Apakah Anda Tertarik Ikut Program Ramadan di Masjid Istiqlal

Berita Kawasan

Cegah Penularan COVID-19, Masjid Istiqlal Tak Gelar Solat Jumat 2 Pekan

Tak seperti hari biasanya, mulai Jumat pekan ini sampai dengan dua pekan ke depan atau tepatnya pada tanggal 20 dan 27 Maret 2020, Masjid Istiqlal yang berada di kawasan Jakarta pusat memutuskan untuk tidak menggelar ibadah solat Jumat. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi penyebaran Virus Corona baru yang dinamakan SAR-CoV-2, penyebab penyakit COVID-19 yang semakin masif terjadi di DKI Jakarta.

[Baca Juga: Denda Hingga 5 Milyar Bagi Pengekspor Masker dan Antiseptik]

"Kepada seluruh pengurus dan karyawan Masjid Istiqlal, disampaikan bahwa mengingat perkembangan situasi COVID-19 di DKI Jakarta khususnya, dan Instruksi Imam Besar Masjid Istiqlal yang merujuk kepada Keputusan Gubernur DKI Jakarta tanggal 19 Maret 2020 jam 17.50 WB, diputuskan di Masjid Istiqlal tidak melaksanakan salat Jumat selama dua minggu (dua kali tidak salat Jumat)," ujar Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal Laksamana Pertama TNI (Purn) Asep Saepudin dalam keterangan tertulis.

Meski telah diputuskan bahwa tidak akan menggelar solat Jumat, namun masjid Istiqlal tetap terbuka bagi masyarakat yang ingin melaksanakan solat lima waktu dengan catatan tidak dilakukan secara berjamaah.

Sepekan Ini, 11 Masjid Dibersihkan Pemkot Jakarta Pusat

Masjid Istiqlal juga akan tetap mengumandangkan adzan sebagai penanda telah tibanya waktu solat bagi umat Islam.Tidak hanya untuk masjid Istiqlal, Asep pun mengimbau kepada seluruh masjid di DKI Jakarta untuk mematuhi instruksi tersebut.

"Diganti dengan salat zuhur masing masing (tidak berjamaah). Seluruh masjid di DKI Jakarta diminta untuk tudak melaksanakan salat Jumat maupun salat berjamaah harian selama dua minggu ini," katanya.

Untuk diketahui, sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengeluarkan Keputusan Gubernur yang meminta berbagai kegiatan keagamaan yang dihadiri banyak orang termasuk solat jumat dihentikan dalam dua pekan ke depan. Tujuannya adalah untuk memutus rantai penularan COVID-19 di ibu kota.

[Baca Juga: Cara Unik Berbagai Negara Tangani Virus Corona]

"Kalau minggu lalu anjuran kami adalah melakukan salat Jumat dengan membawa sajadah sendiri, alas sujud sendiri. Maka kini kesepakatannya adalah salat Jumat di Jakarta ditunda selama dua Jumat ke depan," ujar Anies di Balai Kota.

Selain lewat Keputusan Gubernur, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga menerbitkan fatwa yang meminta umat Islam tidak menyelenggarakan Salat Jumat berjamaah di wilayah rawan COVID-19 untuk mencegah penyebarannya. MUI juga mengharamkan orang yang terinfeksi COVID-19 untuk melakukan ibadah sunah di masjid dan tempat umum lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 10 months lalu
    rine

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke dupa88,net dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan. <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>