Cegah Corona, Wali Kota Depok Ajak ASN Cuci Tangan dengan Tepat

Kesehatan

Cegah Corona, Wali Kota Depok Ajak ASN Cuci Tangan dengan Benar

Sebagai lokasi yang menjadi penyebaran awal Virus Corona di Indonesia, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tidak lelah untuk terus melakukan sosialisasi mengenai virus ini, khususnya pencegahannya. Mengingat salah satu langkah yang dipandang harus dilakukan secara rutin adalah cuci tangan dengan benar, hal ini pun disosialisasikan baru-baru ini. Di mana Wali Kota Depok Mohammad Idris langsung turun untuk memberikan simulasi cuci tangan di depan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Depok.

Cegah Corona, Wali Kota Depok Ajak ASN Cuci Tangan dengan Tepat

Kegiatan ini digelar pada 9 Maret 2020 di momen kegiatan apel pagi di lapangan Balai Kota Depok. Mohammad Idris terlihat tidak sendiri pada simulasi tersebut, mengingat ia turut didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita.

Menurut Wali Kota Depok, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya menghindari Virus Corona. Apalagi mencuci tangan yang tepat merupakan bagian dari pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS. “Gerakan mencuci tangan itu tidak boleh sembarangan, ada cara yang benarnya agar dampaknya lebih terasa,” ungkap Mohammad Idris, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (9/3/2020).

[Baca Juga: Hati-hati Coronavirus: Kenali dan Cegah Penyakitnya]

Apa yang disampaikan orang nomor satu di Kota Belimbing itu memang benar. Mengingat banyak orang yang tanpa sadar mencuci tangan sebenarnya ada metodenya yang sudah disosialisasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sekadar informasi berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Tuangkan cairan antiseptik atau hand sanitizer ke telapak tangan. Lalu usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  3. Gosok sela-sela jari tangan sampai bersih
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan, kemudian gosok perlahan

[Baca Juga: Pemprov DKI Siapkan 125 Kamar Isolasi Bagi Pasien COVID-19]

Semua langkah mencuci tangan ini disimulasikan pada apel pagi tersebut yang langsung diperagakan Mulyono dan Novarita. “Ada enam langkah mencuci tangan yang benar. Dimulai dari telapang tangan, punggung tangan, sela-sela jari, buku jari, ibu jari, dan kukunya juga dibersihkan,” tambah Mulyono.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.