yang tidak perlu, kunjungi qqharian,info Dan kamu hanya perlu bermain game untuk menangkan hadiah puluhan juta rupiah, tertarik untuk bergabung? Kunjungi situs nya sekarang juga.

  • Rine 2 years, 8 months lalu
    rine

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke qqharian,info dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan.

  • Natasya88 2 years, 8 months lalu
    Natasya88

    Banyak orang telah meraih puluhan juta rupiah hanya dengan bermain game di dupa88,net sekarang saatnya giliran kamu untuk seperti mereka kunjungi situsnya dan bergabunglah sekarang juga.