Kemampuan Literasi Digital.jpg

Pendidikan

Cegah Intoleransi dan Radikalisme, Generasi Muda Harus Melek Literasi Digital

Saat ini, masih banyak persoalan yang belum terselesaikan tentang intoleransi, radikalisme, dan terorisme di masyarakat. Apalagi di media sosial, telah banyak akun-akun anonym yang menyebarkan ujaran kebencian dan radikalisme.

Melihat hal tersebut, Universitas Padjadjaran mengadakan webinar secara daring yang berjudul “Mencegah Tindakan Radikalisme dan Intoleransi di Lingkungan Kampus” pada Selasa (14/9). Dalam acara tersebut, dihadiri pula oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Komjen Pol Boy Rafli Amar.

Boy Rafli Amar mengatakan bahwa generasi muda Indonesia perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap persoalan tersebut. Sebagai calon pemimpin bangsa, generasi muda jangan sampai mengalami disorientasi terhadap bangsanya. “Konten-konten seperti radikalisme intoleran itu begitu leluasa di era global ini. Begitu leluasa dapat kita akses di sosial media,” kata Boy Rafli pada Webinar Series #1 Pembinaan Mental Kebangsaan, dikutip dari unpad.ac.id (19/9/2021).

Menurut Boy Rafli, salah satu upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah bijak dalam bersosial media. Mengingat saat ini banyak beragam informasi yang tidak valid beredar di sosial media, maka penting kemampuan untuk memilih rujukan yang tepat dalam mengakses informasi agar tidak terprovokasi.

Cegah Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme, Universitas Padjadjaran Gelar Webinar.jpg

Apalagi di tengah pandemi saat ini, ada peningkatan pemanfaatan sosial media dalam penyebarluasan konten radikalisme. Untuk itu perlu adanya kewaspadaan penggunaan media sosial khususnya bagi generasi muda. “Literasi digital terhadap generasi muda ini yang wajib terus kita lakukan,” ujarnya.

Selain bijak sosial media, kata Boy, upaya pencegahan dan penangulangan terorisme pun dapat dilakukan melalui peningkatan wawasan keagamaan, kebangsaan, dan sosial politik.

Lebih lanjut, Boy Rafli juga mengatakan bahwa generasi muda jangan sampai melupakan jati diri bangsa. Perlu pemahaman kuat terkait perjuangan sejarah bangsa untuk dapat dicerna, hayati, dan amalkan. “Dengan melakukan upaya penguatan nilai-nilai luhur bangsa, kita harapkan seluruh generasi muda bangsa Indonesia akan semakin cinta kepada negara ini, karena mencintai negara ini adalah merupakan kewajiban kita bersama tentunya sebagai anak bangsa,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Boy Rafli mengapresiasi webinar yang digelar Unpad dalam mengangkat isu radikalisme dan terorisme ini.

“Saya berterima kasih kepada Unpad karena sudah mengangkat isu ini karena ini adalah persoalan bangsa kita, kewajiban kita semua sebagai anak bangsa untuk menjaga agar apa yang telah diwariskan oleh leluhur kita tetap lestari dari masa ke masa,” ujarnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.