Cegah Pencemaran Air, Kampung Markisa Kini Dilengkapi Pengolahan Limbah

Berita Kawasan

Cegah Pencemaran Air, Kampung Markisa Kini Dilengkapi Pengolahan Limbah

Kampung Markisa merupakan salah satu destinasi wisata kampung tematik yang ada di KotaTangerang. Setelah sebelumnya di kampung ini diterapkan kampung digital yang membuat fasilitas di Kampung Markisa semakin modern dengan akses hotspot, kali ini perihal sanitasi di kampung tematik tersebut yang semakin lengkap. Pasalnya, saat ini Kampung Markisa sudah dilengkapi dengan Instalasi Pengolahan Air Limbah atau IPAL.

Bagi Anda yang masih asing dengan fasilitas ini, IPAL merupakan instalasi yang digunakan untuk mencegah pencemaran air. Lebih lengkapnya lagi, instalasi ini dirancang sedemikian rupa agar bisa menghilangkan kandungan limbang kimawi biologis serta kimiawi yang ada di air. Dengan IPAL, air dipandang lebih aman untuk digunakan manusia.

[Baca Juga: Warga Rawa Badak Selatan Percantik Lingkungan dengan Manfaatkan Limbah]

IPAL yang dibangun di Kampung Markisa itu merupakan fasilitas yang diberikan Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup. Ketua RW 02 Kelurahan Pasar Baru Ali Nurdin menjelaskan, IPAL di wilayahnya digunakan untuk pengolahan air limbah rumah tangga.

Pada penerapannya di kampung tematik Kota Tangerang tersebut, IPAL di sini memiliki sambungan yang terhubung ke saluran pembuangan air limbah para warga. Kemudian air limbah tersebut masuk ke penampungan khusus yang akan memrosesnya agar bisa dipergunakan kembali oleh para warga.

Cegah Pencemaran Air, Kampung Markisa Kini Dilengkapi Pengolahan Limbah

“Warga dapat memanfaatkan kembali air yang telah diolah di IPAL untuk menyiram tanaman, dan lainnya, apalagi di sini banyak sekali tanaman penghijauan,” jelas Ali, sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id (1/7/2019). Namun, walau sudah melalui pengolahan, air dari IPAL ditujukan untuk penggunaan non-konsumsi atau yang tidak diminum.

[Baca Juga: Wow, Kampung Digital Hadir di Kota Tangerang]

Selain untuk mengatasi pencemaran air tanah, IPAL di Kampung Markisa juga dipandang bermanfaat untuk mengurangi penggunaan air bersih untuk kegiatan seperti menyiram tanaman atau mencuci. “Warga pun dapat menghemat penggunaan air bersih,” tambahnya.

Pengadaan IPAL di Kampung Markisa ini disinyalir agar kampung tematik ini semakin membuat nyaman para pengunjung yang berwisata di sana. Apalagi mengingat kampung yang diresmikan pada tahun 2018 itu masuk nominasi Destinasi Wisata Kreatif Terpopuler 2019 dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia. Sehingga tidak heran bila Pemerintah Kota Tangerang terus berusaha untuk mendorong Kampung Markisa menjadi kampung tematik yang lebih populer.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.