Cegah Corona, Wali Kota Depok Ajak ASN Cuci Tangan dengan Tepat

Kesehatan

Cegah Corona, Wali Kota Depok Ajak ASN Cuci Tangan dengan Benar

Sebagai lokasi yang menjadi penyebaran awal Virus Corona di Indonesia, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tidak lelah untuk terus melakukan sosialisasi mengenai virus ini, khususnya pencegahannya. Mengingat salah satu langkah yang dipandang harus dilakukan secara rutin adalah cuci tangan dengan benar, hal ini pun disosialisasikan baru-baru ini. Di mana Wali Kota Depok Mohammad Idris langsung turun untuk memberikan simulasi cuci tangan di depan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Depok.

Cegah Corona, Wali Kota Depok Ajak ASN Cuci Tangan dengan Tepat

Kegiatan ini digelar pada 9 Maret 2020 di momen kegiatan apel pagi di lapangan Balai Kota Depok. Mohammad Idris terlihat tidak sendiri pada simulasi tersebut, mengingat ia turut didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita.

Menurut Wali Kota Depok, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya menghindari Virus Corona. Apalagi mencuci tangan yang tepat merupakan bagian dari pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS. “Gerakan mencuci tangan itu tidak boleh sembarangan, ada cara yang benarnya agar dampaknya lebih terasa,” ungkap Mohammad Idris, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (9/3/2020).

[Baca Juga: Hati-hati Coronavirus: Kenali dan Cegah Penyakitnya]

Apa yang disampaikan orang nomor satu di Kota Belimbing itu memang benar. Mengingat banyak orang yang tanpa sadar mencuci tangan sebenarnya ada metodenya yang sudah disosialisasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sekadar informasi berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Tuangkan cairan antiseptik atau hand sanitizer ke telapak tangan. Lalu usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  3. Gosok sela-sela jari tangan sampai bersih
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan, kemudian gosok perlahan

[Baca Juga: Pemprov DKI Siapkan 125 Kamar Isolasi Bagi Pasien COVID-19]

Semua langkah mencuci tangan ini disimulasikan pada apel pagi tersebut yang langsung diperagakan Mulyono dan Novarita. “Ada enam langkah mencuci tangan yang benar. Dimulai dari telapang tangan, punggung tangan, sela-sela jari, buku jari, ibu jari, dan kukunya juga dibersihkan,” tambah Mulyono.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.


Comments


Please Login to leave a comment.