Cegah Malaria dengan 4 Tips Paling Efektif

Kesehatan

Cegah Malaria dengan 4 Tips Paling Efektif

Menurut beberapa peneliti dari Inggris dan Thailand, yang dilansir dari BBC.com (23/7/2019), malaria telah menyebar dengan cepat, meliputi Kamboja, Laos, Vietnam, dan Thailand. Di Indonesia sendiri, melansir data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait situasi Malaria menurut Kabupaten/Kota di Indonesia tahun 2017, mencatat Papua, Papua Barat dan Nusa Tenggara Timur masih menjadi daerah berkategori endemis tinggi penyebaran penyakit malaria. Sementara itu, setengah dari total jumlah 514 kabupaten dan kota Indonesia telah mencapai kategori bebas malaria.

Meskipun DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia sudah bebas dari malaria, bagi Anda yang senang traveling, perlu mengetahui hal ini. Bila perlu Anda bisa meminum pil kuinina atau kinina yang sering disebut pil kina untuk mencegah malaria sebelum pergi ke daerah-daerah yang memiliki risiko tinggi penyakit ini.

Malaria sendiri adalah penyakit yang mengancam jiwa yang biasanya ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles yang terinfeksi. Nyamuk yang terinfeksi membawa parasit Plasmodium. Ketika nyamuk ini menggigit Anda, maka seketika itu parasit dilepaskan ke aliran darah.

[Baca Juga: 5 Cara Mengusir Nyamuk yang Anti-Mainstream]

Malaria biasa ditemukan di iklim tropis dan subtropis di mana parasit bisa hidup. Maka, sebaiknya Anda waspada ketika melakukan perjalanan karena iklim tropis da subtropis sangat rentan terhadap malaria. Guna mencegah terkena penyakit malaria, berikut empat tips paling efektif yang dirangkum dari pelbagai sumber.

1. Membatasi Aktivitas di Luar

Salah satu cara terbaik mencegah terkena malaria dalam tubuh ialah dengan melindungi diri dari gigitan nyamuk. Maka, Anda bisa membatasi aktivitas luar ruangan, terutama pada sore dan pagi agar terhindar dari gigitan nyamuk. Anda juga perlu menghindari bepergian ke daerah endemi malaria.

2. Menggunakan Losion Anti Nyamuk

Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya selalu gunakan obat profilaksis malaria atau gunakan losion anti nyamuk agar terhindar dari gigitan nyamuk.

3. Konsultasi dengan Dokter

Jika Anda mengalami gatal-gatal, sebaiknya temui dokter spesialis agar tak mendapati tubuh yang terkena infeksi malaria.

4. Tahu Informasi Perihal Malaria

Anda senang melakukan travelling ke pelbagai negara dunia? Sebaiknya Anda terus mencari tahu tentang wilayah yang akan dikunjungi. Hal ini bertujuan agar Anda tak terkena malaria setelah kembali dari negara tempat malaria terjadi.

[Baca Juga: Cara Atasi Bahaya Nyamuk Pantai di Jakarta]

Jika tubuh Anda terkena gigitan nyamuk lalu merasakan sensasi dingin dan menggigil, demam, mual, dan sakit kepala, sebaiknya segeralah mendatangi dokter terdekat. Selalu konsultasikan penyakit pada dokter agar kondisi Anda selalu fit dan tak terkena penyakit.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.