Cegah Virus Corona Masuk Indonesia, Kemenkes Siapkan 135 Thermoscanner

Kesehatan

Cegah Coronavirus Masuk Indonesia, Kemenkes Siapkan 135 Thermoscanner

Kasus Pneumonia misterius yang ditemukan di Kota Wuhan, Cina awal bulan Januari lalu kini diketahui penyebabnya. Penyakit yang kini membuat gempar banyak orang ini diakibatkan Novel Coronavirus atau 2019-nCoV, yaitu jenis virus baru yang satu famili dengan virus penyebab SARS dan MERS.

Hingga saat ini, 59 kasus dengan gangguan pernapasan (pneumonia) dan dirawat di rumah sakit. Tujuh orang di antaranya dalam kondisi kritis dan dua orang telah meninggal dunia pada tanggal 16 dan 17 Januari 2020 berdasarkan data yang dibagikan dari laman kemkes.go.id (24/1/2020), kemudian meningkat menjadi sembilan orang per tanggal 22 Januari 2020.

Waspada, Pneumonia Misterius Gegerkan China Sudah Makan Puluhan Korban

Coronavirus sendiri memiliki gejala yang mirip pneumonia. Virus ini menyebar dari manusia ke manusia lewat batuk, bersin, atau pun kontak dekat, yang lebih mengerikannya lagi orang yang secara kebetulan berdekatan dengan objek yang tertempel virus juga bisa terinfeksi. Sampai kini, belum ada vaksin yang bisa mencegah infeksi virus ini.

Layaknya negara-negara lain yang sudah siaga terhadap virus ini, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia tentu waspada virus tersebut bisa masuk dan menyebar di Indonesia. sebagai tindakan preventif, Kemenkes menyiapkan thermoscanner di 135 pintu keluar masuk negara Indonesia.

[Baca Juga: Badan Litbang Kemenkes Kukuhkan 4 Profesor Riset]

Sebanyak 135 thermoscanner ini akan ditempatkan pada pintu negara baik udara, laut, maupun darat. Thermoscanner ini bisa mendeteksi awal suhu tubuh manusia. Sehingga bisa terlihat jelas jika kondisi kesehatan tubuh seseorang, apalagi gejalanya mirip flu.

”Yang paling awal bisa dideteksi adalah dengan thermoscanner untuk mendeteksi suhu tubuh. Kalau ada orang dari luar negeri masuk ke Indonesia dengan suhu tubuh di atas 38 derajat celsius, maka posturnya terlihat berwarna merah pada termoscanner,'' kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes dr. Anung Sugihantono, M.Kes.

[Baca Juga: Waspada, Pneumonia Misterius China Sudah Makan Puluhan Korban]

Bukan hanya itu, bandara atau transportasi langsung menuju dan dari Cina perlu meningkatkan kewaspadaan, di antaranya mengaktifkan thermal scanner, memberikan health alert card dan KIE pada penumpang.

Seperti baru-baru ini, Malindo Air, salah satu anggota penerbangan lion Air Group secara resmi mengumumkan penghentian atau pembatalan sementara penerbangan internasional pergi pulang (PP) rute Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia (KUL) tujuan Bandar Udara Internasional Wuhan, Tianhe, Republik Rakyat Tiongkok (WUH) seperti dikutip dari detik.com.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabungan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta dr. Anas Maruf mengatakan semua pintu masuk negara sudah disiapkan thermoscanner.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.