Cegah Corona, Begini Cara Buat Hand Sanitizer Sendiri Menurut BPOM

Properti dan Solusi

Cegah COVID-19, Begini Cara Buat Hand Sanitizer Sendiri Menurut BPOM

Sejak dua pasien yang terdeteksi positif COVID-19 diumumkan Presiden Jokowi, harga hand sanitizer dan masker melonjak naik. Walaupun begitu, banyak masyarakat yang membeli kedua barang tersebut dalam jumlah banyak untuk proteksi diri. Namun pembelian masif ini membuat kedua benda tersebut menjadi barang langka, terlebih lagi harganya masih mahal.

Akan tetapi, jangan terlalu khawatir. Bagi Anda yang belum berkesempatan membeli hand sanitizer atau kesulitan akses membelinya, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang harganya relatif standar.

Bikin Hand Sanitizer Sendiri Mudah Kok, Begini Caranya

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) merilis cara pembuatan hand sanitizer yang aman dan sesuai dengan standar dari World Health Organization (WHO). Bahan-bahan yang Anda perlukan adalah, Ethanol 96 persen, Gliserol 98 persen, Hidrogen Peroksida 3 persen, dan air steril atau aquadest. Sedangkan alat yang dibutuhkan adalah gelas ukur 1000 ml, becker glass, gelas ukur 50ml, gelas ukur 25ml, batang pengaduk, dan botol kaca.

[Baca Juga: Apakah Hand Sanitizer Efektif Melawan Virus Corona?]

Mengutip dari surat edaran BPOM prosedur yang dilakukan untuk menciptakan hand sanitizer yang sesuai dengan standar WHO adalah,

  1. Tuangkan 833ml Etanol 96 persen ke dalam gelar ukur 1000ml
  2. Lalu, tambahkan 41,7 ml Hidrogen peroksida 3 persen ke dalam gelas ukur berisi Ethanol,
  3. Kemudian, selanjutnya tambahkan 14,5 ml Gliserol 98 persen menggunakan gelas ukur dan pastikan sisa Gliserol tidak tertinggal dengan cara membilasnya dengan air,
  4. Tambahkan air hingga 1000 ml, aduk hingga homogen,
  5. Pindahkan campuran ke dalam botol kaca bersih,
  6. Selanjutnya, simpan selama 72 jam untuk memastikan taka da kontaminasi organisme dari wadah botol dan hand sanitizer siap digunakan.

[Baca Juga: Cegah Virus Corona, LIPI Produksi Hand Sanitizer]

Bahan-bahan di atas efektif untuk melindungi dari bakteri atau mikrobakteri penyebab penyakit, misalnya saja Ethanol yang merupakan turunan alkohol yang memiliki kemampuan untuk menembus sel bakteri atau virus dan menghancurkannya sehingga dapat membunuh bakteri dan melemahkan virus.

Sedangkan gliserin digunakan agar kulit tangan tetap lembap atau tidak kering. selain itu juga dapat membantu konsistensi pada alkohol agar lebih mudah diaplikasikan. Lalu, Hidrogen Peroksida merupakan antiseprik yang dapat membunuh mikroba untuk berkembang di larutan hand sanitizer.

Read More

Artikel Lainnya

Hari Ke-3 PSBB Bandung, Pengendara Sepeda Motor Dilarang Boncengan

Berita Kawasan

Polda Jawa Barat Gelar Operasi Jaran Lodaya, Cek Motor Anda yang Hilang!

05 March 2021, 20:03

Dalam rangka 100 hari kerja Bapak Kapolda gelar operasi jaran lodaya 2021

Dompet Duafa Lakukan Program Bedah 100 Rumah di Sumatera Utara

Properti dan Solusi

Dompet Duafa Lakukan Program Bedah 100 Rumah di Sumatera Utara

05 March 2021, 19:56

Dompet Duafa dan Camat Sunggal melakukan program bedah 100 rumah yang berada di desa Tegal Sari, Kecamatan Sunggal, Kab. Deli Serdang.

3.png

Berita Kawasan

Hati-hati, Jalan Penghubung Citayam Depok-Bojonggede Bogor Hancur

05 March 2021, 18:17

Kondisi jalan berlubang dan tergenang air di daerah Citayam Depok mengganggu pengguna jalan yang menuju Bojonggede, Bogor.

1.400 Personil Polres Metro Bekasi Kota Divaksinasi

Berita Kawasan

1.400 Personil Polres Metro Bekasi Kota Divaksinasi

05 March 2021, 18:01

Sebanyak 1400 personil Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota mulai menjalani vaksinasi covid-19 di Pusat Kesehatan Polres Jalan Pramuka, Kecamatan Margajaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 11 months, 3 weeks lalu
    emma

    Hanya di qqharian,club website judi online terpercaya yang berani memberi anda kemenangan dan terpercaya!! Daftarkan dirimu segera dan langsung bermain dan dapatkan macam bonus promo. Ingin membuktikannya ??? Langsung gabung bersama kami, di qqharian,club