Cegah Karang Gigi Anda dengan Langkah Mudah Ini

Kesehatan

Cegah Karang Gigi Anda dengan Langkah Mudah Ini

Jika Anda bisa melepas plak secara teratur, Anda dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi permanen. Plak yang menempel pada gigi bisa mengeras dan menjadi karang gigi. Karang gigi bisa dihilangkan dengan alat khusus di dokter gigi. Karang gigi bisa menyulitkan Anda untuk menggosok gigi. Hal ini bisa membuat gigi berlubang dan rusak.

Karang gigi yang terbentuk di atas garis gusi Anda bisa berdampak buruk bagi Anda. Itu karena bakteri di dalamnya dapat mengiritasi dan merusak gusi. Penyakit gusi yang paling ringan disebut gingivitis dan bisa diatasi dengan menggosok gigi, menggunakan benang, menggunakan obat kumur antiseptik, dan rutin memeriksanya ke dokter gigi Anda.

Cegah Karang Gigi Anda dengan Langkah Mudah Ini

Jika tidak segera diatasi, bisa menjadi lebih buruk. Gusi dan gigi akan terinfeksi oleh bakteri yang disebut periodontitis. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda cegah terbentuknya karang gigi agar tidak membahayakan kesehatan gigi Anda. Berikut cara mengatasinya seperti dilansir laman webmd.com (05/09/2019).

  • Menyikat Gigi Secara Teratur

Anda perlu menyikat gigi dua kali sehari selama 2 menit. Jangan menyikatnya hanya 30 detik dua tidak akan menghilangkan plak atau mencegah terbentuknya karang gigi. Gunakan sikat dengan bulu lembut yang cukup kecil untuk masuk ke mulut Anda. Pastikan Anda menyikatnya hingga ke semua bagian gigi.

  • Gunakan Sikat Gigi Elektrik

Penelitian telah menemukan bahwa sikat gigi elektronik dapat menghilangkan plak dengan lebih baik daripada sikat gigi manual.

  • Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Flourida

Pilihlah pasta gigi yang dapat menghilangkan plak gigi dengan kandungan fluorida. Fluorida akan membantu memperbaiki kerusakan gigi. Beberapa produk yang juga memiliki triclosan dapat yang melawan bakteri dalam plak.

  • Gunakan Benang Gigi

Tidak cukup hanya dengan menyikat gigi. Karena dengan menggunakan benang gigi bisa membersihkan plak pada area gigi yang sangat sulit dijangkau.

  • Gunakan Obat Kumur

Anda bisa menggunakan obat kumur antiseptik setiap hari untuk membantu membunuh bakteri yang menyebabkan plak.

  • Perhatikan Makanan Anda

Bakteri di mulut Anda akan tumbuh subur bila mengonsumsi makanan manis dan bertepung. Cobalah untuk makan makanan yang sehat dan batasi jumlah makanan manis. Sikat dan minum banyak air setelah makan.

  • Jangan merokok

Studi menunjukkan bahwa orang yang merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya lebih mudah membentuk karang gigi.

[Baca Juga: Ingin Gigi Terlihat Cantik? Ikuti Tips Berikut Ini]

Bila karang gigi Anda sudah terbentuk, segera kunjungi dokter gigi Anda setiap 6 bulan untuk menghilangkan plak dan karang gigi untuk mencegah masalah lebih lanjut.

[Baca Juga: 5 Kegunaan Lain Dari Pasta Gigi]


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.