Cegah Penipuan Online Sejak Dini dari Diri Sendiri

Berita Kawasan

Cegah Penipuan Online Sejak Dini dari Diri Sendiri

Berbagai kejahatan dunia maya marak terjadi seiring semakin canggihnya teknologi. Berbagai penipuan secara online juga masih banyak terjadi hingga kini di Jakarta. Banyak modus penipuan online yang dilakukan pelaku kejahatan dunia maya dalam beraksi, seperti melalui telepon, pembelian barang atau jasa, arisan online atau bahkan melakukan order fiktif. Sehingga, masyarakat perlu berhati-hati agar tidak menjadi korban penipuan online.

Salah satu pihak Kepolisian di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Aiptu Bambang Dwi Susilo yang ditemui tim PingPoint.co.id (2/5/2019) mengatakan, biasanya para pelaku melakukan penipuan online seperti melalui telepon dengan sasaran yang dilakukan secara acak. Sedangkan, korban dari sasaran penipuan online biasanya adalah orang yang banyak pikiran atau pikiran kosong. Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat lebih berhati-hati dalam menerima panggilan telepon dari nomor yang tidak dikenal, agar tidak menjadi korban dari penipuan online.

[Baca Juga: Cek Keaslian Sertifikat Tanah dengan Aplikasi Online BPN]

Penyidik Reskrimsus Polda Metro Jaya Bripka R Nebil, SH yang juga ditemui tim PingPoint.co.id (2/5/2019) di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan menyarankan, masyarakat perlu meningkatkan kesadaran terhadap bahaya penipuan online dengan cara menambah pengetahuan melalui media buku, internet atau mengikuti sosialisasi. Karena menurut Nebil, korban dari penipuan online biasanya orang yang kurang memperhatikan adanya kejahatan dunia maya.

“Jadi, sebaiknya masyarakat kita harus banyak-banyak mempelajari tentang kejahatan online agar bisa mencegah terjadinya penipuan online,” himbaunya.

[Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Ketika Menggunakan Jasa ART Online]

Menurutnya, bagi orang yang tahu dan mengerti cara menangani permasalahan penipuan tentu tidak akan mudah ditipu oleh pelaku kejahatan cyber. Pencegahan penipuan online juga sebenarnya sudah diinformasikan kepada masyarakat melalui sosialisasi dari Hubungan Masyarakat (Humas) dan Pembinaan Masyarakat (Binmas) Kepolisian RI.

Humas (Hubungan Masyarakat) dari pihak Kepolisian bertugas menerbitkan setiap informasi dari kepolisian atau pernyataan dari pimpinan Polri kepada masyarakat luas. Sementara Binmas yang ada di setiap RW, secara periodik memberikan penyuluhan, termasuk penyuluhan pencegahan penipuan online. “Tetapi tergantung masyarakatnya itu intens atau enggak di setiap ada penyuluhan itu,” ujarnya.

[Baca Juga: Criteo Beberkan Kinerja Penjualan Online Saat Ramadan di Indonesia]

Namun, kenyataannya tidak semua masyarakat rutin mengikuti setiap penyuluhan dari Binmas. Karena, dia mengakui banyak orang yang sibuk dengan aktivitasnya sehari-hari, bahkan banyak orang yang pulang larut malam sehingga tidak banyak melakukan aktivitas sosial bermasyarakat.

Jadi, bila Anda tidak ingin mengalami kerugian akibat penipuan online, sebaiknya Anda perlu banyak mempelajari tentang berbagai kejahatan cyber. Atau Anda bisa ikut jika Binmas Polri kawasan tempat tinggal Anda mengadakan sosial pencegahan kejahatan dunia maya.

Read More

Artikel Lainnya

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.

Libur Panjang Maulid Nabi Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

Berita Kawasan

Libur Panjang Maulid Nabi: Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

30 October 2020, 09:52

Peningkatan penumpang selama libur panjang Maulid Nabi SAW dan cuti bersama pada akhir Oktober ini di Bandara Juanda Surabaya jauh lampaui prediksi.

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.


Comments


Please Login to leave a comment.