Cegah Kekerasan Seksual yang Sering Terjadi Pada Remaja

Kesehatan

Cegah Kekerasan Seksual yang Sering Terjadi Pada Remaja

Dilansir dari Rappler.com (9/4/2019), Indonesia kini darurat kekerasan terhadap perempuan. Hal ini bisa terjadi lantaran masih minimnya pendidikan yang merata di Indonesia. Selain itu, faktor budaya yang banyak menyumbang pengaruh pada kekerasan terhadap perempuan.

Budaya patriarki yang berkembang di Indonesia membuat perempuan dianggap berada di bawah pria. Hal ini tentu menyalahi hak asasi manusia itu sendiri.

[Baca Juga: Kenapa Harus Hati-Hati Memberitakan Kasus Bunuh Diri?]

Hal lain yang sering terlupakan oleh orang tua remaja atau guru di sekolah, yakni pendidikan tentang bahaya kekerasan seksual yang bisa terjadi terhadap siapapun. Pendidikan seks bagi sebagian besar masyarakat Indonesia masih terlalu tabu untuk dibicarakan, seringnya topik ini muncul ke permukaan saat sudah terlambat.

Pelecehan seksual sendiri ialah perilaku pendekatan-pendekatan yang terkait dengan seks yang tak Diinginkan, termasuk permintaan untuk melakukan seks, dan perilaku lainnya yang secara verbal ataupun fisik merujuk pada seks.

[Baca Juga: Komunitas Peduli Kesehatan Jiwa Into The Light Indonesia]

Namun, Anda perlu mengetahui bahwa kekerasan seksual terhadap siapapun tak hanya dilakukan oleh lawan jenis. Salah seorang siswi di Pontianak, berinisial AY (14) harus menerima pahitnya korban penganiayaan oleh 12 pelajar siswi, pada 9 April 2019.

Kekerasan seksual yang dialami AY semakin menegaskan bahwa Indonesia darurat kekerasan terhadap perempuan.

[Baca Juga: Catcalling, Permasalahan yang Kerap Dialami Perempuan Jakarta]

Para pelaku pelecehan seksual cenderung nekat dan melakukan aksinya. Alasan para pelaku pelecehan seksual melakukan aksinya pun beragam. Anda perlu selalu waspada saat berada di mana pun dan kapan pun. Karena tindakan tak terpuji tersebut bisa dilakukan tanpa pandang bulu.

Anda harus selalu waspada terhadap lingkungan sekitar. Karena pelaku pelecehan seksual tak mesti orang di luar lingkungan Anda. Hindari memiliki masalah dengan teman atau kerabat terdekat Anda. Karena motif dendam biasanya dapat memicu seseorang melakukan tindakan penganiayaan seksual.

Read More

Artikel Lainnya

Sosok KH.Tubagus Muhammad Falak yang Dijadikan Nama Jalan di Kota Bogor

Berita Kawasan

Sosok KH.Tubagus Muhammad Falak yang Dijadikan Nama Jalan di Kota Bogor

24 October 2020, 18:03

Peresmian dilakukan Wali Kota Bogor Bima Arya usai mengikuti peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020 Tingkat Kota Bogor di Pondok Pesantren Al Falak, Pagentongan, Bogor Barat, Kota Bogor.

Maybelline X Janji Jiwa Luncurkan Superstay Matte Ink Coffee Edition

Kecantikan dan Fashion

Maybelline X Janji Jiwa Luncurkan Superstay Matte Ink Coffee Edition

24 October 2020, 15:08

Masih sama dengan edisi sebelumnya, Maybelline Superstay Matte Ink Coffee Edition diklaim memiliki formula lip cream yang intens, tahan lama hingga 16 jam, dan transferproof.

Warga Warakas, Tanjung Priok Manfaatkan Lahan Kolong Tol untuk Urban Farming

Berita Kawasan

Warga Warakas, Tanjung Priok Manfaatkan Lahan Kolong Tol untuk Urban Farming

24 October 2020, 12:21

Lahan seluas sekitar 500 meter persegi tersebut dikelola Kelompok Wanita Tani (KWT) Hijau Daun RW 09, Kelurahan Warakas, Tajung Priok, Jakarta Utara.

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia.jpg

Kuliner

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia

23 October 2020, 17:21

Dengan berbagai menu yang tak ditemukan di gerai lainnya, Naughty by Nature hadir sebagai KFC tematik pertama yang ada di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.