Cegah COVID-19, Waktu Operasional Pasar Ar-Riyadh Mampang Berubah

Berita Kawasan

Cegah COVID-19, Waktu Operasional Pasar Ar-Riyadh Mampang Berubah

Waktu operasional Pasar Ar-Riyadh di Kecamatan Mampang Prapatan berubah sejak 27 Maret 2020 demi mencegah penyebaran COVID-19. Bagi pedagang yang memiliki kios dapat berjualan hingga pukul 17.00 WIB, sedangkan pedagang yang membuka lapak di pinggir jalan hanya boleh berjualan sampai pukul 10.00 WIB.

Hal ini sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kelurahan Mampang Prapatan, Kecamatan Mampang Prapatan, Kota Administrasi Jakarta Selatan.

“Nanti pas sore ada Satpol PP sama petugas kelurahan yang pada dateng buat nertibin pedagang-pedagang yang nakal,” tutur Najatun Wildah, warga keluarahan Mampang Prapatan kepada Pingpoint.co.id (28/3/2020).

Cegah COVID-19, Waktu Operasional Pasar Ar-Riyadh Mampang Berubah

Naja mengatakan, rumahnya berada tepat di wilayah operasional Pasar Ar-Riyadh, yaitu Jalan Tegal Parang III. Pasar Ar-Riyadh tidak seperti pasar pada umumnya yang memiliki bangunan tersendiri. Pasar tersebut layaknya pasar kaget yang terletak di sepanjang Jalan Tegal Parang II dan Tegal Parang III, RW 04 Kelurahan Mampang Prapatan.

Pasar ini menyediakan berbagai kebutuhan konsumsi rumah tangga seperti sayur mayur, sembako, hingga kebutuhan sandang seperti kerudung dan seragam sekolah.

[Baca Juga: Tenaga Medis COVID-19 Dapat Penginapan Nyaman dari Pemprov DKI]

Sebelum adanya kebijakan perubahan jam operasional, pedagang berjualan sejak subuh hingga pukul 21.00 WIB. Sehari sebelum pelaksanaan kebijakan, yaitu pada 26 Maret 2020, pasar ditutup sementara karena disemprot disinfektan. Tak hanya wilayah pasar, RW 04 Kelurahan Mampang Prapatan secara keseluruhan juga sudah disemprot disinfektan sebanyak dua kali, yaitu pada 21-22 Maret 2020.

Nama pasar diambil dari nama salah satu masjid yang ada di Kelurahan Mampang Prapatan, yaitu Masjid Ar-Riyadh. Masjid yang terletak di Jalan Tegal Parang IV ini sudah dua kali tidak mengadakan kegiatan Sholat Jumat selama masa Pandemi COVID-19, yaitu sejak 13 Maret 2020.

[Baca Juga: Tangkal Simpang Siur Informasi COVID-19, Jakarta Luncurkan Jala Hoaks]

Kelurahan Mampang Prapatan merupakan satu dari lima kelurahan yang ada di Kecamatan Mampang Prapatan. Di kelurahan ini, terdapat pula salah satu bank sampah aktif di DKI Jakarta, yaitu Bank Sampah Mekar Sari yang ada di RW 06.

Letakanya yang strategis dengan perkantoran dan kampus seperti Bank Mega, Trasnsmedia, dan Universitas Paramadina membuat banyak bangunan kontrakan di wilayah tersebut.

Terhitung sampai 28 Maret 2020, ada sebanyak 603 kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta. Sebanyak 43 orang sembuh dan 62 orang meninggal dunia dari jumlah kasus positif tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.