Cegah Penyebaran Covid-19, Buat Kartu Kuning di Depok Bisa Online

Berita Kawasan

Cegah Penyebaran COVID-19, Buat Kartu Kuning di Depok Bisa Online

Untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19 di Kota Depok, hampir semua layanan kependudukan diubah menjadi online. Bahkan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok pun menginformasikan, pelayanan pembuatan AK1 atau Kartu Kuning sementara waktu bisa dilakukan secara digital melalui Bursa Kerja Online (BKOL) yang bisa diakses melalui website http://bkol.depok.go.id

“Hal ini kita laksanakan berdasarkan Surat Edaran Wali Kota Depok Nomor 800/141-Huk/BKPSDM tentang penyesuaian sistem kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona di lingkungan Pemerintah Kota Depok,” ujar Kepala Disnaker Kota Depok Manto seperti dikutip dari depok.go.id (26/03/20).

Cegah Penyebaran Covid-19, Buat Kartu Kuning di Depok Bisa Online

Walaupun pembuatannya bisa dilakukan secara online, untuk pengambilan harus tetap datang ke kantor Disnaker. Namun, untuk menghindari tatap muka, untuk pencetakan dan pengambilan kartu bisa dilakukan dengan perjanjian sebelumnya, biasanya proses pencetakan hingga selesai memakan waktu satu hari.

Manto menyebutkan, pasca penyebaran COVID-19 yang makin melonjak, Disnaker Kota Depok mengalami penurunan jumlah permohonan Kartu Kuning. Jika hari normal, pemohon yang datang biasanya mencapai 10, namun kini kurang dari lima pemohon setiap hari.

[Baca Juga: Layanan Administrasi Kependudukan Ditutup, Urus Lewat Alpukat Betawi]

“Rentan waktu Januari-Februari masih ada 10 pemohon setiap harinya. Sekarang memang belum ada laporan resmi, tetapi yang kami lihat ada penurunan. Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir, agar pelayanan bisa kembali normal,” sebut Manto.

Untuk informasi mengenai syarat pencetakan maupun pendaftaran, Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dengan menghubungi petugas operator dengan nomor 088977005647 atas nama Rama. Namun umumnya, untuk pencetakan Anda diwajibkan untuk membawa e-KTP, Ijazah yang telah di legalisir, dan Pas Foto 3x4 sebanyak 2 lembar.

[Baca Juga: Antisipasi Covid-19, Pemprov DKI Jakarta Optimalisasi Layanan Daring]

Kartu Kuning atau AK1 sendiri merupakan bukti diri seorang pencari kerja dalam melakukan pelamaran kerja di suatu instansi atau perusahaan di Indonesia. Kartu Kuning biasanya digunakan sebagai syarat pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau pun ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Jika Anda memiliki kartu kuning, bukan hanya bisa dipakai untuk melamar ke BUMN atau mendaftar CPNS, namun Anda juga bisa mendapatkan informasi pekerjaan dari Disnaker yang sesuai dengan data yang di-input.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.