Cegah Kekerasan Seksual yang Sering Terjadi Pada Remaja

Kesehatan

Cegah Kekerasan Seksual yang Sering Terjadi Pada Remaja

Dilansir dari Rappler.com (9/4/2019), Indonesia kini darurat kekerasan terhadap perempuan. Hal ini bisa terjadi lantaran masih minimnya pendidikan yang merata di Indonesia. Selain itu, faktor budaya yang banyak menyumbang pengaruh pada kekerasan terhadap perempuan.

Budaya patriarki yang berkembang di Indonesia membuat perempuan dianggap berada di bawah pria. Hal ini tentu menyalahi hak asasi manusia itu sendiri.

[Baca Juga: Kenapa Harus Hati-Hati Memberitakan Kasus Bunuh Diri?]

Hal lain yang sering terlupakan oleh orang tua remaja atau guru di sekolah, yakni pendidikan tentang bahaya kekerasan seksual yang bisa terjadi terhadap siapapun. Pendidikan seks bagi sebagian besar masyarakat Indonesia masih terlalu tabu untuk dibicarakan, seringnya topik ini muncul ke permukaan saat sudah terlambat.

Pelecehan seksual sendiri ialah perilaku pendekatan-pendekatan yang terkait dengan seks yang tak Diinginkan, termasuk permintaan untuk melakukan seks, dan perilaku lainnya yang secara verbal ataupun fisik merujuk pada seks.

[Baca Juga: Komunitas Peduli Kesehatan Jiwa Into The Light Indonesia]

Namun, Anda perlu mengetahui bahwa kekerasan seksual terhadap siapapun tak hanya dilakukan oleh lawan jenis. Salah seorang siswi di Pontianak, berinisial AY (14) harus menerima pahitnya korban penganiayaan oleh 12 pelajar siswi, pada 9 April 2019.

Kekerasan seksual yang dialami AY semakin menegaskan bahwa Indonesia darurat kekerasan terhadap perempuan.

[Baca Juga: Catcalling, Permasalahan yang Kerap Dialami Perempuan Jakarta]

Para pelaku pelecehan seksual cenderung nekat dan melakukan aksinya. Alasan para pelaku pelecehan seksual melakukan aksinya pun beragam. Anda perlu selalu waspada saat berada di mana pun dan kapan pun. Karena tindakan tak terpuji tersebut bisa dilakukan tanpa pandang bulu.

Anda harus selalu waspada terhadap lingkungan sekitar. Karena pelaku pelecehan seksual tak mesti orang di luar lingkungan Anda. Hindari memiliki masalah dengan teman atau kerabat terdekat Anda. Karena motif dendam biasanya dapat memicu seseorang melakukan tindakan penganiayaan seksual.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.