Cegah COVID-19, Jakarta Utara Akan Lakukan Pembatasan Jalan Mandiri

Berita Kawasan

Cegah COVID-19, Jakarta Utara Akan Lakukan Pembatasan Jalan Mandiri

DKI Jakarta masih menjadi Provinsi dengan kasus COVID-19 terbanyak di Indonesia. Bahkan semakin hari semakin bertambah jumlah pasien yang terinfeksi Virus Corona SARS-CoV ini. Melihat dari laman corona.jakarta.go.id, sampai dengan Kamis, 2 April 2020 pukul 06.00 WIB, jumlah kasus pasien positif COVID-19 mencapai 816 orang dengan korban meninggal sebanyak 90 orang.

Jika hal tersebut tidak segera dicegah, dikhawatirkan jumlah pasien positif akan terus bertambah. Untuk itu, membatasi diri bisa jadi solusi di tengah pandemi ini. Seperti yang dilakukan sejumlah pengurus Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di Jakarta Utara (Jakut).

[Baca Juga: Antisipasi Covid-19, Pemkot Jakarta Barat Tutup Akses 2 Kelurahan Ini]

Mereka berinisiatif menutup sebagian akses mobilitas masyarakat setelah beberapa kali melakukan rapat bersama warga guna mencegah penyebaran Virus Corona SARS-CoV-2. Bukan tanpa alasan, sebab saat ini sebagian kecil RW di wilayah Jakut masuk ke dalam zona merah penyebaran COVID-19.

Dari 494 RW di Jakut, ada sebanyak 29 RW yang masuk ke dalam zona merah. Hal itu dikarenakan adanya warga yang terinfeksi COVID-19. Sementara untuk 454 RW lainnya yang masih dalam zona putih harus dijaga dengan cara menutup beberapa akses mobilitas warga. Inisiatif tersebut pun mendapat apresiasi dari Wakil Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim.

Cegah COVID-19, Jakarta Utara Akan Lakukan Pembatasan Jalan Mandiri

“Kami (Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara) mengucapkan terima kasih kepada pengurus RT/RW se-Jakarta Utara karena sudah berinisiatif dan berdedikasi mengajak warga bersama-sama mewaspadai penularan COVID-19. Penutupan sebagian akses mobilitas di gang dan jalan tentunya bagus untuk mencegah penyebaran virus dari tingkat terkecil, RT/RW,” kata Ali yang juga mengemban tugas sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jakarta Utara.

[Baca Juga: Sejumlah Mall di Depok Tutup untuk Cegah Penularan COVID-19]

Dalam penerapannya, nantinya penutupan sebagian akses mobilitas wilayah ini juga akan dikoordinasikan dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tingkat Jakarta Utara yang berisi unsur pemerintah, TNI-Polri, Palang Merah Indonesia (PMI), tim kesehatan, hingga unsur masyarakat.

Untuk diketahui beberapa keluarahan di Jakarta Utara yang rawan terjadi penyebaran Virus Corona adalah kelurahan Ancol, Pademangan Barat, Pluit, Sunter Agung, Pejagalan, Sungai Bambu, dan Kebon Bawang.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.