Cegah Penipuan Online Sejak Dini dari Diri Sendiri

Berita Kawasan

Cegah Penipuan Online Sejak Dini dari Diri Sendiri

Berbagai kejahatan dunia maya marak terjadi seiring semakin canggihnya teknologi. Berbagai penipuan secara online juga masih banyak terjadi hingga kini di Jakarta. Banyak modus penipuan online yang dilakukan pelaku kejahatan dunia maya dalam beraksi, seperti melalui telepon, pembelian barang atau jasa, arisan online atau bahkan melakukan order fiktif. Sehingga, masyarakat perlu berhati-hati agar tidak menjadi korban penipuan online.

Salah satu pihak Kepolisian di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Aiptu Bambang Dwi Susilo yang ditemui tim PingPoint.co.id (2/5/2019) mengatakan, biasanya para pelaku melakukan penipuan online seperti melalui telepon dengan sasaran yang dilakukan secara acak. Sedangkan, korban dari sasaran penipuan online biasanya adalah orang yang banyak pikiran atau pikiran kosong. Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat lebih berhati-hati dalam menerima panggilan telepon dari nomor yang tidak dikenal, agar tidak menjadi korban dari penipuan online.

[Baca Juga: Cek Keaslian Sertifikat Tanah dengan Aplikasi Online BPN]

Penyidik Reskrimsus Polda Metro Jaya Bripka R Nebil, SH yang juga ditemui tim PingPoint.co.id (2/5/2019) di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan menyarankan, masyarakat perlu meningkatkan kesadaran terhadap bahaya penipuan online dengan cara menambah pengetahuan melalui media buku, internet atau mengikuti sosialisasi. Karena menurut Nebil, korban dari penipuan online biasanya orang yang kurang memperhatikan adanya kejahatan dunia maya.

“Jadi, sebaiknya masyarakat kita harus banyak-banyak mempelajari tentang kejahatan online agar bisa mencegah terjadinya penipuan online,” himbaunya.

[Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Ketika Menggunakan Jasa ART Online]

Menurutnya, bagi orang yang tahu dan mengerti cara menangani permasalahan penipuan tentu tidak akan mudah ditipu oleh pelaku kejahatan cyber. Pencegahan penipuan online juga sebenarnya sudah diinformasikan kepada masyarakat melalui sosialisasi dari Hubungan Masyarakat (Humas) dan Pembinaan Masyarakat (Binmas) Kepolisian RI.

Humas (Hubungan Masyarakat) dari pihak Kepolisian bertugas menerbitkan setiap informasi dari kepolisian atau pernyataan dari pimpinan Polri kepada masyarakat luas. Sementara Binmas yang ada di setiap RW, secara periodik memberikan penyuluhan, termasuk penyuluhan pencegahan penipuan online. “Tetapi tergantung masyarakatnya itu intens atau enggak di setiap ada penyuluhan itu,” ujarnya.

[Baca Juga: Criteo Beberkan Kinerja Penjualan Online Saat Ramadan di Indonesia]

Namun, kenyataannya tidak semua masyarakat rutin mengikuti setiap penyuluhan dari Binmas. Karena, dia mengakui banyak orang yang sibuk dengan aktivitasnya sehari-hari, bahkan banyak orang yang pulang larut malam sehingga tidak banyak melakukan aktivitas sosial bermasyarakat.

Jadi, bila Anda tidak ingin mengalami kerugian akibat penipuan online, sebaiknya Anda perlu banyak mempelajari tentang berbagai kejahatan cyber. Atau Anda bisa ikut jika Binmas Polri kawasan tempat tinggal Anda mengadakan sosial pencegahan kejahatan dunia maya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.