Cegah Penyebaran Corona, Pemkot Depok Alokasikan Rp20 Miliar

Berita Kawasan

Cegah Penyebaran Corona, Pemkot Depok Alokasikan Rp20 Miliar

Untuk mencegah penyebaran Virus Corona dan melindungi tenaga medis terinfeksi COVID-19, Pemerintah Kota Depok mengupayakan mengalokasikan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) dalam APBD. Diketahui, nilai anggaran untuk menangani Virus Corona atau wabah COVID-19 sebesar Rp20 miliar tahap pertama di Kota Depok.

Melansir laman depok.go.id (29/03/2020), Wali Kota Depok Mohammad Idris merinci dari total anggaran yang dialokasikan ke berbagai intansi terkait. Salah satunya, dilakokasikan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) dengan jumlah Rp15 miliar untuk penanganan dan pencegahan COVID-19. Anggaran ini telah dibelanjakan untuk keperluan persediaan masker, baju Alat Pelindung Diri (APD), alat rapid test, thermometer, obat-obatan, keperluan swab, dan peralatan kesehatan.

Cegah Penyebaran Corona, Pemkot Depok Alokasikan Rp20 Miliar

Mengutip cnnindonesia.com (29/03/2020). Beberapa rumah sakit dan puskesmas di Depok mengalami kekurangan APD untuk mencegah penularan virus corona ke tenaga kesehatan. Beredar informasi yang tersebar di media sosial terkait dengan tenaga kesehatan yang menggunakan jas hujan sebagai ganti APD. Idris menyebut, modifikasi tersebut dilakukan sebab APD sangat terbatas.

"Kami mendapat bantuan APD dari provinsi, sedangkan dari pemerintah pusat sangat terbatas, saat ini kami melakukan pengadaan APD melalui Anggaran Belanja Tidak Terduga termasuk untuk pemenuhan kebutuhan puskesmas," ujarnya dalam rilis resminya.

[Baca Juga: Cegah COVID-19, Warga Depok Buat Gerbang Disinfektan Otomatis]

Mohammad Idris mengungkapkan, persedian masker telah tersedia untuk tiga bulan ke depan yang diperuntukan bagi tenaga kesehatan di Puskesmas, Rumah Sakit Swasta, Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) dan 119 Rujukan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu. Sedangkan yang lainnya masih menunggu pengiriman.

Selain Dinkes, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok juga mendapatkan kucuran dana sebesar Rp5 miliar. Mohammad Idris menjelaskan, anggaran tersebut digunakan sebagai dana penanganan pasien dan pembelian peralatan kesehatan.

[Baca Juga: Cegah Warga Panik, Diskominfo Depok Serukan Transparansi Data COVID-19]

Dirinya menambahkan, untuk tahap kedua pihaknya akan melakukan penjadwalan ulang beberapa kegiatan di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (PD). Terutama, memangkas dari kegiatan makan minum, rapat koordinasi, bimbingan teknis dan pelatihan-pelatihan serta kegiatan yang tidak terlaksana yang bersumber dari SILPA dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Sumber dana lainnya adalah dari Dana Insentif Daerah (DID). Sedangkan untuk insentif tenaga kesehatan, sudah direncanakan akan diberikan dari DID sebesar Rp21 miliar,” tutupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 4 months lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di dupa88,net rasakan sensasinya guuuys...... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>