Cegah Jerawat Akibat Penggunaan Masker, Ini Tips dari Dermato-Venerologist dr. Aryani.jpg

Kecantikan dan Fashion

Cegah Jerawat Akibat Penggunaan Masker dari Dermato-Venerologist dr. Aryani

Tak sedikit kaum hawa yang mengeluhkan terkait penggunaan masker yang mereka harus gunakan setiap beraktivitas di luar rumah selama masa pandemi COVID-19. Namun bukan karena mereka merasa tak percaya diri atau tak nyaman akibat susah bernapas tapi keluhan ini berhubungan dengan munculnya jerawat. Karena tahukah Anda ternyata sejak tahun lalu di masa awal pandemi COVID-19, muncul fenomena yang dinamakan maskne? Di mana fenomena ini dipicu oleh kemunculan jerawat yang di wajah yang tertutup masker. Bila Anda mengalaminya, mungkin tips dari Dermato-Venereologist dr. Aryani Sudharmono Sp.KK (K), FINS-DV, FAADV ini dapat bermanfaat untuk mengatasinya.

Cegah Jerawat Akibat Penggunaan Masker, Ini Tips dari Derm ato-Venerologist dr. Aryani.jpg

Menurut dr. Aryani, maskne merupakan fenomena yang memang banyak dikeluhkan oleh pasiennya dan terjadi kepada mereka yang memang kerap banyak beraktivitas di luar rumah. Jerawat ini disebut biasanya dipicu oleh pori-pori tersumbat yang dipicu penumpukan minyak, bakteri, serta kulit mati di wajah Anda. Apalagi ini ditambah oleh terjebaknya pernapasan serta keringat yang menumpuk di area masker sehingga semakin meningkatkan potensi munculnya jerawat.

“Jadi dianjurkan kepada orang yang sering memakai masker untuk lebih sering mencuci wajahnya, misalnya harusnya dua kali menjadi tiga kali. Kalau perlu, kalau terlalu kering (wajahnya), itu bisa kita lakukan pengenceran terhadap sabunnya dan kemudian bisa disiram dengan Aqua (air mineral botolan) atau disiram dengan thermal spring water yang bisa membuat soothing supaya jangan kering (wajahnya),” ungkap dr. Aryani dalam peluncuran La Roche Posay di Indonesia melalui Zoom (3/6/2021).

Fokus Sehatkan Mikrobioma Kulit untuk Cegah Jerawat, La Roche Posay Resmi Hadir di Indonesia.jpg

Menurut dr. Aryani, kondisi ini sebenarnya memang tak bisa dihindari, apalagi penggunaan masker menjadi sesuatu yang wajib di masa pandemi COVID-19. Oleh karena itulah yang Anda bisa lakukan adalah mengurangi potensi jerawatnya maskne semakin banyak. Tapi di sisi lain, ia menegaskan, jika memang jerawatnya dirasa parah, Anda juga dapat rekomendasi dari dokter kulit untuk mempercepat proses penanganan jerawatnya dan hindari self medicating.

“Tentu saja diharapkan pasiennya segera ke dokter. Jadi dokter di samping menasihati bagaimana caranya memakai masker yang baik dan benar supaya tidak terjadi jerawat, juga bisa memberikan obat-obat. Di satu pihak, obat-obat dan produk perawatan yang baik, antara lain nantinya bisa diresepkan juga La Roche Posay misalnya untuk membuat jerawatnya cepat mereda, bahkan sampai hilang sama sekali,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.

Desa Wisata Edelweis

Berita Kawasan

Desa Wisata Edelweis, Tempat Baru dengan Hamparan Bunga Abadi

21 September 2021, 20:08

Baru sekitar satu bulan disediakan café bagi pengunjung di tempat ini. Sebelumnya, tempat ini hanya berupa perkebunan saja.

Permudah Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Dilunc urkan.jpg

Kesehatan

Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Diluncurkan

21 September 2021, 19:07

Dengan menggandeng RS Mitra Keluarga, AlteaCare permudah pasien, khususnya dengan penyakit kronis, berkonsultasi dengan dokter spesialis tanpa perlu keluar dari rumah.

Laque Outfit 3.jpg

Kecantikan dan Fashion

Model Baju Kekinian Ala Drama Korea? Cek di Laque Outfit

21 September 2021, 18:08

Sedang mencari aneka outfit ala Drama Korea? Cobalah untuk melihat-lihat di Laque Outfit, sebuah toko Butik di Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Jessica 3 months lalu
    jessica

    Ayo dukung tim favoritmu menjadi juara Euro Cup 2021 dan dapatkan bonus deposit 1jt hanya di bola165a.com