Cegah COVID-19, Jakarta Utara Akan Lakukan Pembatasan Jalan Mandiri

Berita Kawasan

Cegah COVID-19, Jakarta Utara Akan Lakukan Pembatasan Jalan Mandiri

DKI Jakarta masih menjadi Provinsi dengan kasus COVID-19 terbanyak di Indonesia. Bahkan semakin hari semakin bertambah jumlah pasien yang terinfeksi Virus Corona SARS-CoV ini. Melihat dari laman corona.jakarta.go.id, sampai dengan Kamis, 2 April 2020 pukul 06.00 WIB, jumlah kasus pasien positif COVID-19 mencapai 816 orang dengan korban meninggal sebanyak 90 orang.

Jika hal tersebut tidak segera dicegah, dikhawatirkan jumlah pasien positif akan terus bertambah. Untuk itu, membatasi diri bisa jadi solusi di tengah pandemi ini. Seperti yang dilakukan sejumlah pengurus Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di Jakarta Utara (Jakut).

[Baca Juga: Antisipasi Covid-19, Pemkot Jakarta Barat Tutup Akses 2 Kelurahan Ini]

Mereka berinisiatif menutup sebagian akses mobilitas masyarakat setelah beberapa kali melakukan rapat bersama warga guna mencegah penyebaran Virus Corona SARS-CoV-2. Bukan tanpa alasan, sebab saat ini sebagian kecil RW di wilayah Jakut masuk ke dalam zona merah penyebaran COVID-19.

Dari 494 RW di Jakut, ada sebanyak 29 RW yang masuk ke dalam zona merah. Hal itu dikarenakan adanya warga yang terinfeksi COVID-19. Sementara untuk 454 RW lainnya yang masih dalam zona putih harus dijaga dengan cara menutup beberapa akses mobilitas warga. Inisiatif tersebut pun mendapat apresiasi dari Wakil Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim.

Cegah COVID-19, Jakarta Utara Akan Lakukan Pembatasan Jalan Mandiri

“Kami (Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara) mengucapkan terima kasih kepada pengurus RT/RW se-Jakarta Utara karena sudah berinisiatif dan berdedikasi mengajak warga bersama-sama mewaspadai penularan COVID-19. Penutupan sebagian akses mobilitas di gang dan jalan tentunya bagus untuk mencegah penyebaran virus dari tingkat terkecil, RT/RW,” kata Ali yang juga mengemban tugas sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jakarta Utara.

[Baca Juga: Sejumlah Mall di Depok Tutup untuk Cegah Penularan COVID-19]

Dalam penerapannya, nantinya penutupan sebagian akses mobilitas wilayah ini juga akan dikoordinasikan dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tingkat Jakarta Utara yang berisi unsur pemerintah, TNI-Polri, Palang Merah Indonesia (PMI), tim kesehatan, hingga unsur masyarakat.

Untuk diketahui beberapa keluarahan di Jakarta Utara yang rawan terjadi penyebaran Virus Corona adalah kelurahan Ancol, Pademangan Barat, Pluit, Sunter Agung, Pejagalan, Sungai Bambu, dan Kebon Bawang.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.