Cegah Berziarah Berziarah, Petugas Pakai APD Bawa Peti Mati

Berita Kawasan

Cegah Berziarah Berziarah, Petugas Pakai APD & Bawa Peti Mati

Ketika Lebaran, salah satu tradisi yang biasa dilakukan adalah berziarah ke pemakaman anggota keluarga dan kerabat. Tak heran saat awal Ramadan dan Lebaran, Tempat Pemakaman Umum (TPU) ramai dikunjungi warga. Bahkan warga setempat TPU terkadang memanfaatkan momen tersebut untuk mengais keuntungan dengan berjualan bunga segar, air mawar, dan kebutuhan berziarah lainnya.

Namun jika Anda berkunjung ke TPU di Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel), dipastikan akan disambut oleh petugas menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dengan peti mati. Aksi kampanye ini ada di empat TPU, petugas sedang mengampanyekan agar peziarah mengurungkan niat mereka berziarah untuk sementara waktu, mengingat sedang dalam masa pandemi COVID-19.

Cegah Berziarah Berziarah, Petugas Pakai APD Bawa Peti Mati

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Selatan Winarto mengatakan, tujuan dari pemakaian APD oleh para petugas adalah untuk mengingatkan masyarakat agar menaati peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Lantaran, menjelang dan setelah Hari Raya Idulfitri ini, banyak warga datang mengunjungi TPU untuk berziarah.

Winarto menuturkan, empat lokasi tadi antara lain TPU Tanah Kusir, Jeruk Purut, Menteng Pulo, Kampung Kandang.

"Yang ziarah itu juga mengerti, kan yang ziarah bukan mereka saja, kami taruh di pinggir jalan supaya semua orang bisa melihat. Paling tidak masyarakat ingat akan protokol kesehatan ditengah pandemi COVID-19," sebut Winarto.

[Baca Juga: Ramadan Kala Pandemi Tanpa Ngabuburit, Tarawih dan Ziarah Makam]

"Ada dua orang petugas yang ber-APD lengkap dengan peti mati dan spanduk. Kita men-display petugas agar paling tidak ada masyarakat yang melihat. Tujuannya agar penerapan PSBB bisa masyarakat ikuti," ujar Winarto seperti dilansir dari selatan.jakarta.go.id (27/5/2020).

Meski begitu, Winarto tidak bisa memastikan kapan TPU dan taman kembali di buka. Ia mengaku masih menunggu arahan pimpinan terkait teknis pembukaan dua fasilitas publik tadi, mengingat saat ini Jakarta masih dalam status PSBB.

"Untuk sampai kapan TPU akan dibuka kita akan lihat perkembangannya. Artinya taman dan TPU itu arahan pimpinan. Jika penanganan COVID-19 bisa ditangani ya kita tunggu arahan pimpinan," pungkas Winarto.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.