Cegah Potensi Pelecehan di Angkot Ibu Kota, Wagub Ariza Lakukan Ini - Copy.jpg

Berita Kawasan

Cegah Potensi Pelecehan di Angkot Ibu Kota, Wagub Ariza Lakukan Ini

Bagi kaum hawa, transportasi umum di DKI Jakarta merupakan lokasi yang membuat mereka tak merasa nyaman. Pasalnya, ancaman pelecehan seksual kerap membayangi mereka dan ini bisa terlihat dari kasus viral yang terjadi dua pekan lalu. Di mana seorang warganet mengunggah video yang memperlihatkan terjadinya pelecehan seksual di angkutan umum (angkot) M44 yang berada di area Tebet, Jakarta Selatan. Dalam video viral itu terlihat bagaimana korban cenderung diabaikan oleh sopir serta penumpang lainnya. Dalam mencegah potensi terjadinya kejadian serupa, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memutuskan untuk turun langsung ke lapangan.

Pria yang akrab disapa Wagub Ariza itu terlihat melakukan inspeksi angkot di Halte Integrasi Tebet yang memang berdekatan dengan lokasi kejadian pada pelecehan seksual yang viral beberapa waktu lalu tersebut. Di mana ia bahkan menyempatkan diri untuk menaiki angkot M44 untuk merasakan langsung bagaimana perjalanan dengan angkot tersebut sekaligus memastikan bahwa warga yang naik dapat merasa nyaman.

Cegah Potensi Pelecehan di Angkot Ibu Kota, Wagub Ariza Lakukan In i - Copy.jpg

Tak lupa dalam kesempatan itu, ia pun berdialog dengan para supir angkot dan mengingatkan bahwa mereka memiliki peran besar untuk memastikan keamanan serta kenyamanan para penumpangnya. Selain itu, ia juga menyampaikan kepada publik di Ibu Kota, khususnya kaum hawa tidak perlu takut naik angkut dan bila mengalami pelecehan maka jangan segan langsung melaporkannya kepada pihak yang berwajib.

“Hari ini saya silaturahmi dengan para sopir angkot. Banyak yang kami obrolkan, salah satunya bagaimana mencegah pelecehan seksual agar tidak terjadi di angkot. Saya ingin memastikan, tidak usah takut naik transportasi publik, termasuk angkot. Tadi saya tanya warga, Alhamdulilah warga merasa aman dan nyaman. Pemerintah hadir memberikan solusi, kami ingin memastikan masalah pelecehan seksual tidak boleh dianggap enteng, namun harus diselesaikan bersama. Kalau kita tidak melapor, tidak akan ketahuan. Jadi, harus berani melaporkan," tuturnya, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (13/7/2022).

[Baca Juga: Kaidah di Ruang Digital Penting untuk Lawan Pelecehan Seksual]

Terkait kasus pelecehan seksual, pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memang tak menampik terdapat peningkatan bila di tahun-tahun sebelumnya. Di mana pada tahun 2020 tercatat ada delapan kasus seksual yang tercatat di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Anak dan Perempuan DKI Jakarta. Kemudian di tahun 2021 ada tujuh kasus dan di tahun ini, hingga bulan Juli 2022 saja terhitung ada 15 kasus. Wagub Ariza mengingatkan bahwa pihaknya sudah memiliki nomor telepon khusus 24 jam di nomor 081317617622 yang siap menangani kasus laporan pelecehan seksual serta Call Center 112 yang juga bisa digunakan bila ada warga yang mengalami tindakan asusial di transportasi umum.

Sempat muncul wacana untuk memisahkan tempat duduk perempuan dan laki-laki di angkot Ibu Kota yang direspons positif oleh para kaum hawa yang memang memanfaatkan angkot untuk aktivitas mereka. Wagub Ariza mengungkapkan bahwa untuk saat ini hal tersebut masih belum bisa diterapkan dan pemisahan tempat duduk hanya baru diterapkan di Transjakarta serta KRL Commuter Line. Walau begitu, Pemprov DKI Jakarta siap meningkatkan regulasinya untuk angkot serta transportasi publik lainnya demi memastikan pelecehan seksual dapat dicegah atau ditangani secepatnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.