Mafia TanahOK2.jpg

Properti dan Solusi

Cegah Mafia Tanah Lewat Aplikasi Sentuh Tanahku

Kasus mafia tanah yang melibatkan artis Nirina Zubir dengan mantan ART ibundanya Riri Khasmita, semakin membuka mata publik tentang adanya mafia tanah di negeri ini. Bermula dari sertifikat tanah milik keluarga Nirina yang tiba-tiba hilang secara misterius di tahun 2018. Sang ibunda, Cut Indria Martini meminta tolong kepada ARTnya, Riri Khasmita untuk mengurus sertifikat-sertifikat tanah yang hilang tersebut.

Namun tak dinyana, hingga Cut Indria meninggal pada 12 November 2019 lalu, pengurusan sertifikat tanah tersebut belum rampung dilakukan. Riri bahkan berkata kepada ahli waris bahwa pengurusan sertifikat masih ditangani oleh notaris bernama Faridah. Usut punya usut ternyata semua cerita Riri adalah palsu. Fadlan, kakak Nirina yang tak menerima kejelasan tentang status sertifikat tanah tersebut akhirnya mendatangi kantor BPN Jakarta Barat pada bulan November 2020.

[Baca Juga: Perizinan di Surabaya Mudah, Jika Syarat Dokumen Lengkap]

Di kantor BPN, Fadlan dikejutkan dengan temuan fakta bahwa enam sertifikat tanah ibunya telah beralih kepemilikan atas nama Riri dan suaminya, Endrianto. Bahkan Akta PJB dan Akta Kuasa Menjual dibuat dan ditanda-tangani oleh sang Notaris, Faridah. "Jadi karena ibu saya tahunya hilang, dari situlah dia meminta pertolongan untuk mengurusnya. Jadi bukan ibu saya menyerahkan sertifikat tersebut, tapi itu diambil, dan kami dikelabui seakan-akan hilang," ujar Fadlan dalam keterangan tertulis pada 18/11/21 lalu di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan.

Mafia TanahOK3.jpg

Diduga akta tersebut telah ditandatangani dan dipalsukan oleh Faridah karena Cut Indria tidak pernah memberikan kuasa jual sebelumnya. Tak hanya berganti nama pemilik saja, tiga dari sertifikat tanah tersebut telah dijual dan sisanya diagunkan ke bank BCA dan BRI dengan nilai milyaran rupiah. Dengan kejadian ini Nirina memberikan nasihat kepada masyarakat agar segera melaporkan ke polisi atau satgas mafia tanah jika menemukan kasus serupa.

Dalam youtube channel TS Media yang dimiliki oleh Luna Maya dan Marianne Rumantir, Nirina merekomendasikan aplikasi Sentuh Tanah yang dimiliki BPN untuk menghindari kasus seperti dirinya. “Di BPN setelah Na urusan dengan ini semua, kemarin itu ada aplikasi namanya sentuh tanahku yang memudahkan kamu untuk ngecek klarifikasi tanah kamu, kalo misalnya kamu sudah mendaftarkan, udah masukkan nomer-nomer dan segala macam, kalau sampai ada perubahan sampe kaya ganti nama ‘for what happent to mine’, itu ada notifikasinya, coba cari tau tentang aplikasi itu”, sarannya dalam TS Channel pada 19/11/21 lalu.

[Baca Juga: Pemkot Bandung Akan Permudah Penerbitan Surat Tanah]

Lalu apakah aplikasi Sentuh Tanahku itu? Sentuh Tanahku merupakan aplikasi kolaborasi Kementerian Agraria dan Tata Ruang beserta Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Aplikasi ini dapat memberikan informasi tentang pertanahan secara transparan dan berkala sehingga meminimalisir berbagai bentuk penipuan dalam bisnis pertanahan. Di dalam aplikasi Sentuh Tanahku terdapat berbagai menu antara lain informasi terkait status sertifikat tanah, mencari tanah dari sertifikat yang diajukan, mendaftarkan plot bidang tanah, informasi layanan di Kementerian ATR/BPN termasuk simulasi biaya hingga informasi sertifikat tanah yang hilang.

Aplikasi yang dapat diunduh melalui PlayStore ini harus telah terverifikasi dahulu sebelum dapat mengakses semua fitur yang ada. Berikut ini beberapa langkah untuk membuat akun di aplikasi Sentuh Tanahku:

  1. Unduh aplikasi Sentuh Tanahku di PlayStore Android atau di AppStore iOS kemudian log in dan buat akun baru.
  2. Daftarkan username dan kata sandi kemudian lengkapi formulir pendaftaran. Setelah mendapatkan notifikasi pendaftaran, cek email anda untuk mengaktifkan akun dengan mengklik link aktivasi akun. Lanjutkan dengan log in menggunakan nama akun dan kata sandi yang telah terdaftar tadi.
  3. Segera verifikasi akun anda setelah masuk ke beranda dengan cara klik “Verifikasi Akun Sekarang”, kemudian pilih jenis ID yang digunakan seperti KTP, Paspor atau Kitas. Jika anda memilih menggunakan KTP, anda dapat mengirimkan foto e-KTP sesuai ketentuan. Jika telah terverifikasi anda dapat mengakses fitur sesuai dengan keperluan anda.
  4. Menu info sertifikat berisi daftar kepemilikan sertifikat serta rinciannya. Menu detail sertifikat memungkinkan pengguna mengetahui lokasi tanah di peta atau memploting tanah yang belum ada di peta. Dalam menu info layanan berisi berbagai layanan yang disediakan Kementerian ATR/BPN , informasi syarat-syarat dokumen, jangka waktu penyelesaian serta perkiraan biaya.

Mafia TanahOK.jpg

Langkah Mengecek Sertifikat Tanah Online

Berikut ini beberapa langkah untuk melakukan pengecekan sertifikat tanah secara online pada aplikasi Sentuh Tanahku:

  1. "Login" dan masuk ke aplikasi Sentuh Tanahku dengan username dan password yang telah terdaftar sebelumnya.
  2. Pilih menu "Info Sertifikat" yang didalamnya tersedia daftar data sertifikat tanah dan info kepemilikannya.
  3. Jika sertifikat yang diajukan tidak ditemukan datanya dalam daftar maka masyarakat dapat melakukan pelaporan.
  4. Cara pelaporan yaitu dengan mengklik fitur "Laporkan Sertifikat" dan masukkan info alamat kantor pertanahan (kabupaten), nama desa, jenis hak dan nomor sertifikat.

Di akhir wawancara dengan Luna Maya, Nirina berpesan agar sebagai anak sebaiknya menyatukan suara untuk melindungi aset keluarga terutama jika kondisi orang tua yang tidak memungkinkan untuk mengurusnya sendiri. “Kalau kita tahu orang tua sudah berumur, satukan suara dengan keluarga atau kakak-kakak atau adek-adek yang lainnya untuk rembukin gimana ini bantu mereka untuk mengingat kembali aset-aset yang mereka punya dan bantu urusin, kadang-kadang kan mereka udah terlalu tua (untuk) inget dan bahkan untuk mikirin (pengurusannya)”, terangnya.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.