Cegah Penyebaran COVID 19, Pemkot Surakarta Pastikan Perusahaan Terapkan Protokol Kesehatan

Bisnis

Cegah Penyebaran COVID-19, Pemkot Surakarta Pastikan Perusahaan Terapkan Protokol Kesehatan

Sejumlah daerah di Indonesia mulai menerapkan tatanan baru atau new normal. Seluruh kegiatan publik diharuskan untuk menerapkan protokol kesehatan yang telah dibuat oleh pemerintah, termasuk sektor perkantoran.

Di Surakarta, Pemerintah Kota (Pemkot) setempat akan memastikan setiap perusahaan menerapkan protokol kesehatan. Hal itu ditujukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di era new normal.

"Saat ini kami terus melakukan komunikasi dengan perusahaan, khususnya mengenai protokol kesehatan agar perusahaan bisa segera beroperasi," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Surakarta Ariani Indriastuti, dilansir dari antaranews.com (15/6/2020).

Guna memastikan hal tersebut, pihaknya intens berkomunikasi dengan bagian Sumber Daya Manusia (SDM) setiap perusahaan. Dia mengatakan untuk pengawasan tersebut, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah.

"Dalam hal ini kami melakukan pendampingan, sedangkan pengawasan lebih banyak dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi," katanya.

Dia mengatakan, nantinya perusahaan harus beroperasi sesuai dengan Peraturan Wali Kota Surakarta Nomor 10 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penanganan COVID-19 di Kota Surakarta.

Dalam aturan tersebut turut memuat pedoman teknis pelaksanaan bekerja di tempat kerja. Di antaranya seperti mewajibkan pekerja menggunakan masker, jaga jarak, dan mengatur jumlah pekerja yang masuk atau menerapkan sistem shift.

Ariani mengatakan, saat ini sektor usaha yang mulai kembali beroperasi salah satunya yakni perhotelan. Sektor tersebut mulai mengalami kenaikan okupansi. Dia berharap para pekerja dapat yang sempat dirumahkan bisa segera bekerja kembali.

"Tetapi kan memang itu tidak bisa langsung, harus bertahap. Mudah-mudahan bisa secepatnya membaik," katanya.

Sebagai informasi, Ariani mengungkapkan berdasarkan data jumlah tenaga kerja yang dirumahkan selama pandemi COVID-19 di Kota Surakarta yakni 2.569 orang. Sedangkan jumlah pekerja yang di-PHK yakni sebanyak 109 orang.

[Baca Juga: Antisipasi COVID 19, Armada Ojol Di Solo Dilengkapi Alat Proteksi]

[Baca Juga: Imbas COVID-19, Pemkot Surakarta Data Pekerja yang Dirumahkan]


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.


Comments


Please Login to leave a comment.