Dear Warga Jakarta Barat, Ini Pesan Sudin Kesehatan Terkait Antisipasi Corona

Kesehatan

Cegah Corona, Sudin Kesehatan Jakarta Barat Rutin Sosialisasi

Sebelum ramai kabar masuknya Virus Corona yang menyebabkan penyakit baru COVID-19 di Jakarta, usai munculnya pasien satu dan dua di Depok, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat sudah mulai melakukan sosialisasi.

Proses sosialisasi ini disebut sudah mulai dari awal tahun 2020. Dengan fokus utama sosialisasi ini adalah untuk mengenalkan Virus Corona sekaligus langkah pencegahan yang bisa dilakukan guna mengantisipasinya.

Sudin Kesehatan Jakarta Barat Telusuri Jejak WN Jepang Terkait Corona

Langkah sosialisasi ini dilakukan oleh Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Jakarta Barat dengan mengunjungi berbagai tempat. Dari mulai Januari 2020, tim dari Sudin dikerahkan ke lokasi seperti sekolah, hotel, universitas, pusat perbelanjaan, apartemen, instansi pemerintahan, stasiun, hingga terminal. Hal ini dilakukan guna menjangkau semua kalangan untuk mengetahui mengenai informasi Covid-19, khususnya pencegahannya.

[Baca Juga: Sudin Kesehatan Jakarta Barat Telusuri Jejak WN Jepang Terkait Corona]

Salah satu sosialisasi yang baru-baru ini dilakukan adalah pada 9 Maret 2020 di salah satu sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jakarta Barat. Dengan Sudin Kesehatan Jakarta Barat yang digandeng Sudin Pendidikan Jakarta Barat untuk ikut upacara di sana sembari membahas mengenai antisipasi Covid-19.

“Kita kasih arahan di sana, etika batuk itu yang nomor satu. Sekolah kan sudah biasa (siswa-siswi) batuk dan pilek. ‘Harus pakai masker ya tolong, kalau cuman (punya) satu saja dikasih nanti sama puskesmas.’ Kalau yang sehat tidak perlu pakai masker,” ucap Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Barat Kristi Wathini kepada PingPoint.co.id di kantor Sudin Kesehatan Jakarta Barat, Jalan Raya Kembangan No.2 Blok B Lantai 3, Jakarta Barat (9/3/2020).

Cegah Corona, Sudin Kesehatan Jakarta Barat Rutin Sosialisasi

Menurutnya sosialisasi mengenai masker ini terbilang penting. Pasalnya, Sudin Kesehatan Jakarta Barat tak ingin bila warganya yang tengah sakit tapi tak menggunakan masker. Karena ini bisa memicu orang-orang yang sehat berbondong-bondong membeli masker agar tidak terpapar batuk atau bersin orang-orang di lingkungannya yang tengah sakit.

Selain sudah melakukan banyak sosialisasi, lingkungan di Pemerintahan Jakarta Barat juga melakukan antisipasi sendiri dengan penyediaan thermal gun atau alat pengecekan suhu. Seperti yang sudah mulai diterapkan pekan lalu di kantor Wali Kota Jakarta Barat.

[Baca Juga: Waspada Corona, Kemnaker Keluarkan Larangan Masuknya TKA China]

“Kemarin keluar SE (Surat edaran) pak Wali Kota, dia sudah menginstruksikan kepada instansi pemerintahan supaya terhadap pengecekan suhu (dengan) thermal gun. Kita sudah punya SOP-nya ketika demamnya melewati 38 (derajat) dia tidak boleh masuk ke gedung instansi,” sebut Kristi. Ia menambahkan, nantinya individu yang suhu badannya tinggi itu akan diarahkan untuk mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.