Cegah Covid-19, Sejumlah Kelurahan Jakarta Timur Terapkan Karantina Wilayah

Berita Kawasan

Cegah COVID-19, Sejumlah Kelurahan Jakarta Timur Terapkan Karantina Wilayah

Saat ini sudah hampir 900 orang yang didiagnosa positif terinfeksi Virus Corona penyebab penyakit COVID-19 di Jakarta. Sehingga tidak heran bila berbagai wilayah di Ibu Kota berusaha melakukan beragam cara dalam rangka penyebaran virus yang memiliki nama lengkap SARS-CoV-2 tersebut. Hal ini bisa dilihat di wilayah Kelurahan Palmeriam, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. Di mana ada sekitar lima Rukun Warga (RW) yang memutuskan untuk menerapkan karantina wilayah.

Penerapan karantina wilayah ini disebut berdasarkan kesepakatan Forum Rukun Tetangga (RT) dan RW di Kelurahan Palmeriam, Jakarta Timur. Mereka memandang dibutuhkan langkah tegas untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan ini dilakukan dengan penutupan akses keluar-masuk warganya.

Cegah Covid-19, Sejumlah Kelurahan Jakarta Timur Terapkan Karantina Wilayah

Lurah Palmerian Rasanto, memangdang bahwa karantina wilayah penting dalam memutus mata rantai virus Corona yang memang saat ini berstatus sebagai pendemi di dunia. “Dari 10 RW di Palmeriam, lima RW sudah melakukan karantina wilayah, yang lainnya akan menyusul. Isi sudah dilakukan kesepakatan bersama, tujuan adanya filterisasi dalam memberikan rasa aman bagi masyarakat di lingkungan atas bahaya penulranan Corona,” sebutnya, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (2/4/2020).

[Baca Juga: Bahas Virus Corona, Pemkot Jakarta Timur Kunjungi Institusi Pendidikan]

Dengan karantina wilayah ini, selain pergerakan warga yang dibatasi, siapapun yang masuk ke lima RW tersebut harus mengikuti prosedurnya. Hal ini dilakukan dengan warga yang masuk harus disemprotkan cairan disinfektan terlebih dahulu serta menggunakan hand sanitizer sebelum ia bisa sepenuhnya masuk ke kawasan ini.

Selain karantina wilayah, kegiatan pencegahan COVID-19 lainnya juga turut dilaksanakan oleh para petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Timur, seperti yang dilakukan di kecamatan Cakung pada kamis pekan ini. Dengan petugas Satpol PP yang menyisir kawasan dengan kerumuman warga untuk memberikan imbauan terkait penyebaran Virus Corona.

[Baca Juga: Pemkot Bogor Terapkan Karantina Wilayah Parsial]

Pada pekan ini, petugas menyisir tiga kelurahan di Kecamatan Cakung yang dimulai dari area Terminal Pulogebang yang memang sering dijadikan tempat berkumpul para pedagang. Lalu petugas Satpol PP melanjutkan dengan mendatangi jalan Dr. Seomarno dan jalan Dr. KRT. Radjiman Widyoningrat yang berada di wilayah Kelurahan Jatinegara serta Rawa Terate.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.