Cara Menghindari Stunting Pada Anak 2.jpg

Kesehatan

Cegah Stunting, Organisasi Ini Gelar Kompetisi Inovasi Makanan

Maraknya kasus stunting yang terjadi di Indonesia menjadi perhatian serius berbagai pihak. Bahkan menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2018 lalu, jumlah penderita stunting di indonesia mencapai 23,6 persen. Jumlah itu tentunya masih belum memenuhi standar World Health Organization (WHO) yang menetapkan batas maksimal sebesar 20 persen atau seperlima dari jumlah total anak balita di sebuah negara.

[Baca Juga: Kenali dan Atasi Dampak Stunting di Kemudian Hari]

Hal itu pun kemudian menjadi perhatian serius organisasi internasional The Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN). Bekerjasama dengan pusat teknologi dan inovasi di Indonesia bernama Innovation Factory, keduanya menggelar Kompetisi yang diberi nama I-PLAN Food Design Innovation Challenge. Kompetisi ini bertujuan untuk mencari 5 startup, lembaga, asosiasi atau UMKM yang memiliki solusi baru untuk membantu mengurangi masalah stunting dan anemia di Indonesia lewat makanan yang yang bisa diterima pasar.

Didukung oleh Kementerian Kesehatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jejaring Pasca Panen untuk Gizi Indonesia, dan pemerintah daerah, kompetisi ini lebih menititkberatkan untuk meningkatkan mutu dan nilai gizi makanan, khususnya produk laut dan air tawar.

Cegah Stunting, Organisasi Ini Gelar Kompetisi Inovasi Makanan

Ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian para dewan juri untuk memilih para pemenang. Di antaranya: bergizi tinggi dan memiliki rasa yang lezat, harganya terjangkau, memiliki kemasan yang menarik serta bahan bakunya harus terdiri dari ikan, udang, cumi, kepiting, kekerangan, rumput laut dan boga laut lain yang berasal dari perairan lokal. Selain itu, beberapa produk makanan yang dihasilkan pun harus produk siap makan atau ready to eat dan siap masak atau ready to cook.

Marketing Manajer Inovation Factory, Widya Sukarta mengatakan telah ada ada sebanyak 276 pelamar yang masuk sejak pendaftaran dibuka pada 11 Oktober 2019. Dari 276 pelamar itu, disaring oleh 19 Juri menjadi 20 peserta. “Dari 20 peserta itu kemudian mereka mengirimkan sample. Setelah itu kami pilih lagi menjadi 10 yang akan diberi kesempatan untuk melakukan pitching sebelum akhirnya terpilih 5 pemenang,” kata Widya.

[Baca Juga: Pencegah Stunting dengan Konsumsi Protein Hewani]

Nantinya lima pemenang masing-masing akan mendapatkan hadiah sebesar Rp200 juta rupiah. Selain itu,para peserta juga akan mendapatkan mentoring eksklusif untuk pengembangan produk oleh Temasek Polytechnic Singapore dan pendistribusian produk pada retail-retail ternama di Indonesia.

Untuk diketahui, GAIN sendiri adalah organisasi internasional yang bekerja sama baik dengan pemerintah, swasta, dan organisasi masyarakat untuk memperbaiki sistem pangan agar dapat menyediakan makanan yang lebih bergizi untuk semua orang, terutama masyarakat rentan.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.