ads
Cegah Pencemaran Sampah Plastik 1.jpg

Berita Kawasan

Cegah Pencemaran Sampah Plastik dengan Lakukan Hal Ini

Seekor paus dengan panjang 10 meter terdampar dan ditemukan tak bernyawa di perairan Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Kematian mamalia tersebut diduga akibat termakan sampah plastik yang ditemukan 6 kilogram sampah plastik di dalam perut paus.

Sampah plastik selain sangat susah diurai, sampah ini pun bahaya buat lingkungan sekitar. Dalam kabar berita pun diketahui bahwa ada di sejumlah negara lain yang mengabarkan bahwa ikan ratusan jenis hewan laut mati dan tedampar di laut akibat pencemaran sampah plastik di laut.

Yang membahayakan adalah dengan adanya mikroplastik yang terjadi akibat sampah plastik yang hanyut di air laut dan terkena paparan terik matahari sehingga plastik menjadi serpihan-serpihan yang sangat kecil. Mengutip laman the conversation.com yang ditulis oleh kandidat PhD. dari Victoria University Australia Bakti Berilyanto Sedayu (04/12/2018) Hasil riset terbaru dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melaporkan bahwa garam meja hingga ikan teri yang diambil dari perairan Indonesia juga telah tercemar mikroplastik.

[Baca Juga: Cleanee Jakarta Project, Gerakan Anak Muda Peduli Masalah Sampah]

Dengan penemuan tersebut, hal ini sangat mengejutkan bagi masyarakat Indonesia, karena garam termasuk bumbu dapur yang hamper tiap harinya dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Untuk diketahui, Indonesia ada di urutan kedua setelah negara Cina sebagai penyumbang sampah plastik di laut.

Agar keadaaan lingkungan laut minim risiko pencemaran limbah plastik di masa yang akan datang. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah pencemaran plastik di laut.

Cegah Pencemaran Sampah Plastik

1. Mengurangi Penggunaan Plastik

Hindari pemakaian produk plastik sekali pakai, seperti plastik kresek, botol plastik, atau sedotan plastik. Kurangi penggunaan produk yang terbuat dari plastik dengan mengganti barang yang dapat dipakai ulang. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan mengunjungi zero waste store.

2. Memisahkan Jenis-jenis Sampah

Ada langkah yang efektif untuk membuang sampah berdasarkan jenis sampah. Misalnya, pemisahan sampah organik yang bisa diolah menjadi energi, dan sampah plastik. Dengan adanya langkah tersebut, dapat memudahkan dalam penanganan atau pengolahan sampah. Hal ini dilakukan di bank sampah yang terdapat di beberapa area di Jakarta.

3. Aturan Ketat dan Edukasi Tepat dari Pemerintah

Memang tidak mudah mengubah prilaku buruk seseorang dalam membuang sampah sembarangan, bahkan dengan seenak hatinya membuang sampah ke aliran sungai. Untuk mengubahnya perlu adanya aturan-aturan yang ketat tentang pembuangan, penanganan, serta pemanfaatan dan daur ulang sampah serta edukasi yang tepat secara berkesinambungan kepada masyarakat.

4. Pengelolaan Sampah Plastik

Untuk mengurangi ketergantungan dalam penggunaan plastik bukanlah pilihan realistis karena melihat kenyataannya, plastik tidak dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Butuh bahan alternatif untuk menggantikan penggunaan plastik, seperti teknologi pengolahan dan pemanfaatan limbah plastik.

5. Aksi Bersih Pantai

Kegiatan membersihkan pantai, biasanya dilakukan oleh kelompok pemerhati lingkungan dengan memungut dan mengumpulkan sampah di sepanjang pantai. Dengan melakukan aksi bersih pantai, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan laut.

[Baca Juga: Baru Memulai Gaya Hidup Zero Waste? Ikuti Langkah Ini]

Dengan melakukan lima langkah tersebut, Anda dapat membantu mengurangi limbah plastik yang sudah mencemari lingkungan. Tidak ada salahnya memulai dari hal-hal kecil dan mulai diri sendiri.

Read More

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan tubuh

Kesehatan

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

21 April 2019, 12:00  |  9 Views

Walaupun wujudnya unik tak seperti buah lainnya, markisa mengandung banyak manfaat lho. Berikut manfaat markisa untuk kesehatan.

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Masyarakat Peduli Terhadap Sampah

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Warga Peduli Terhadap Sampah

21 April 2019, 14:00  |  4 Views

Dalam Diskusi Kota Bekasi Bersih, Wakil Wali Kota Bekasi berikan motivasi warga untuk peduli mengelola sampah.

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

Berita Kawasan

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

21 April 2019, 10:00  |  6 Views

Pameran foto kisah panjang Islam di Australia digelar di Museum Sejarah Jakarta hingga 30 April 2019.

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

Berita Kawasan

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

21 April 2019, 16:00  |  6 Views

Beberapa daerah, termasuk DKI Jakarta mulai mendengungkan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Apakah cara ini efektif mengurangi konsumsi plastik?


Comments


Please Login to leave a comment.

ads