Cegah Virus Corona, LIPI Produksi Hand Sanitizer

Kesehatan

Cegah Virus Corona, LIPI Produksi Hand Sanitizer

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berencana akan memproduksi 300 liter hand sanitizer untuk penggunaan di lingkungan LIPI dan dibagikan ke sekolah di sekitar kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong. Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Agus Haryono mengatakan setiap produksi dapat menghasilkan 10 liter hand sanitizer yang dikemas dalam botol ukuran 250 ml dan 100 ml.

Hand sanitizser produksi LIPI ini mengandung bioetanol sebagai antiseptik sebanyak 63 sampai 65 persen dan nano silver sebagai tambahan antiseptik sebanyak 0,3 persen,” ujar Agus, dilansir dari laman LIPI.go.id (12/3/2020).

Cegah Virus Corona, LIPI Produksi Hand Sanitizer

Dia mengatakan, LIPI memiliki juga beberapa alternatif agen anti-mikroba yang diekstrak dari bahan alam Indonesia. Bahan alternatif tersebut dapat digunakan untuk membunuh mikroba yang menempel pada tangan.

[Baca Juga: Bikin Hand Sanitizer Sendiri Mudah Kok, Begini Caranya]

Pointers pun dapat membuat sendiri hand sanitizer tersebut. Pihak LIPI tidak pelit memberikan resepnya. Berikut ini, PingPoint rangkum cara pembuatan hand sanitizer sederhana ala LIPI untuk menghasilkan 250 mililter hand sanitizer berkadar alkohol 63 persen.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 50 mililter air yang berfungsi sebagai pelarut.
  • 200 mililiter Ethanolberkadar alkohol 95 persen yang berfungsi sebagai antiseptik.
  • satu sendok teh Carbomer untuk pengental.
  • 33 mililiter Propylene glycol yang berfungsi sebagai pelembap.
  • 3 tetes Triethanolamine yang berfungsi sebagai pengikat pH.

Cara Pembuatan:

  • Campurkan air dan Propylene glycol ke dalam wadah bersih (panci alumunium atau pinggan pyrex) sambil dipanaskan dan diaduk.
  • Tambahkan Carbomer sedikit demi sedikit sampai temperatur mencapai 80-90 derajat dan semua bahan tercampur dan larut sempurna.
  • Tambahkan Triethanolamine agar campuran tersebut berubah menjadi gel lalu tambahkan ethanol sedikit demi sedikit. Tahap ini dilakukan tanpa proses pemanasan.
  • Untuk menghindari penguapan dan pengadukan dilakukan selama kurang lebih 15 menit hingga hand sanitizer yang berbentuk gel ini siap digunakan.

“Ekstrak rempah seperti pala dapat menambah aroma wangi alami pada hand sanitizer. Sebagai aroma, ditambahkan juga pala, fraise, dan isopulegol sebanyak 0,05 sampai 0,1 persen,” ungkap

[Baca Juga: Apakah Hand Sanitizer Efektif Melawan Virus Corona?]

Guna mengatasi kelangkaan dan meroketnya harga hand sanitizer, LIPI mengajak masyarakat untuk membuatnya sendiri. Agus mengatakan bahwa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hand sanitizer tersedia di toko kimia.

“Masyarakat tidak perlu panik dan khawatir karena bisa membuatnya sendiri. Tentunya tetap dalam pengawasan orang dewasa atau yang sudah berpengalaman,” jelas Agus,

Diharapkan dengan adanya upaya tersebut dapat mengatasi kelangkaan produk hand sanitizer. “Tidak perlu panik. Kita bisa cegah infeksi virus Corona dengan menjaga kebersihan diri, rajin cuci tangan dan gunakan hand sanitizer,” tutup Agus.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.