Cegah Kebocoran Dinding Rumah Dengan Cat Waterproof

Properti dan Solusi

Cegah Kebocoran Dinding Rumah dengan Cat Waterproof

Cat waterproof atau cat anti air ialah cat pelapis yang tahan air dan bisa digunakan di dalam rumah Anda, khususnya di kamar mandi atau pada balkon lantai atas. Sedangkan untuk penggunaan di luar rumah antara lain bisa digunakan untuk area tangki air. Cat ini biasanya dibuat dengan lateks, minyak atau concrete base yang dapat memberikan kekedapan atau serat tahan air yang kuat.

Di dalam rumah cat ini biasanya digunakan pada permukaan yang terbuat dari beton atau kayu seperti untuk melindungi dinding kamar mandi atau basement dari kebocoran, maupun dari kelembapan yang berlebihan. Ketika diaplikasikan pada dinding semen di ruang bawah tanah maka cat ini akan membantu mengatasi rembesan air dan menjaga pondasi rumah dari kerusakan.

Cegah Kebocoran Dinding Rumah Dengan Cat Waterproof

Cat waterproof digunakan di dalam kamar mandi untuk mencegah kelembapan dan mencegah air merembes ke dinding. Jika kondisi lembap juga masuk ke dalam dinding maka akan menimbulkan jamur dan noda-noda yang kurang enak dipandang dan tentunya juga bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan Anda.

[Baca Juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengecat Rumah Sendiri]

Cat ini dipilih karena cat biasa tidak akan mampu bertahan dengan kondisi lembap yang disebabkan oleh aktivitas di kamar mandi, yang sangat erat kaitannya dengan penggunaan air dalam jumlah banyak. Aplikasi lain yang biasanya menggunakan cat waterproof adalah di tempat yang sering digunakan untuk berbagai macam aktivitas keluarga Anda.

Sebuah pintu masuk rumah merupakan tempat yang sangat cocok untuk mengaplikasikan cat waterproof, karena cat ini bisa dibersihkan dengan mudah jika terkena noda atau kotoran. Bekas tangan anak-anak atau kotoran lain yang mungkin menempel di dinding dapat dibersihkan dengan mudah hanya dengan menggunakan air atau lap basah, tanpa merusak permukaan cat tersebut.

[Baca Juga: 6 Jenis Cat Tembok Dan Fungsinya Bagi Rumah Anda]

Jenis cat waterproof dengan tugas yang lebih berat misalnya digunakan untuk mengecat kapal, tangki air dan sebagainya disebut cat epoxy. Cat ini mengandung bahan kimia yang sangat kuat yang bisa melindungi obyek ketika sedang direndam dalam air. Cat epoxy memiliki zat sealant yang kuat dan biasanya tidak mengandung pelarut sehingga akan mempertahankan ketebalannya pada saat cat mengering.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.