Cegah Berziarah Berziarah, Petugas Pakai APD Bawa Peti Mati

Berita Kawasan

Cegah Berziarah Berziarah, Petugas Pakai APD & Bawa Peti Mati

Ketika Lebaran, salah satu tradisi yang biasa dilakukan adalah berziarah ke pemakaman anggota keluarga dan kerabat. Tak heran saat awal Ramadan dan Lebaran, Tempat Pemakaman Umum (TPU) ramai dikunjungi warga. Bahkan warga setempat TPU terkadang memanfaatkan momen tersebut untuk mengais keuntungan dengan berjualan bunga segar, air mawar, dan kebutuhan berziarah lainnya.

Namun jika Anda berkunjung ke TPU di Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel), dipastikan akan disambut oleh petugas menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dengan peti mati. Aksi kampanye ini ada di empat TPU, petugas sedang mengampanyekan agar peziarah mengurungkan niat mereka berziarah untuk sementara waktu, mengingat sedang dalam masa pandemi COVID-19.

Cegah Berziarah Berziarah, Petugas Pakai APD Bawa Peti Mati

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Selatan Winarto mengatakan, tujuan dari pemakaian APD oleh para petugas adalah untuk mengingatkan masyarakat agar menaati peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Lantaran, menjelang dan setelah Hari Raya Idulfitri ini, banyak warga datang mengunjungi TPU untuk berziarah.

Winarto menuturkan, empat lokasi tadi antara lain TPU Tanah Kusir, Jeruk Purut, Menteng Pulo, Kampung Kandang.

"Yang ziarah itu juga mengerti, kan yang ziarah bukan mereka saja, kami taruh di pinggir jalan supaya semua orang bisa melihat. Paling tidak masyarakat ingat akan protokol kesehatan ditengah pandemi COVID-19," sebut Winarto.

[Baca Juga: Ramadan Kala Pandemi Tanpa Ngabuburit, Tarawih dan Ziarah Makam]

"Ada dua orang petugas yang ber-APD lengkap dengan peti mati dan spanduk. Kita men-display petugas agar paling tidak ada masyarakat yang melihat. Tujuannya agar penerapan PSBB bisa masyarakat ikuti," ujar Winarto seperti dilansir dari selatan.jakarta.go.id (27/5/2020).

Meski begitu, Winarto tidak bisa memastikan kapan TPU dan taman kembali di buka. Ia mengaku masih menunggu arahan pimpinan terkait teknis pembukaan dua fasilitas publik tadi, mengingat saat ini Jakarta masih dalam status PSBB.

"Untuk sampai kapan TPU akan dibuka kita akan lihat perkembangannya. Artinya taman dan TPU itu arahan pimpinan. Jika penanganan COVID-19 bisa ditangani ya kita tunggu arahan pimpinan," pungkas Winarto.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.