Cegah Covid-19, Sejumlah Kelurahan Jakarta Timur Terapkan Karantina Wilayah

Berita Kawasan

Cegah COVID-19, Sejumlah Kelurahan Jakarta Timur Terapkan Karantina Wilayah

Saat ini sudah hampir 900 orang yang didiagnosa positif terinfeksi Virus Corona penyebab penyakit COVID-19 di Jakarta. Sehingga tidak heran bila berbagai wilayah di Ibu Kota berusaha melakukan beragam cara dalam rangka penyebaran virus yang memiliki nama lengkap SARS-CoV-2 tersebut. Hal ini bisa dilihat di wilayah Kelurahan Palmeriam, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. Di mana ada sekitar lima Rukun Warga (RW) yang memutuskan untuk menerapkan karantina wilayah.

Penerapan karantina wilayah ini disebut berdasarkan kesepakatan Forum Rukun Tetangga (RT) dan RW di Kelurahan Palmeriam, Jakarta Timur. Mereka memandang dibutuhkan langkah tegas untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan ini dilakukan dengan penutupan akses keluar-masuk warganya.

Cegah Covid-19, Sejumlah Kelurahan Jakarta Timur Terapkan Karantina Wilayah

Lurah Palmerian Rasanto, memangdang bahwa karantina wilayah penting dalam memutus mata rantai virus Corona yang memang saat ini berstatus sebagai pendemi di dunia. “Dari 10 RW di Palmeriam, lima RW sudah melakukan karantina wilayah, yang lainnya akan menyusul. Isi sudah dilakukan kesepakatan bersama, tujuan adanya filterisasi dalam memberikan rasa aman bagi masyarakat di lingkungan atas bahaya penulranan Corona,” sebutnya, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (2/4/2020).

[Baca Juga: Bahas Virus Corona, Pemkot Jakarta Timur Kunjungi Institusi Pendidikan]

Dengan karantina wilayah ini, selain pergerakan warga yang dibatasi, siapapun yang masuk ke lima RW tersebut harus mengikuti prosedurnya. Hal ini dilakukan dengan warga yang masuk harus disemprotkan cairan disinfektan terlebih dahulu serta menggunakan hand sanitizer sebelum ia bisa sepenuhnya masuk ke kawasan ini.

Selain karantina wilayah, kegiatan pencegahan COVID-19 lainnya juga turut dilaksanakan oleh para petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Timur, seperti yang dilakukan di kecamatan Cakung pada kamis pekan ini. Dengan petugas Satpol PP yang menyisir kawasan dengan kerumuman warga untuk memberikan imbauan terkait penyebaran Virus Corona.

[Baca Juga: Pemkot Bogor Terapkan Karantina Wilayah Parsial]

Pada pekan ini, petugas menyisir tiga kelurahan di Kecamatan Cakung yang dimulai dari area Terminal Pulogebang yang memang sering dijadikan tempat berkumpul para pedagang. Lalu petugas Satpol PP melanjutkan dengan mendatangi jalan Dr. Seomarno dan jalan Dr. KRT. Radjiman Widyoningrat yang berada di wilayah Kelurahan Jatinegara serta Rawa Terate.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.