Cegah Penyebaran COVID-19, GOR Ciracas Jadi Tempat Penampungan Tunawisma

Berita Kawasan

Cegah Penyebaran COVID-19, GOR Ciracas Jadi Penampungan Tunawisma

Selama bulan ramadan, Gelanggang Olahraga (GOR) Ciracas Jakarta Timur akan dialihfungsikan sebagai tempat penampungan bagi para tunawisma dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Pengalihfungsian tersebut dilakukan untuk meminimalisir penyebaran tunawisma serta menekan angka kasus COVID-19 di Jakarta.

Asisten Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur Alawi mengatakan, para tunawisma di ibukota ini kebanyakan merupakan warga dari luar kota Jakarta. Sebab, sudah bukan rahasia umum lagi jika pada bulan ramadan, DKI Jakarta kerap didatangi kalangan tunawisma yang mencari pendapatan.

[Baca Juga: Selain Balita dan Lansia, Tunawisma Juga Kelompok Rentan Covid-19]

Alawi pun khawatir, banyaknya tunawisma dari luar kota malah akan memperburuk keadaan di tengah situasi kota Jakarta yang saat ini sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). "Makanya kita kumpulkan mereka di GOR Ciracas, supaya tidak menyebar selama wabah ini," tuturnya.

Dalam hal ini, Pemkot Jakarta Timur turut menggandeng Dinas Kesehatan untuk melakukan pengawasan dan pengecekan kesehatan terhadap tunawisma dan PMKS. Selain itu kata Alawi, pihaknya juga dibantu Dinas Sosial, Satpol-PP, dan Dinas Kebersihan untuk menjaring para Tunawisma dan PMKS yang masih berkeliaran di wilayahnya.

Cegah Penyebaran COVID-19, GOR Ciracas Jadi Tempat Penampungan Tunawisma

"Nanti selama di sini akan ada dari Satpol PP, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan yang akan mengawasi dan memenuhi kebutuhan mereka. Kita lakukan ini juga untuk memutus mata rantai COVID-19," jelasnya.

Sementara itu sejak Senin, 27 April 2020, petugas telah menjaring sejumlah PMKS di kawasan Jakarta Timur. Kebanyakan dari mereka yang terjaring adalah hasil dari laporan masyarakat yang resah dengan keberadaan PMKS.

[Baca Juga: Kurang Maksimal, PSBB di Kota Bandung Semakin Diperketat]

Pemkot Jakarta Timur pun telah menyiapkan 100 tempat tidur untuk menampung para tunawisma serta para PMKS yang sering berkeliaran di Jakarta Timur. "Hari ini kita menyiapkan sekitar 100 tempat tidur untuk tunawisma, supaya selama masa wabah ini segala sesuatunya bisa kita antisipasi," ujar Alawi.

Sebelum GOR Ciracas dialihfungsikan menjadi tempat tinggal sementara untuk para tunawisma dan PMKS, GOR Karet Tengsin yang terletak di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat sudah terlebih dahulu menjadi tempat penampungan sementara. Hampir sebanyak 80 orang PMKS telah terjaring dalam razia yang dilakukan oleh Satpol PP dan pihak Kepolisian Jakarta Pusat


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.