Bekasi Akan Batasi Warga ke Jakarta Jika Jumlah COVID-19 Meningkat

Berita Kawasan

Cegah Warga Panik, Diskominfo Depok Serukan Transparansi Data COVID-19

Penyebaran pandemi COVID-19 yang begitu cepat mengakibatkan banyak orang panik. Kepanikan tidak hanya disebabkan oleh mudahnya penularan COVID-19, namun juga oleh ramainya pemberitaan seputar Covid-19 di berbagai media.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan 147 isu terkait COVID-19, yang menyesatkan masyarakat sejak 2019 hingga Selasa (3/3/2020). Dari jumlah tersebut, sebanyak 86 isu dikategorikan sebagai disinformasi dan 61 isu sebagai hoaks.

Isu-isu yang paling banyak muncul adalah sumber virus corona, cara mencegah dan menangani virus tersebut, serta adanya pasien yang positif terinfeksi di berbagai daerah dan rumah sakit di Indonesia. Disinformasi dan hoaks ini sering beredar di media sosial, seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram.

Cegah Warga Panik, Diskominfo Depok Serukan Transparansi Data COVID-19

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono menekankan pentingnya transparansi dalam penyampaian data perkembangan COVID-19 di Kota Depok secara real time. Mengingat saat ini banyak warga yang menerima informasi tentang orang yang terkonfirmasi, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP), baik yang berasal dari pihak perusahaan tempat pasien tersebut bekerja atau dari keluarganya.

[Baca Juga: Cegah Penyebaran COVID-19, PMI Sterilisasi Berbagai Lokasi di Depok]

"Dengan mengetahui data tersebut, selain tetap waspada, warga juga berempati membantu keluarga untuk memenuhi kebutuhan logistik selama masa isolasi. Jadi, masyarakat tidak panik lagi dan lebih realistis dengan kondisi seperti ini," tuturnya dilansir depok.go.id, Senin (23/03/2020).

Sidik mengatakan, sudah saatnya untuk menerapkan transparansi data perkembangan COVID-19. Semua itu guna meminimalisir kesalahan informasi yang beredar di masyarakat. "Masyarakat sudah paham dan tidak panik dengan situasi sekarang. Mereka melakukan isolasi secara mandiri maupun isolasi komplek perumahan seperti yang sudah dilakukan oleh beberapa RW dan perumahan di Depok," ujarnya.

[Baca Juga: Tangkal COVID-19, Depok Larang Ibadah Berjamaah dan Merazia Warnet]

Dirinya menambahkan, saat ini pihaknya juga sedang melakukan uji coba telekomunikasi pelayanan informasi medis jarak jauh atau telemedis melalui Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112. Dengan layanan ini diharapkan dapat mengurangi beban petugas medis dan rumah sakit yang saat sudah tidak mampu lagi menampung pasien COVID-19.

“Mudah-mudahan mulai hari ini akan diimplementasikan dan nomor 112 dapat difungsikan sebagai telemedis bila diperlukan untuk konsultasi warga. Dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sudah siap membantu mendukung layanan telemedis ini," Pungkasnya


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.