Cegah COVID-19 di Jakarta Timur, Penjualan Hewan Kurban Hanya di Zona Hijau.jpg

Berita Kawasan

Cegah COVID-19 di Jakarta Timur, Penjualan Hewan Kurban Hanya di Zona Hijau

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur sejak Awal Juli 2020, sudah mulai bergerak untuk memastikan Idul Adha 1441 H di wilayahnya berjalan aman dari potensi penyebaran COVID-19. Dari mulai pendataan serta pengawasan tempat pemotongan hewan kurban hingga tempat penjualannya telah dilakukan. Di mana khusus untuk tempat penjualan hewan kurban, Pemkot Jakarta Timur menegaskan hal ini hanya boleh dilakukan di kawasan yang masuk zona hijau COVID-19.

Kebijakan Pemkot Jakarta Timur itu disampaikan melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Timur. Pihak Sudin KPKP Jakarta Timur disebut sudah menentukan wilayah mana saja yang sudah diberikan izin untuk para pedagang hewan kurban menggelar lapaknya.

“Tidak di fasum (fasilitas umum), jalur hijau, dan taman serta berada di zona hijau pandemi COVID-19,” ungkap Kepala Sudin KPKP Yuli Absari, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (15/7/2020). Selain menentukan lokasinya, pihak Sudin KPKP Jakarta Timur disebut telah mengerahkan petugasnya untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban yang dijual.

Cegah COVID-19 di Jakarta Timur, Penjualan Hewan Kurban Hanya di Zona Hijau .jpg

Para petugas yang diturunkan akan mengecek kesehatan hewan-hewan kurban tersebut, dari mulai gigi, tanduk, hidung, sampai pengambilan sampel darah demi memastikan mereka bebas dari penyakit sepert antraks. Selain itu, Sudin KPKP Jakarta Timur juga akan meminta pedagang hewan kurban untuk menunjukkan surat keterangan kesehatan hewan atau SKKH yang dikeluarkan dinas dari daerah asal hewan tersebut.

Bila dalam proses pemeriksaan tersebut ditemukan indikasi hewan kurban yang dijual itu sakit makan petugas Sudin KPKP Jakarta Timur akan langsung menandainya. Di mana petugas akan menyemprotkan cat pylox warna merah pada hewan kurban itu agar masyarakat Jakarta Timur mengetahui hewan itu tak layak untuk dibeli.

Menurut Yuli, pemeriksaan hewan di tempat penampungan atau penjualan hewan kurban akan dilakukan hingga H-1 Idul Adha 1441 H. Kemudian petugas Sudin KPKP Jakarta Timur akan bergerak melakukan pengawasan di lokasi pemotongan hewan kurban hingga H+3 Idul Adha 1141 H yang disinyalir ini dilakukan guna memastikan protokol kesehatan tetap dilaksanakan pada proses penyembelihan hewan kurban.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.