Cegah Virus Corona Masuk Indonesia, Kemenkes Siapkan 135 Thermoscanner

Kesehatan

Cegah Coronavirus Masuk Indonesia, Kemenkes Siapkan 135 Thermoscanner

Kasus Pneumonia misterius yang ditemukan di Kota Wuhan, Cina awal bulan Januari lalu kini diketahui penyebabnya. Penyakit yang kini membuat gempar banyak orang ini diakibatkan Novel Coronavirus atau 2019-nCoV, yaitu jenis virus baru yang satu famili dengan virus penyebab SARS dan MERS.

Hingga saat ini, 59 kasus dengan gangguan pernapasan (pneumonia) dan dirawat di rumah sakit. Tujuh orang di antaranya dalam kondisi kritis dan dua orang telah meninggal dunia pada tanggal 16 dan 17 Januari 2020 berdasarkan data yang dibagikan dari laman kemkes.go.id (24/1/2020), kemudian meningkat menjadi sembilan orang per tanggal 22 Januari 2020.

Waspada, Pneumonia Misterius Gegerkan China Sudah Makan Puluhan Korban

Coronavirus sendiri memiliki gejala yang mirip pneumonia. Virus ini menyebar dari manusia ke manusia lewat batuk, bersin, atau pun kontak dekat, yang lebih mengerikannya lagi orang yang secara kebetulan berdekatan dengan objek yang tertempel virus juga bisa terinfeksi. Sampai kini, belum ada vaksin yang bisa mencegah infeksi virus ini.

Layaknya negara-negara lain yang sudah siaga terhadap virus ini, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia tentu waspada virus tersebut bisa masuk dan menyebar di Indonesia. sebagai tindakan preventif, Kemenkes menyiapkan thermoscanner di 135 pintu keluar masuk negara Indonesia.

[Baca Juga: Badan Litbang Kemenkes Kukuhkan 4 Profesor Riset]

Sebanyak 135 thermoscanner ini akan ditempatkan pada pintu negara baik udara, laut, maupun darat. Thermoscanner ini bisa mendeteksi awal suhu tubuh manusia. Sehingga bisa terlihat jelas jika kondisi kesehatan tubuh seseorang, apalagi gejalanya mirip flu.

”Yang paling awal bisa dideteksi adalah dengan thermoscanner untuk mendeteksi suhu tubuh. Kalau ada orang dari luar negeri masuk ke Indonesia dengan suhu tubuh di atas 38 derajat celsius, maka posturnya terlihat berwarna merah pada termoscanner,'' kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes dr. Anung Sugihantono, M.Kes.

[Baca Juga: Waspada, Pneumonia Misterius China Sudah Makan Puluhan Korban]

Bukan hanya itu, bandara atau transportasi langsung menuju dan dari Cina perlu meningkatkan kewaspadaan, di antaranya mengaktifkan thermal scanner, memberikan health alert card dan KIE pada penumpang.

Seperti baru-baru ini, Malindo Air, salah satu anggota penerbangan lion Air Group secara resmi mengumumkan penghentian atau pembatalan sementara penerbangan internasional pergi pulang (PP) rute Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia (KUL) tujuan Bandar Udara Internasional Wuhan, Tianhe, Republik Rakyat Tiongkok (WUH) seperti dikutip dari detik.com.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabungan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta dr. Anas Maruf mengatakan semua pintu masuk negara sudah disiapkan thermoscanner.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.