Antisipasi Ledakan Penduduk, Kabupaten Tangerang Beri 7.000 Layanan KB Gratis

Kesehatan

Cegah Ledakan Penduduk, Kabupaten Tangerang Beri 7.000 Layanan KB Gratis

Antisipasi ledakan penduduk selama musim pandemi COVID-19, Pemerintah Kabupaten Tangerang memberikan 7.000 layanan KB untuk warga secara gratis. Dengan hanya berbekal KTP dan Kartu Keluarga, perempuan usia subur bisa langsung datang ke 200 layanan kesehatan di Kabupaten Tangerang, mulai dari layanan kesehatan berupa klinik, bidan desa, Puskesmas hingga RSUD milik pemerintah.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Arsyad Husain mengatakan, warga akan mendapat layanan KB gratis dari pemerintah dan masyarakat cukup datang pada hari ini ke klinik dan layanan kesehatan lainnya. "Wanita usia subur akan mendapat pelayanan KB dari tim kesehatan, selama bisa datang dan membawa KTP dan KK ke 200 layanan kesehatan yang ada di Kabupaten Tangerang," ujar Arsyad seperti dilansir dari tangerangkab.go.id (29/06/2020).

Antisipasi Ledakan Penduduk, Kabupaten Tangerang Beri 7.000 Layanan KB Gratis

Menurut Arysad, Layanan KB yang akan diterima warga di antaranya pil KB, IUD, dan suntik spiral bisa dilayani di fasilitas kesehatan seperti Puskesmas, RSUD dan bidan-bidan desa. "Datang saja ke klinik kesehatan, bidan desa, Puskesmas dan RSUD Pemerintah, warga akan ditangani sesuai kontrasepsi KB yang biasa dipakai," dia menerangkan.

Arysad menambahkan, layanan KB gratis ini merupakan bagian dari peringatan Hari Keluarga Nasional yang jatuh pada 29 Juni, di mana pemasangan layanan KB untuk perempuan usia subur diberikan secara gratis. "Kita mendapatkan kuota 7.000 akseptor dari pemerintah pusat dan sebelum ini ditutup pada jam 15:00 sudah terdapat lebih dari 7.000 warga yang terlayani," paparnya.

[Baca Juga: Begini Cara Akses Layanan KB di Masa Pandemi COVID-19]

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, layanan membagikan akseptor KB di Kabupaten Tangerang merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam meredam laju pertumbuhan penduduk. "Ini bagian dari upaya kita menekan laju pertumbuhan penduduk selama musim pandemi corona, sehingga dampak kesehatan dan pendidikan akibat laju pertumbuhan penduduk bisa diminimalisir," terang Zaki.

Zaki mengakui, momen Hari Keluarga Nasional dan dukungan pemerintah pusat menjadikan pemberian akseptor KB gratis untuk warga menjadi sangat bermanfaat. "Ini bagian kesinambungan antara pusat dan daerah, pelayanan diberikan secara gratis," paparnya.

Sementara itu, Suyana, seorang warga mengatakan dirinya sudah beranak dua dan akan memperpanjang KB-nya dikarenakan fasilitas gratis yang diterimanya. "Sebagai wanita berusia 39 tahun, dirinya mulai mewaspadai akan kehamilan baru di tengah pandemi ini, lagian anak sudah ada semoga bisa menjaganya," papar Suyana.

Read More

Artikel Lainnya

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021

10 August 2020, 14:00

Pada akhir pekan kemarin, Wali Kota Risma menggelar sidak demi memasikan rampungnya stadion yang nanti jadi venue Piala Dunia U-20 2021 sesuai jadwal.

Sejarah dan Makna 5 Lomba Agustusan Sebagai Bentuk Perayaan Kemerdekaan

Berita Kawasan

Sejarah dan Makna 4 Lomba Agustusan, Bentuk Perayaan Kemerdekaan

10 August 2020, 13:03

Setelah intensitas perang kemerdekaan menurun dan Ibu Kota kembali dipindah ke Jakarta, perayaan kemerdekaan pun berlangsung meriah dengan mengadakan banyak lomba Agustusan.

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

Kesehatan

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

10 August 2020, 12:05

Orang dengan COVID-19 yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki peningkatan risiko komplikasi serius dan kematian.

Agustusan dengan 5 Film Drama Komedi Indonesia di Netflix

Hobi dan Hiburan

Agustusan dengan 5 Film Drama Komedi Indonesia di Netflix

09 August 2020, 19:00

Penasaran apa saja film komedi Indonesia yang bisa memeriahkan Agustusan Anda? Yuk simak daftarnya yang telah disusun PingPoint.co.id.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 1 month, 1 week lalu
    hanna56

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...