Cegah Kerumunan, Pemkot Jakarta Timur Tinjau Pasar-P asar di Wilayahnya.jpg

Berita Kawasan

Cegah Kerumunan, Pemkot Jakarta Timur Tinjau Pasar-Pasar di Wilayahnya

Saat ini pemerintah pusat dan daerah terus mengejar upaya vaksinasi masyarakat demi mempercepat proses penanganan COVID-19 di Indonesia. Namun di sisi lain, pemerintah juga menegaskan, vaksinasi tak mengakhiri pandemi COVID-19 sehingga taat protokol kesehatan tetap menjadi kunci untuk mencegah penyebaran penyakit akibat virus Corona itu.

Namun, sayangnya hal ini cenderung tak diindahkan masyarakat yang dari hari ke hari tampaknya tidak disiplin protokol kesehatan, khususnya di area seperti pasar-pasar tradisional. Oleh karena itulah demi mencegah hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot)Jakarta Timur pada akhir pekan kemarin melakukan peninjauan di pasar-pasar.

Cegah Kerumunan, Pemkot Jakarta Timur Tinjau Pasar-Pasar di Wilayahnya.jpg

Kegiatan ini digelar pada 2 Mei 2021 dengan Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar yang langsung turun ke lapangan dengan berkunjung ke Pasar Kampung Ambon, Pasar Pasar Pulogebang, dan Pasar Perumnas Klender. Kegiatan sidak ini ditujukan untuk memastikan warga Jakarta Timur memang terus disiplin protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun, dan Menjaga jarak). Namun benar saja, ternyata pelanggaran masih ditemukan oleh Anwar dalam sidak ini.

Seperti yang terlihat di Pasar Perumnas Klender, ada dua warga yang ditemukan tak menggunakan masker. Petugas Satpol PP yang ikut dalam kegiatan itu pun langsung menindak pelanggar dan menyuruh keduanya untuk menyapu jalan sembari menggunakan rompi yang menjadi tanda bahwa mereka melanggar kebijakan PSBB.

[Baca Juga: Cegah Produk Pangan Berbahaya, Pemkot Jakarta Timur Sidak 6 Pasar]

Selain Anwar, elemen Pemkot Jakarta Timur di tingkat kelurahan dan kecamatan juga turut melakukan peninjauan dan ini sesuai dengan Surat Perintah Tugas Wali Kota Jakarta Timur Nomor 1182/-1.757. Di kelurahan Lubang Buaya, peninjauan yang langsung dipimpin Lurah Lubang Buaya Dede Saefullah dinilai lancar. “Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar, secara umum pedagang dan pembeli berusaha menerapkan protokol kesehatan dengan baik,” ucap Dede, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (2/5/2021).

Kemudian peninjauan lainnya juga digelar di Kecamatan Ciracas di Pasar Ciracas dan kegiatan ini langsung dipimpin Camat Ciracas yang mengerahkan petugas gabungan sejumlah 30 personel. Walau sudah menerapkan aturan alur pengunjung, sayangnya di pasar ini ditemukan banyak pelanggaran dari mulai terkait penggunaan masker hingga tak ada sabun di area cuci tangan. Setidaknya ada 40 pelanggaran yang ditemukan dalam peninjauan tersebut.

Peninjauan lainnya juga turut digelar di Kecamatan Pasar Rebo dengan Camat Pasar Rebo dan jajarannya turun ke Pasar Cijantung dan Taman Graha Cijantung. Di sana masih ditemukan pelanggaran protokol kesehatan seperti kerumunan saat berolahraga di taman dan pedagang serta pembeli yang tak mengenakan masker ketika berada di area pasar.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.