Bekasi Akan Batasi Warga ke Jakarta Jika Jumlah COVID-19 Meningkat

Berita Kawasan

Cegah Warga Panik, Diskominfo Depok Serukan Transparansi Data COVID-19

Penyebaran pandemi COVID-19 yang begitu cepat mengakibatkan banyak orang panik. Kepanikan tidak hanya disebabkan oleh mudahnya penularan COVID-19, namun juga oleh ramainya pemberitaan seputar Covid-19 di berbagai media.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan 147 isu terkait COVID-19, yang menyesatkan masyarakat sejak 2019 hingga Selasa (3/3/2020). Dari jumlah tersebut, sebanyak 86 isu dikategorikan sebagai disinformasi dan 61 isu sebagai hoaks.

Isu-isu yang paling banyak muncul adalah sumber virus corona, cara mencegah dan menangani virus tersebut, serta adanya pasien yang positif terinfeksi di berbagai daerah dan rumah sakit di Indonesia. Disinformasi dan hoaks ini sering beredar di media sosial, seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram.

Cegah Warga Panik, Diskominfo Depok Serukan Transparansi Data COVID-19

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono menekankan pentingnya transparansi dalam penyampaian data perkembangan COVID-19 di Kota Depok secara real time. Mengingat saat ini banyak warga yang menerima informasi tentang orang yang terkonfirmasi, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP), baik yang berasal dari pihak perusahaan tempat pasien tersebut bekerja atau dari keluarganya.

[Baca Juga: Cegah Penyebaran COVID-19, PMI Sterilisasi Berbagai Lokasi di Depok]

"Dengan mengetahui data tersebut, selain tetap waspada, warga juga berempati membantu keluarga untuk memenuhi kebutuhan logistik selama masa isolasi. Jadi, masyarakat tidak panik lagi dan lebih realistis dengan kondisi seperti ini," tuturnya dilansir depok.go.id, Senin (23/03/2020).

Sidik mengatakan, sudah saatnya untuk menerapkan transparansi data perkembangan COVID-19. Semua itu guna meminimalisir kesalahan informasi yang beredar di masyarakat. "Masyarakat sudah paham dan tidak panik dengan situasi sekarang. Mereka melakukan isolasi secara mandiri maupun isolasi komplek perumahan seperti yang sudah dilakukan oleh beberapa RW dan perumahan di Depok," ujarnya.

[Baca Juga: Tangkal COVID-19, Depok Larang Ibadah Berjamaah dan Merazia Warnet]

Dirinya menambahkan, saat ini pihaknya juga sedang melakukan uji coba telekomunikasi pelayanan informasi medis jarak jauh atau telemedis melalui Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112. Dengan layanan ini diharapkan dapat mengurangi beban petugas medis dan rumah sakit yang saat sudah tidak mampu lagi menampung pasien COVID-19.

“Mudah-mudahan mulai hari ini akan diimplementasikan dan nomor 112 dapat difungsikan sebagai telemedis bila diperlukan untuk konsultasi warga. Dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sudah siap membantu mendukung layanan telemedis ini," Pungkasnya


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.