Cegah COVID-19, Waktu Operasional Pasar Ar-Riyadh Mampang Berubah

Berita Kawasan

Cegah COVID-19, Waktu Operasional Pasar Ar-Riyadh Mampang Berubah

Waktu operasional Pasar Ar-Riyadh di Kecamatan Mampang Prapatan berubah sejak 27 Maret 2020 demi mencegah penyebaran COVID-19. Bagi pedagang yang memiliki kios dapat berjualan hingga pukul 17.00 WIB, sedangkan pedagang yang membuka lapak di pinggir jalan hanya boleh berjualan sampai pukul 10.00 WIB.

Hal ini sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kelurahan Mampang Prapatan, Kecamatan Mampang Prapatan, Kota Administrasi Jakarta Selatan.

“Nanti pas sore ada Satpol PP sama petugas kelurahan yang pada dateng buat nertibin pedagang-pedagang yang nakal,” tutur Najatun Wildah, warga keluarahan Mampang Prapatan kepada Pingpoint.co.id (28/3/2020).

Cegah COVID-19, Waktu Operasional Pasar Ar-Riyadh Mampang Berubah

Naja mengatakan, rumahnya berada tepat di wilayah operasional Pasar Ar-Riyadh, yaitu Jalan Tegal Parang III. Pasar Ar-Riyadh tidak seperti pasar pada umumnya yang memiliki bangunan tersendiri. Pasar tersebut layaknya pasar kaget yang terletak di sepanjang Jalan Tegal Parang II dan Tegal Parang III, RW 04 Kelurahan Mampang Prapatan.

Pasar ini menyediakan berbagai kebutuhan konsumsi rumah tangga seperti sayur mayur, sembako, hingga kebutuhan sandang seperti kerudung dan seragam sekolah.

[Baca Juga: Tenaga Medis COVID-19 Dapat Penginapan Nyaman dari Pemprov DKI]

Sebelum adanya kebijakan perubahan jam operasional, pedagang berjualan sejak subuh hingga pukul 21.00 WIB. Sehari sebelum pelaksanaan kebijakan, yaitu pada 26 Maret 2020, pasar ditutup sementara karena disemprot disinfektan. Tak hanya wilayah pasar, RW 04 Kelurahan Mampang Prapatan secara keseluruhan juga sudah disemprot disinfektan sebanyak dua kali, yaitu pada 21-22 Maret 2020.

Nama pasar diambil dari nama salah satu masjid yang ada di Kelurahan Mampang Prapatan, yaitu Masjid Ar-Riyadh. Masjid yang terletak di Jalan Tegal Parang IV ini sudah dua kali tidak mengadakan kegiatan Sholat Jumat selama masa Pandemi COVID-19, yaitu sejak 13 Maret 2020.

[Baca Juga: Tangkal Simpang Siur Informasi COVID-19, Jakarta Luncurkan Jala Hoaks]

Kelurahan Mampang Prapatan merupakan satu dari lima kelurahan yang ada di Kecamatan Mampang Prapatan. Di kelurahan ini, terdapat pula salah satu bank sampah aktif di DKI Jakarta, yaitu Bank Sampah Mekar Sari yang ada di RW 06.

Letakanya yang strategis dengan perkantoran dan kampus seperti Bank Mega, Trasnsmedia, dan Universitas Paramadina membuat banyak bangunan kontrakan di wilayah tersebut.

Terhitung sampai 28 Maret 2020, ada sebanyak 603 kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta. Sebanyak 43 orang sembuh dan 62 orang meninggal dunia dari jumlah kasus positif tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.