Cegah Produk Pangan Berbahaya, Pemkot Jakarta Timur Sidak 6 Pasar

Berita Kawasan

Cegah Produk Pangan Berbahaya, Pemkot Jakarta Timur Sidak 6 Pasar

Ada saja ulah oknum tak bertanggung jawab yang ingin mencari keuntungan dengan jalan pintas, tanpa menghiraukan kesehatan orang lain. Sebut saja bakso berformalin atau pewarna makanan menggunakan zat pewarna tekstil adalah dua contoh dari sejumlah kasus peredaran produk pangan yang mengandung zat-zat berbahaya.

Contoh kasusnya terjadi di Juli tahun 2019 silam. Saat itu, sebanyak tiga bahan pangan mengandung formalin dan satu bahan mengandung pewarna, ditemukan di PD Pasar Kramat Jati Jakarta Timur. Guna mencegah hal peredaran produk pangan yang mengandung zat-zat berbahaya, sekaligus berupaya mengendalikan harga pasar, Kamis (5/3/2020) kemarin Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Timur (Sudin KPKP Jaktim) menggelar inspeksi mendadak atau sidak ke sejumlah pasar tradisional yang berada di kawasan Jakarta Timur.

Cegah Produk Pangan Berbahaya, Pemkot Jakarta Timur Sidak 6 Pasar

Sebagaimana dilansir beritajakarta.go.id, dalam kegiatan ini diturunkan puluhan personel yang berasal dari Sudin KPKP, Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM), Kelurahan, Kecamatan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

[Baca Juga: Antisipasi Panic Buying, Pemprov DKI Pastikan Stok Bahan Pangan Aman]

Puluhan personel tersebut bertugas mengambil sejumlah sampel produk makanan dari produk pertanian, perikanan dan perternakan. Tujuannya, sampel tersebut akan dilakukan pengecekan di laboratorium yang disiagakan di kawasan Pasar Enjo Pisangan Jakarta Timur.

Ada pun target pasar tradisional yang menjadi sasaran sidak adalah Pasar Cakung, Pasar Pulogadung, Pasar Ujung Menteng, Pasar Cipinang Muara, Pasar Cawang Kavling dan Pasar Enjo. Hasil dari sidak ini, sebanyak 44 sampel produk pertanian, 24 produk perikanan dan delapan produk perternakan.

[Baca Juga: Pastikan Keamanan Pangan, Pemkot Jakarta Selatan Blusukan ke Pasar]

Ditegaskan pihak Sudin KPKP, kegiatan ini merupakan bentuk peran aktif Pemkot Jakarta Timur dalam memberikan jaminan dan perlindungan terhadap konsumen dari makanan-makanan yang mengandung zat berbahaya di pasar. Disampaikan pula, kegiatan seperti ini seterusnya akan dilakukan secara berkala dan bergilir di sejumlah pasar tradisional.

“Sejauh ini sampel masih dalam pemeriksaan. Ini adalah kegiatan rutin untuk mencegah peredaran produk pangan mengandung zat berbahaya,” jelas Kepala Seksi (Kasi) Ketahanan Pangan dan Pertanian, Sudin KPKP Jaktim, Agus Rochimat.


Read More

Artikel Lainnya

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.

Infinix Umumkan Hadir di Indonesia Comic Con 2022, Ada Apa Y.jpg

Bisnis

Infinix Umumkan Hadir di Indonesia Comic Con 2022, Ada Apa Ya?

29 September 2022, 15:44

Infinix disebut akan memperkenalkan laptop teranyarnya di momen Indonesia Comic Con pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 6 months lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang poker165 mempunyai promo banyak sekali diantaranya : *cashback mingguan *cashback Bulanan langsung saja cek saja di poker165.co