cegah kerumunan, ceramah online rutin di masjid balaikota.jpg

Berita Kawasan

Cegah Kerumunan, Ceramah Daring Rutin Dilakukan Mesjid Balaikota Surabaya

Wakil Koordinator Hubungan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya M Fikser mengatakan mekanisme ceramah online ini dilakukan dengan mengambil video penceramah oleh staf dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya. Setelah selesai, video tersebut akan diunggah di channel YouTube Sapawarga (media sosial Kominfo) dan dapat diakses oleh semua masyarakat.

"Jadi nanti kawan-kawan Kominfo akan mengambil videonya. Lalu akan di-upload di YouTube Sapawarga. Sehingga semua warga dapat mengakses. Kapanpun dan di manapun," kata M Fikser , dikutip Surabaya.go.id, Selasa (16/6/2020).

Fikser menjelaskan terkait pelaksanaan pengambilan video, pihaknya sudah berkomunikasi dengan takmir masjid agar membuat jadwal dan materinya. Sehingga dari jadwal itulah staf Diskominfo dapat langsung mengambil video dan sesegera mungkin disebarkan melalui kanal YouTube. "Setelah diambil video kami olah kemudian langsung diunggah," jelasnya.

Kepala Diskominfo Kota Surabaya itu juga menjelaskan bahwa upaya pemanfaatan teknologi ini sebagai bentuk pengganti pertemuan dan kerumunan warga di tengah pandemi global ini. Makanya, ia memastikan bahwa ceramah online ini akan berlangsung secara rutin setiap harinya. "Karena ceramah adalah upaya dalam memenuhi kebutuhan siraman rohani. Jadi memang harus rutin dilakukan," ungkapnya.

Sementara itu, Imam Masjid Al-Muhajirin Surabaya, Azis Muslum menambahkan memang sebelum adanya pandemi COVID-19, kajian dan ceramah agama ini sudah dilaksanakan secara rutin. "Setiap Senin sampai Kamis berlangsung rutin setelah Dzuhur atau sekitar pukul 12.00 WIB. Ceramah ini diasuh oleh para da'i dan kyai," katanya.

Ia mengungkapkan, ceramah online ini digelar guna memenuhi permintaan masyarakat, khususnya di sekitar lingkungan Masjid Muhajirin. Bahkan, nantinya materi-materi ceramah itu juga akan dibagikan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Surabaya. "Respon masyarakat juga positif dan senang dengan adanya ceramah online, jadi insyaallah akan terus kami lanjutkan," pungkas dia.

Sekadar informasi, Kurva penyebaran virus SARS-CoV-2 masih menanjak di masa transisi menuju kenormalan baru di Kota Surabaya. Hingga Selasa (16/6/2020) tercatat 4.181 kasus positif COVID-19 di Kota Surabaya, dengan rincian 1.331 penyintas dan 333 pasien meninggal dunia. Demikian informasi yang berhasil dihimpun dan dipublikasikan situs lawancovid-19.surabaya.go.id.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 7 months lalu
    suki

    guys ada kabar keren nich, mau dapatin duit dengan mudah tanpa keluar keringat? dan bisa jadi jutawan dalam waktu yang tidak lama, buruan yach ke bola165 jangan ketinggalan untuk menjadi jutawan....

  • Emma 2 years, 7 months lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Gajitoto mempunyai promo New Member 20%, dan masih banyak lagi promomenariknya buruan, tunggu apa lagi hanya di Gajitoto.net yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di <a href="http://gajitoto.net/" title="Gajitoto" rel="nofollow">Gajitoto</a>

  • Anisa 2 years, 7 months lalu
    anisa

    QQHarian Hadirkan Promo Yang lagi HOT Banget neh. Ansuransi Modal Awal 100% Full klaim gak pake RIBET serba AUTO Dan masih banyak Promo lain antaranya yang juga lagi HOT EXTRA BONUS 200% guys. Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat QQHArian bisa cari atau search di google ya guys.