Cegah COVID-19, Warga Depok Buat Gerbang Disinfektan Otomatis

Berita Kawasan

Cegah COVID-19, Warga Depok Buat Gerbang Disinfektan Otomatis

Pencegahan penularan COVID-19 tidak hanya datang dari pemerintah, tetapi juga warga. Warga Kota Depok, khusunya RW 06 Komplek Marinir, Kelurahan Rangkapan Jaya, Pancoran Mas membuat Gerbang Disinfektan Otomatis (GDO) di depan pintu masuk komplek.

Melansir berita.depok.go.id (26/03/2020), cara kerja GDO ini yaitu setiap kendaraan roda empat dan dua yang melewati pintu masuk komplek akan otomatis terkena semprotan disinfektan. Hal ini karena GDO memasang alat yang mampu mendeteksi setiap kendaraan yang melewatinya. Oleh karenanya, pengendara yang lewat diimbau untuk pelan-pelan saat melintas GDO.

Cegah COVID-19, Warga Depok Buat Gerbang Disinfektan Otomatis

Namun, tak semua kendaraan dapat disemprot disinfektan. Hal ini dijelaskan Wakil Ketua RW 06 Iswantoro. “Setiap kendaraan yang lewat harus pelan-pelan agar tersemprot disinfektan. Maksimal mobil jenis minibus yang boleh melintas, karena tenda tidak memadai untuk mobil berukuran besar,” jelas Iswantoro.

Upaya ini dipaparkan olehnya merupakan inisiatif warga Komplek Marinir untuk mencegah penularan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) ke dalam lingkungan mereka. Pada praktiknya, GDO tidak dilepas begitu saja selama beroperasi, tetapi terdapat tugas yang menjaganya.

[Baca Juga: Gojek Berikan Bantuan Dana untuk Mitra Hadapai Pandemi Covid-19]

Pembuatan GDO beserta cairan disinfektannya menggunakan uang kolektif warga. Warga berkomitmen untuk menyisihkan uang secara sukarela. Akan tetapi, Iswantoro menjelaskan apabila ada bantuan dari PMI dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dalam pemberian cairan disinfektan. Rencananya, warga akan membangun GDO lagi di dua titik di Komplek Marinir sementara GDO yang saat ini terpasang akan beroperasi selama satu bulan ke depan.

Terhitung sampai 26 Maret 2020, terdapat 20 kasus positif COVID-19 di Kota Depok. Sebanyak empat orang sembuh dan satu orang meninggal dunia dari total kasus tersebut.

[Baca Juga: Prioritaskan Jabodetabek, Ini Kriteria Pasien COVID-19 di Wisma Atlet]

Sementara itu, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, ada 175 Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Ia juga menjelaskan, terdapat sembilan PDP yang meninggal dunia. Status PDP tersebut belum dapat dipastikan positif COVID-19 atau tidak. Hal ini karena belum keluarnya hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) dari para PDP tersebut.

“Pelu dipahami PDP belum bisa dinyatakan positif atau negatif Corona, karena harus menunggu hasil PCR, yang datanya dikeluarkan oleh PHEOC (Public Health Emergency Operating Center) Kemenkes RI,” paparnya. Lebih lanjut, Ia mengatakan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kota Depok hingga 26 Maret 2020 adalah 649 orang.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.