Cegah COVID-19, Jakarta Utara Akan Lakukan Pembatasan Jalan Mandiri

Berita Kawasan

Cegah COVID-19, Jakarta Utara Akan Lakukan Pembatasan Jalan Mandiri

DKI Jakarta masih menjadi Provinsi dengan kasus COVID-19 terbanyak di Indonesia. Bahkan semakin hari semakin bertambah jumlah pasien yang terinfeksi Virus Corona SARS-CoV ini. Melihat dari laman corona.jakarta.go.id, sampai dengan Kamis, 2 April 2020 pukul 06.00 WIB, jumlah kasus pasien positif COVID-19 mencapai 816 orang dengan korban meninggal sebanyak 90 orang.

Jika hal tersebut tidak segera dicegah, dikhawatirkan jumlah pasien positif akan terus bertambah. Untuk itu, membatasi diri bisa jadi solusi di tengah pandemi ini. Seperti yang dilakukan sejumlah pengurus Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di Jakarta Utara (Jakut).

[Baca Juga: Antisipasi Covid-19, Pemkot Jakarta Barat Tutup Akses 2 Kelurahan Ini]

Mereka berinisiatif menutup sebagian akses mobilitas masyarakat setelah beberapa kali melakukan rapat bersama warga guna mencegah penyebaran Virus Corona SARS-CoV-2. Bukan tanpa alasan, sebab saat ini sebagian kecil RW di wilayah Jakut masuk ke dalam zona merah penyebaran COVID-19.

Dari 494 RW di Jakut, ada sebanyak 29 RW yang masuk ke dalam zona merah. Hal itu dikarenakan adanya warga yang terinfeksi COVID-19. Sementara untuk 454 RW lainnya yang masih dalam zona putih harus dijaga dengan cara menutup beberapa akses mobilitas warga. Inisiatif tersebut pun mendapat apresiasi dari Wakil Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim.

Cegah COVID-19, Jakarta Utara Akan Lakukan Pembatasan Jalan Mandiri

“Kami (Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara) mengucapkan terima kasih kepada pengurus RT/RW se-Jakarta Utara karena sudah berinisiatif dan berdedikasi mengajak warga bersama-sama mewaspadai penularan COVID-19. Penutupan sebagian akses mobilitas di gang dan jalan tentunya bagus untuk mencegah penyebaran virus dari tingkat terkecil, RT/RW,” kata Ali yang juga mengemban tugas sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jakarta Utara.

[Baca Juga: Sejumlah Mall di Depok Tutup untuk Cegah Penularan COVID-19]

Dalam penerapannya, nantinya penutupan sebagian akses mobilitas wilayah ini juga akan dikoordinasikan dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tingkat Jakarta Utara yang berisi unsur pemerintah, TNI-Polri, Palang Merah Indonesia (PMI), tim kesehatan, hingga unsur masyarakat.

Untuk diketahui beberapa keluarahan di Jakarta Utara yang rawan terjadi penyebaran Virus Corona adalah kelurahan Ancol, Pademangan Barat, Pluit, Sunter Agung, Pejagalan, Sungai Bambu, dan Kebon Bawang.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.