3M Cegah Demam Berdarah 2.jpg

Kesehatan

Cegah Demam Berdarah dengan 3M Plus

Belakangan ini seringkah Anda melihat lingkungan Anda diberi pengasapan atau fogging nyamuk untuk menghindari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebakan oleh virus Dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albocpictus. Melansir dari depkes.go.id (28/1/2019), di Indonesia penyakit ini menyebar dengan luas dan merata.

Penyakit ini biasanya menimbulkan rasa tak nyaman gejala demam berdarah yang paling umum adalah demam mendadak, sakit kepala, nyeri pada bagian mata, mual, pendarahan seperti mimisan, dan kemerahan pada bagian permukaan tubuh. Anda pun bisa melihat gejala-gejala ini, awalnya, DBD akan diawali dengan demam naik turun selama 2-7 hari. Namun banyak orang yang kurang paham, saat demamnya turun banyak yang mengira penyakit sudah sembuh, padahal jika dalam fase ini penderita tidak ditangani dokter bisa berisiko.

[Baca Juga: Cegah Demam Berdarah dengan Lakukan Hal Ini]

Trombosit pada tubuh Anda bisa turun secara drastis akibat pemecahan pembuluh darah ketika fase tersebut berlangsung. Tak lama, para penderita bisa mengalami demam tinggi kembali, jika penanganannya tepat fase ini bisa jadi fase pemulihan sehingga trombosit kembali normal.

Oleh karena itu, pemerintah sangat rajin melakukan sosialisasi untuk mencegah penyakit DBD. Sosialisasi ini bertujuan untuk mencegah penderita DBD Maka dari itu, pemerintah perlu masyarakat yang aktif dan waspada mengenai hal ini. Pemkot DKI Jakarta sendiri memiliki gerakan agar warganya waspada terhadap DBD, yaitu Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (G1R1J).

Genangan Air di Ban Bekas Jadi Sarang Nyamuk DBD

Gerakan ini mendorong masyarakat untuk melaksanakan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) 3 M Plus di tempat tinggal masing-masing. Langkah PSN 3M Plus yang dimaksud untuk mencegah demam berdarah di antaranya adalah:

  1. Menguras penampungan air
  2. Menutup penampungan air
  3. Mengubur barang bekas

Sedangkan yang dimaksud plus adalah,

  1. Menaburkan bubuk larvasida di penampungan air
  2. Menggunakan kelambu
  3. Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk
  4. Menggunakan obat nyamuk/memakai losion antinyamuk
  5. Memakai baju yang melindungi gigitan nyamuk
  6. Memasang kawat anti nyamuk di ventilasi
  7. Menghindari kebiasaan menggantung pakaian
  8. Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah

[Baca Juga: 5 Cara Mengusir Nyamuk yang Anti-Mainstream]

“Saya berpesan untuk masyarakat agar turut andil melaksanakan kegiatan 3M, yaitu Menguras, Menutup, dan Mengubur di lingkungannya. Perhatikan pula tempat terbuka dan lahan kosong dan barang bekas yang menumpuk agar tak ada jentik nyamuk di sekitar tempat tinggal kita sendiri,” kata Walikota Jakarta Timur Uus Kuswanto (25/1/2018) seperti yang dilansir dari timur.jakarta.go.id.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.

Rayakan Ulang Tahun ke-11, tiket.com Gelar Promo Ann11versary.jpg

Bisnis

Rayakan Ulang Tahun ke-11, tiket.com Gelar Promo Ann11versary

11 August 2022, 15:09

Bagi Anda yang berencana liburan, baik ke dalam dan luar negeri, maka bisa memanfaatkan berbagai potongan harga serta deal dari tiket.com dalam momen perayaan Ann11versary.

Festival Literasi Digelar di Koja Trade Mall Hingga 15 Agustus 202 2.jpg

Pendidikan

Festival Literasi Digelar di Koja Trade Mall Hingga 15 Agustus 2022

11 August 2022, 11:13

Jelang HUT RI ke-77, Pemkot Jakarta Utara menggelar Festival Literasi Merah Putih Ceria di Koja Trade Mall untuk edukasi literasi bagi anak-anak.


Comments


Please Login to leave a comment.