Cegah DBD Warga Pondok Bambu Jakarta Timur Sebar Ikan Cupang 1.jpg

Berita Kawasan

Cegah DBD, Warga Pondok Bambu Jakarta Timur Sebar Ikan Cupang

Penyakit demam berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang berbahaya jika tidak ditangani dengan serius. Penyakit demam berdarah disebabkan virus dengue yang disebarkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Wedes albopictus.

Dulu, penyakit DBD disebut dengan penyakit break bone karena menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang terasa seperti retak. Demam berdarah rigan menyebabkan demam yang tinggi, ruam, nyeri otot, dan sendi.

[Baca Juga: Warga Tanjung Priok Manfaatkan Saluran Air untuk Budidaya Lele]

Sedangkan demam berdarah yang parah atau juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever ini dapat menyebabkan pendarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba, dan dapat berujung kematian.

Menyikapi hal itu, berbagai upaya dilakukan warga untuk mencegah penyakit demam bedarah dengue. Mulai dari aksi bersih-bersih lingkungan, menggiatkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) hingga menebar ikan cupang (Betta sp.) yang dikenal sebagai pemangsa jentik nyamuk.

Ikan Cupang Betta sp sebagai pemangsa jetik nyamuk

Seperti yang dilakukan warga RW 08, Kelurahan Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur. Warga di wilayah ini menebar ratusan ikan cupang di saluran air pemukiman warga yang berfungsi untuk memakan jentik nyamuk.

Salah seorang warga RW 08, Joko Martono mengatakan, penyebaran ikan cupan tersebut merupakan salah satu cara pemberantasan sarang nyamuk. “Selain melakukan pembersihan lingkungan seminggu tiga kali, kami juga melakukan PSN untuk mencegah DBD,” katanya mengutip dari Berita Jakarta (7/3/2019).

[Baca Juga: 5 Cara Mengusir Nyamuk yang Anti-Mainstream]

Dirinya menambahkan, PSN biasanya dilakukan melibatkan 20 hingga 30 warga berasal dari unsur pengurus RT atau RW, Juru Pemantau Jentik (Jumantik), personil dari Petugas Penanganan Pra Sarana dan Sarana Umum (PPSU).

Cegah DBD Warga Pondok Bambu Jakarta Timur Sebar Ikan Cupang

Ketua RW 08 Elsye Pongoh menambahkan, pemberantasan sarang nyamuk biasanya dilakukan di kebun, tanah kosong hingga saluran air salah satunya dengan menebar ikan cupang. Total ikan cupang yang disebar sebanyak 100 ekor.

Lurah Pondok Bambu Angga Sastra Amidjaya mengatakan, penyebaran ikan cupang di saluran air ini sebagai upaya pencegahan penyakit demam berdarah dengue. Dengan begitu, pihaknya membagikan ribuan ekor ikan cupang ke 13 RW yang ada di kelurahan Pondok Bambu. “Masing-masing RW mendapatkan 100 ekor ikan cupang agar ditebar ke saluran air,” kata Angga.

[Baca Juga: Warga Tangsel Cegah DBD dengan Tanam Lavender]

Sementara itu, menurut Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, jumlah pasien penyakit demam berdarah dengue di Jakarta cukup tinggi. Hingga per 31 Januari 2019, tercatat sudah mencapai 813 jiwa.

Dari lima Kota Adminitrasi Jakarta, Jakarta Selatan memiliki tingkat jumlah penderita paling tinggi. Jumlah penderita penyakit demam berdarah itu ada 277 jiwa. Di Jakarta Timur ada 226 jiwa, Jakarta Barat ada 230 jiwa, sisanya di Jakarta Utara dan Jakarta Pusat.

Tren kasus demam berdarah dengue ini kemungkinan terus bertambah hingga April mendatang lantaran musim hujan berlangsung sampai bulan itu. Dengan begitu diharapkan agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan pemberantasan sarang nyamuk

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.