Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

Sejak pekan kemarin, sejumlah wilayah di DKI Jakarta sudah mulai kerap mengalami hujan bahkan ada puluhan Rukun Tetangga (RT) yang sempat mengalami genangan layaknya banjir. Hal inilah yang berusaha dicegah Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara agar tak terjadi di wilayahnya. Oleh karena itulah pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara menggelar kegiatan Gerebek Lumpur di Sungai Bukit Gading Raya (GDR), Kecamatan Kelapa Gading.

Dalam kegiatan untuk mengantisipasi genangan yang dipicu musim hujan ini, Pemkot Jakarta Utara menggandeng Puspomal TNI AL. Di mana Gerebek Lumpur pada 27 September 2020 kemarin disebut akan terus dilanjutkan untuk dilakukan sampai akhir bulan September ini. Menurut Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmiko ini merupakan satu dari beberapa hal yang dilakukan pihaknya dalam mencegah banjir.

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur .jpg

“Ada beberapa langkah cepat yang kami kerjakan. Yang pertama, tentu memastikan semua kinerja pintu air dan pompa bisa bekerja secara optimal. Dan yang kedua melakukan Gerebek Lumpur, untuk memastikan bahwa tidak ada lumpur yang mengurangi volume kapasitas air,” ujar orang nomor satu di Jakarta Utara tersebut, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (27/9/2020).

Sigit melanjutkan, pemilihan Sungai BGR karena dipicu ini merupakan urat nadi dari Kelapa Gading dan dengan pembersihan maka diharapkan genangan yang terjadi di sana bisa berkurang ketika hujan turun nanti. Karena sampai akhir bulan ini maka Gerebek Lumpur ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan di enam wilayah kecamatan Jakarta Utara.

[Baca Juga: Bantu Restorasi Arsip Pasca Banjir, Pemkot Jakarta Utara Jemput Bola]

Pada Gerebek Lumpur yang digelar akhir pekan kemarin, terhitung ada 350 orang yang dilibatkan. Di mana mereka merupakan petugas gabungan dari Puspomal TNI Akel, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Utara, Sudin Bina Marga Jakarta Utara, dan Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum. Tak lupa juga turut Pelaksana Harian Sekretaris Daerah DKI Jakarta Sri Haryati yang turut melihat proses Gerebek Lumpur.

“Bersama semua lurah, camat, dan lain-lain dikerahkan bersama dengan Dinas SDA dan dinas terkait lainnya. Itu untuk memastikan agar saluran yang ada di pemukiman maupun semua yang ada di Jakarta ini dapat kita periksa, kita cek, dan pastikan agar tidak ada penyumbatan,” imbuh Sri.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 4 months lalu
    anisa

    QQHarian merupakan Situs Agen Slot Game Online Indonesia Deposit OVO Terpercaya, Terbaik, Terpopuler & Terbesar. Yang di dukung berbagai PROVIDER Ternama Dan menyajikan berbagai bonus terbesar yang menanti anda. info lebih lanjut bisa buka link nya ( biolinky.co/qqharian ) atau cukup ( <a href="https://qqharian.org/" title="Situs Slot Terbaik" rel="nofollow">Click Disini</a>) guys.!!