Cegah Demam Berdarah.jpg

Kesehatan

Cegah Demam Berdarah dengan Lakukan Hal Ini

Demam Berdarah (DBD) yang timbul karena salah satu dari empat virus dengue yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti harus kita waspadai. Karena penyakit ini bisa membuat badan menjadi lemas dan membuat badan kita perlu istirahat total di rumah sakit. Biasanya, gejala DBD dimulai 4-10 hari setelah digigit nyamuk Aedes Aegypti yang terinfeksi. DBD tidak dapat menular dari orang ke orang.

Gejala dan tanda-tanda yang biasa dialami orang yang terkena DBD adalah: deman tinggi hingga mencapai 41 derajat celsius, sakit kepala, nyeri otot, tulang, dan sendi. Nyeri atau rasa sakit di bola mata, ruam atau bintik merah pada kulit, mual dan muntah.

[Baca Juga: Cara Atasi Bahaya Nyamuk Pantai di Jakarta]

Jika Anda terdapat gejala-gejala tersebut segeralah periksa ke dokter untuk penanganan yang khusus. Karena pembuluh darah seringkali rusak dan bocor dan jumlah gumpalan sel trombosit dalam aliran darah akan menurun. Untuk penyembuhannya butuh waktu lama sekitar seminggu atau bahkan lebih.

Bagaimana cara mencegahnya. Berikut beberapa cara mencegah penyakit yang terkena infeksi serangan nyamuk mengutip laman hellosehat.com (15/01/2017).

1. Membersihkan Bak Mandi Seminggu Sekali

Air adalah sarangnya perkembangbiakkan nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk akan bertelur pada dinding bak yang terisi air, kemudian larva nyamuk akan mendapatkan makanan dari mikroorganisme yang hidup di sekitarnya. Selama masa ini, larva akan berkembang biak dan ketika larva nyamuk sudah cukup kuat, akan berubah menjadi pupa yang mengalami perubahan bentuk hingga akhirnya menjadi nyamuk biasa yang siap terbang.

Bersihkan bak mandi satu minggu sekali, dengan membersihkan bak mandi siklus hidup nyamuk Aedes Aegypti akan terhenti.

2. Memerhatikan Perabotan Rumah Tangga yang Menampung Air

Wadah yang dapat menampung air berpotensi menjadi sarang nyamuk. Bersihkan wadah tersebut minimal dua kali seminggu agar nyamuk demam berdarah tidak muncul dengan mudah.

3. Menggunakan Kasa Nyamuk

Pasang kasa nyamuk pada pintu dan jendela yang berlubang untuk mencegah masuknya nyamuk dari luar rumah rumah.

4. Jangan Menumpuk atau Menggantung Baju Terlalu Lama

Jika Anda terbiasa menggantung baju di balik pintu, perhatikanlah gantungan baju. Jangan menumpuk atau menggantung baju terlalu lama karena baju kotor yang menumpuk, dapat menjadi tempat favorit untuk dihinggapi nyamuk.

5. Pakai Losion Anti-Nyamuk.

Pakailah losion anti nyamuk di sekitar tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian. Pakailah saat tidur, karena nyamuk demam berdarah aktif pada malam hari.

Melansir dari laman beritajakarta.id (14/01/2019), Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan penjajakan kerja sama dengan meteorologi, klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait upaya-upaya untuk mencegah atau menekan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

[Baca Juga: Siswi Ini Berhasil Membuat Aplikasi untuk Bantu Donor Darah]

Dengan iklim yang bersuhu panas ini, Nyamuk Demam Berdarah suka sekali berkembang biak, maka Jagalah kesehatan Anda dan keluarga sebelum terkena penyakit, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Dan segera hubungi dokter jika terkena DBD yang berlangsung hingga tiga hari.

Read More

Artikel Lainnya

Kisah #AksiHidupBaik Sang Inisiator Penghijauan Kelurahan Karang Anyar

Berita Kawasan

Kisah #AksiHidupBaik Sang Inisiator Penghijauan Kelurahan Karang Anyar

18 November 2019, 19:00

Euis Kurniawati adalah salah satu nominasi Ibu Ibukota Awards Bidang Pelestarian Lingkungan. Simak #AksiHidupBaik yang dilakukannya di sini.

Kapal Pembersih Sungai Siap Dioperasikan di Kota Bekasi

Berita Kawasan

Kapal Pembersih Sungai Siap Dioperasikan di Kota Bekasi

18 November 2019, 18:00

Kapal pembersih sungai yang diberikan oleh Waste4Change ini mampu menjaring sampah setidaknya 200-300 kilogram.

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Lari Untuk Pemula

Kesehatan

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Lari untuk Pemula

18 November 2019, 17:00

Pemilihan sepatu lari yang pas berpengaruh terhadap performa loh. Salah-salah malah bikin kaki kamu terkilir. Berikut tips bagi kalian yang ingin membeli sepatu lari.

Sekolah Pribumi Pertama di Batavia Ada di Cikini

Berita Kawasan

Sekolah Pribumi Pertama di Batavia Ada di Cikini

18 November 2019, 16:00

Gedung sekolah yang kini menjadi SMPN 1 Jakarta ini ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Inilah sejarah sekolah pribumi pertama di Batavia.


Comments


Please Login to leave a comment.