3M Cegah Demam Berdarah 2.jpg

Kesehatan

Cegah Demam Berdarah dengan 3M Plus

Belakangan ini seringkah Anda melihat lingkungan Anda diberi pengasapan atau fogging nyamuk untuk menghindari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebakan oleh virus Dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albocpictus. Melansir dari depkes.go.id (28/1/2019), di Indonesia penyakit ini menyebar dengan luas dan merata.

Penyakit ini biasanya menimbulkan rasa tak nyaman gejala demam berdarah yang paling umum adalah demam mendadak, sakit kepala, nyeri pada bagian mata, mual, pendarahan seperti mimisan, dan kemerahan pada bagian permukaan tubuh. Anda pun bisa melihat gejala-gejala ini, awalnya, DBD akan diawali dengan demam naik turun selama 2-7 hari. Namun banyak orang yang kurang paham, saat demamnya turun banyak yang mengira penyakit sudah sembuh, padahal jika dalam fase ini penderita tidak ditangani dokter bisa berisiko.

[Baca Juga: Cegah Demam Berdarah dengan Lakukan Hal Ini]

Trombosit pada tubuh Anda bisa turun secara drastis akibat pemecahan pembuluh darah ketika fase tersebut berlangsung. Tak lama, para penderita bisa mengalami demam tinggi kembali, jika penanganannya tepat fase ini bisa jadi fase pemulihan sehingga trombosit kembali normal.

Oleh karena itu, pemerintah sangat rajin melakukan sosialisasi untuk mencegah penyakit DBD. Sosialisasi ini bertujuan untuk mencegah penderita DBD Maka dari itu, pemerintah perlu masyarakat yang aktif dan waspada mengenai hal ini. Pemkot DKI Jakarta sendiri memiliki gerakan agar warganya waspada terhadap DBD, yaitu Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (G1R1J).

Genangan Air di Ban Bekas Jadi Sarang Nyamuk DBD

Gerakan ini mendorong masyarakat untuk melaksanakan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) 3 M Plus di tempat tinggal masing-masing. Langkah PSN 3M Plus yang dimaksud untuk mencegah demam berdarah di antaranya adalah:

  1. Menguras penampungan air
  2. Menutup penampungan air
  3. Mengubur barang bekas

Sedangkan yang dimaksud plus adalah,

  1. Menaburkan bubuk larvasida di penampungan air
  2. Menggunakan kelambu
  3. Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk
  4. Menggunakan obat nyamuk/memakai losion antinyamuk
  5. Memakai baju yang melindungi gigitan nyamuk
  6. Memasang kawat anti nyamuk di ventilasi
  7. Menghindari kebiasaan menggantung pakaian
  8. Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah

[Baca Juga: 5 Cara Mengusir Nyamuk yang Anti-Mainstream]

“Saya berpesan untuk masyarakat agar turut andil melaksanakan kegiatan 3M, yaitu Menguras, Menutup, dan Mengubur di lingkungannya. Perhatikan pula tempat terbuka dan lahan kosong dan barang bekas yang menumpuk agar tak ada jentik nyamuk di sekitar tempat tinggal kita sendiri,” kata Walikota Jakarta Timur Uus Kuswanto (25/1/2018) seperti yang dilansir dari timur.jakarta.go.id.

Read More

Artikel Lainnya

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik Ini 3 Tendensi Penentunya

Kesehatan

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik? Ini 3 Tendensi Penentunya

30 September 2020, 15:03

Mengartikan tingkat narsistik "normal" itu rumit, tetapi tiga tendensi penentu berikut dapat lebih memperjelas apa masalah yang Anda hadapi.

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam .jpg

Bisnis

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam

30 September 2020, 14:02

Pepen baru-baru ini mengumpulkan semua pengusaha kafe hingga hiburan malam demi mencegah keadaan seperti di Kafe Broker Galaxy Bekasi kembali terjadi.

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok .jpg

Berita Kawasan

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok

30 September 2020, 13:05

Mulai pekan depan Gubernur Jawa Barat akan berkantor di Kota Depok untuk langsung mengawasi penangangan COVID-19 di wilayah Bodebek.

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19 .jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19

30 September 2020, 12:10

Setelah menjalani perawatan di rumah sakit akibat COVID-19, Wali Kota Jakarta Barat akhirnya kembali beraktivitas setelah pulih sepenuhnya.


Comments


Please Login to leave a comment.